KEBIJAKAN
PRIVASI – PRIVACY POLICY
Kebijakan Privasi ini telah dibuat untuk
melindungi dan menjaga privasi dan kerahasiaan dari Pengguna Platform. Pengguna diharapkan membaca
Kebijakan Privasi ini dengan seksama sebelum menggunakan Layanan Kami yang diberikan melalui Platform ini. Kebijakan Privasi ini
tidak berlaku terhadap situs web atau aplikasi mobile yang tidak dioperasikan oleh Kami yang Anda akses melalui Platform. Layanan-layanan tersebut
diatur oleh kebijakan privasi yang muncul pada masing-masing situs atau
aplikasi dimaksud. Tergantung sifat hubungan Anda dengan Kami, Anda akan
menerima pemberitahuan-pemberitahuan privasi lainnya terkait rincian dari
praktik-praktik privasi Kami. Dengan
mengakses dan menggunakan Layanan di Platform,
Pengguna mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui setiap ketentuan yang tertulis dalam Kebijakan Privasi ini dan ketentuan penggunaan dari Platform. Apabila Anda tidak menyetujui Kebijakan Privasi atau
ketentuan penggunaan dari Platform, mohon
agar tidak menggunakan Platform. Platform
tidak untuk digunakan di luar negara atau yurisdiksi atau oleh orang yang
dapat menjadikan penggunaannya melanggar hukum. Apabila Anda termasuk kategori
ini, Anda tidak diperkenankan untuk mengakses atau menggunakan Platform.
This Privacy Policy is made to protect and maintain the privacy and confidentiality of the Platform Users. Users are expected to read this Privacy Policy carefully before using Our Services provided in this Platform. This Privacy Policy does not apply
to any websites or mobile applications which are not operated by Us that You
may access via the Platform. Such services are governed by the privacy policies
appearing on those sites and applications. Depending upon Your relationship
with Us, You may receive other privacy notices from Us providing additional
detail about Our privacy practices. By accessing and using the Services
provided in the Platform, Users acknowledge that they have read,
understood and agreed to the content written in this Privacy Policy and the Platform’s terms of use. If You do not
agree to this Privacy Policy or the Platform’s terms of use, please do not use
the Platform. The Platform is not for use within any country or jurisdiction or
by any persons where such use would constitute a violation of law. If this
applies to You, You are not authorized to access or use the Platform.
PASAL 1 – ARTICLE 1
DEFINISI – DEFINITION
Selain yang telah ditentukan pada bagian lain dalam
Kebijakan Privasi ini, istilah-istilah berikut akan memiliki definisi,
pengertian, dan penafsiran
sebagaimana ditentukan di bawah ini:
Other than stipulated in
this Privacy Policy,
the following
definitions shall have the definition, meanings and interpretation as stipulated below:
“Anda”
berarti merujuk pada Pengguna yang menggunakan Platform dan/atau
Layanan baik terdaftar pada Platform maupun tidak.
“You” or “Your”
(as the context may require) means the
User who uses
the Platform and/or Services
whether registered or not with the Platform.
“Informasi
Pribadi” berarti meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen,
baik elektronik maupun non-elektronik yang dapat mengidentifikasi seseorang,
termasuk Kontak Terdaftar dan informasi dari maupun sehubungan dengan Pengguna
(baik Penerima Pinjaman maupun Pemberi Pinjaman, sesuai konteksnya) dan/atau
pihak terkait dengan Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada keluarga,
rekan, karyawan, perwakilan perusahaan atau penyedia jasa Pengguna, apabila
dipersyaratkan) yang Kami terima atau akses dari Pengguna, diajukan, diberikan
atau diungkapkan oleh Pengguna kepada Kami, berdasarkan persetujuan Pengguna
serta disimpan dan dikelola sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Platform
dan dalam rangka pemanfaatan Layanan pada Platform oleh Pengguna.
“Personal
Information” means all data,
statements,
information and documents, both in electronic and non-electronic form that may identify an individual, including the Registered Contact and information of or
relevant to Users (both Borrowers
and Lenders, according to the context) and/or any parties related to the User (including but not limited to
family, colleagues, employees, representatives of companies or the User’s
service providers, if required) received or accessed by Us from the User,
submitted, given or disclosed by the User to Us, according to the User's
consent and stored and managed in connection with the provision of Services on
the Platform and in order to use the Services on the Platform by Users.
“Kami” berarti PT Mega Shopintar Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum
Negara Republik Indonesia, yang bergerak di bidang e-commerce dan mengoperasikan dan mengelola suatu Platform untuk tujuan kegiatan usahanya tersebut
di atas.
“We” or “Us”
or “Our” (as the context may
require) means PT Mega Shopintar Indonesia, a limited liability company established
under the laws of the Republic of Indonesia, which is engaged in the field of
e-commerce and operates and manages the Platform for the purpose of the
abovementioned business activities.
“Layanan”
berarti secara bersama-sama: (i) situs web
dan/atau aplikasi Kami; dan (ii) setiap konten, fitur, layanan, Produk dan
fungsi yang tersedia dalam atau melalui situs web dan/atau aplikasi Kami, pemberitahuan surat elektronik, tombol,
widget, dan iklan.
“Services” means collectively: (i) Our website and/or application; and (ii)
any content, feature, services, Product and functions which are available on or
through Our website
and/or application, e-mail
notifications, buttons, widgets, and advertisements.
“Pengguna” berarti pihak yang
menggunakan Platform dan/atau Layanan Kami, termasuk namun tidak
terbatas kepada penjual, pembeli, atau pihak lainnya yang melakukan pemesanan
Produk apa pun yang tersedia untuk dibeli dalam situs web dan/atau aplikasi
Kami.
“User” or “Users” (as the context may require) means a
party that uses Our Platform and/or Services, including but not limited to
the seller, the buyer, or other parties who order any Product available to be
purchased on Our website
and/or application.
“PP
No. 71/2019” adalah Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang
Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik beserta segala peraturan
pelaksana, perubahan, amandemen, modifikasi dan/atau penambahan yang dibuat
dari waktu ke waktu.
“PP No. 71/2019” means
the Government Regulation No. 71 of 2019 concerning System Implementation and Electronic
Transaction along with all implementing regulations, changes, amendments,
modifications and/or additions made from time to time.
“Perkominfo No. 20/2016” berarti
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang
Perlindungan Informasi Pribadi dalam Sistem Elektronik beserta segala peraturan
pelaksana, perubahan, amandemen, modifikasi dan/atau penambahan yang dibuat
dari waktu ke waktu.
“Perkominfo
No. 20/2016” means the Minister of Communication
and Informatics Regulation Number 20 of 2016 concerning Protection of Personal
Information in Electronic Systems along with all implementing regulations,
changes, amendments, modifications and/or additions made from time to time.
“Platform”
adalah (a) portal web dan/atau versi
mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Kami yang saat ini dapat diakses pada URL berikut: www.atome.idbeserta
setiap perubahan URL tersebut dari waktu ke
waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile
yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Kami.
“Platform” is (a) web portal and/or mobile version of web
portals created, owned and operated by Us which can currently be accessed at
the following URL: www.atome.id
along with any URL changes from
time to time; and/or (b) mobile applications created, owned and operated by Us.
“Produk” berarti semua barang atau produk digital, yang tersedia
untuk dibeli dalam Platform.
“Product” means any goods or
products that
is available to be purchased on the Platform.
“UU ITE” berarti Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 11 Tahun
2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana terakhir kali
diubah d oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016.
“ITE Law” means the Law of the Republic of Indonesia Number 11 of
2008 on Information and Electronic Transaction as lastly amended by Law Number 19 of 2016.
PASAL 2 – ARTICLE
2
PENDAHULUAN – RECITALS
2.1
Dengan mengakses Platform
dan/atau memberikan Informasi Pribadi kepada Kami, Anda setuju atas
pengumpulan, pemrosesan dan pengungkapan Informasi Pribadi sesuai dengan
Kebijakan Privasi ini.
By accessing the Platform and/or providing Personal
Information to Us, You consent to the collection, use and disclosure of Your Personal
Information in accordance with this Privacy Policy.
2.2
Persetujuan Anda secara elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.1
di atas adalah:
Your electronic consent as referred
to in Article 2.1 above shall:
(a)
dianggap cukup untuk menunjukan persetujuan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang
Hukum Perdata (“KUHPer”) sebagai
syarat sahnya suatu perjanjian serta setiap formalitas persetujuan sebagaimana
diatur di dalam PP No. 71/2019 dan Perkominfo 20/2016;
be sufficient consent for the purposes of Article 1320 of the
Civil Code as a condition for the validity of an agreement as well as any
formality of consent as set out under PP No. 71/2019 and Perkominfo 20/2016;
(b)
dikualifikasikan sebagai alat bukti
hukum yang sah berdasarkan Pasal 5 ayat 1 UU ITE; dan
qualify as valid legal evidence based on Article 5 paragraph 1 of the ITE
Law; and
(c)
merupakan instrumen pembuktian yang
diterima sebagai bagian dari konsep pembuktian secara perdata dalam pengadilan
menurut Pasal 1865 KUHPer.
constitute an instrument of proof received as part of the
concept of civil evidentiary proof in court according to Article 1865 Civil
Code.
PASAL 3 – ARTICLE 3
INFORMASI PRIBADI – PERSONAL INFORMATION
PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI
PERSONAL INFORMATION USAGE
3.1
Agar Anda dapat
mengakses Platform dan agar Kami
dapat menyediakan Layanan, Kami akan meminta, memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola
dan menggunakan Informasi Pribadi Anda dan
informasi lainnya
yang diperoleh melalui Platform, termasuk surat elektronik (e-mail), nomor telepon
atau media lain milik Anda (apabila diperlukan) yang diperoleh melalui beberapa jalur yang mencakup
namun tidak terbatas pada pengisian formulir atau data isian online yang Anda serahkan kepada Kami melalui Platform, termasuk informasi yang diambil dari perangkat Anda, ketika Anda mengunjungi
dan menggunakan Platform.
In order for You to access the Platform and for Us to provide the Services, We shall request, obtain, collect, store, manage and use Your Personal Information and other information obtained through the
Platform, including Your e-mail, telephone number or other
media (if necessary) obtained through various channels including but not limited to You submitting forms or online data to Us via the Platform as well as information collected from Your devices when You visit and make use of the
Platform.
3.2
Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengambil, memperoleh, mengumpulkan, mengolah,
menyimpan, menggunakan dan mengungkapkan Informasi Pribadi
Anda termasuk untuk
tujuan berikut:
You hereby consent to Us collecting, obtaining, storing, using and disclosing Your Personal Information, including for
the following purposes:
(a)
meningkatkan
pengalaman penelusuran Anda
dengan mempersonalisasi Platform;
Improving Your browsing experience by personalising the Platform;
(b)
mengelola
hubungan Kami dengan Anda yang dapat termasuk menyediakan informasi kepada Anda
tentang Platform dan memungkinkan
Anda untuk menggunakan Layanan yang disediakan oleh Platform, seperti untuk hal-hal berikut:
manage
Our relationship with You which may include providing information to You regarding
the Platform and allowing You to use the Services provided by the Platform, such as for the following matters:
1)
mengirim notifikasi melalui surat
elektronik (e-mail) kepada Anda;
sending notifications via e-mail to
You;
2)
menghubungi Anda terkait dengan
permintaan Anda;
contacting You regarding Your request;
3)
memverifikasi
identitas Anda;
verifying Your identity;
4)
mengidentifikasi Anda ketika Anda
menghubungi Kami atau mengunjungi Platform;
identifying You when You
contact Us or visit the Platform;
5)
memberikan informasi yang memadai yang
disimpan di Platform untuk
mengidentifikasi Anda kepada pihak ketiga;
providing adequate information stored on the Platform to
identify You to third parties;
6)
mengizinkan Anda berpartisipasi dalam Layanan fitur interaktif Kami;
allowing You to participate in Our interactive feature Services;
7)
mengizinkan institusi pemerintahan yang
terkait atau pihak ketiga yang berwenang guna mengadakan konfirmasi mengenai status Anda dalam database Kami atau Layanan (apabila
diperlukan);
allowing the relevant government
institution or authorized third parties to carry out confirmation
regarding Your
status in Our database
or Services (if required);
8)
menangani pertanyaan atau keluhan yang
dibuat oleh atau tentang Anda sehubungan dengan Platform dan disimpan untuk
mencegah dan mendeteksi kecurangan, pelanggaran dan bentuk penyalahgunaan
lainnya;
handling questions or complaints made
by or related to You in connection with the Platform and stored to
prevent and detect any fraud, infringement and other potential misuse from
occuring;
9)
memverifikasi kepatuhan Anda terhadap
persyaratan dan ketentuan yang mengatur penggunaan Platform;
verifying Your compliance with the
terms and conditions governing the use of the Platform;
10)
mengadakan atau
melakukan survei,
riset, evaluasi, studi akademik
dan/atau pengembangan Produk
atau Layanan, baik oleh Kami
atau pihak ketiga;
conducting surveys, research, evaluations, academic study and/or Product
or Services development, either by Us or otherthird parties;
11)
melakukan setiap investigasi berdasarkan hukum yang berlaku mengenai anti
pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme di sektor jasa keuangan;
conducting investigations under any
prevailing laws including anti-money laundering and prevention of terrorist financing in financial services sector;
12)
memenuhi persyaratan
hukum, regulasi dan kepatuhan yang berlaku terhadap Kami beserta Platform dan Layanan berdasarkan
undang-undang yang berlaku dan mematuhi setiap perjanjian yang berlaku
sehubungan dengan pelaksanaan Layanan;
fulfilling any legal, regulatory and compliance
requirements that apply to Us,
the Platform and Services based on the prevailing laws and compliance
with applicable agreements relating to the implementation of the Services;
13)
melaksanakan perintah atau kebijakan
pemerintah, badan pengaturan atau instansi yang berwenang; dan
implementing the instructions or policies of the government, regulatory bodies or
authorized agencies; and
14)
memberitahu Anda tentang
perubahan-perubahan terhadap Platform
dan Layanan.
notifying You regarding any changes to
the Platform and Services.
(c)
Untuk
memberikan akses, membagi dan menyerahkan Informasi Pribadi tersebut kepada pihak
ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada, pihak(-pihak) yang terafiliasi
dengan Kami, penyelenggara layanan, dan penasihat profesional yang juga tunduk
pada Kebijakan Privasi ini, untuk tujuan pemasaran, penelitian dan pengembangan
Platform dan Layanan Kami.
To provide
access to, share and transfer such Personal Information to third parties,
including Our affiliated party(ies), any service providers, and professional advisors, which are also bound by
this Privacy Policy,
for the purpose of marketing, research and development of Our Platform
and Services.
3.3
Informasi Pribadi yang disampaikan oleh
Anda kepada Kami untuk
tujuan publikasi di Platform akan
digunakan untuk tujuan tersebut sesuai dengan persetujuan yang telah Anda
berikan kepada Kami berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
The Personal
Information submitted by You to Us for publication purposes on the Platform
will be used for the purposes in accordance with the consent that You have given to Us in this Privacy
Policy.
3.4
Kami dapat mengungkapkan Informasi
Pribadi Anda tanpa persetujuan tertulis dari
Anda, apabila:
We can disclose Your Personal
Information without obtaining your express consent, where:
(a)
dipersyaratkan oleh peraturan
perundang-undangan;
it is required by laws and regulations;
(b)
terdapat proses hukum yang sedang atau
akan berlangsung;
there is an ongoing or future legal proceeding taking
place;
(c)
terdapat pelanggaran atau dugaan pelanggaran hukum
yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada
tindak pidana penipuan atau pencucian uang;
there is any actual or suspended breach of the prevailing
laws including
but not limited to fraud or money laundering crimes;
(d)
dipersyaratkan oleh instansi pemerintah yang berwenang;
it is required by the authorized
government agencies;
(e)
diperlukan oleh
pihak-pihak ketiga yang diizinkan, termasuk institusi
akademik untuk tujuan analisis dan riset; atau
required by
permitted third parties, including academic institutions for analytics and
research purposes, or
(f)
telah mendapatkan persetujuan tertulis
oleh Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini
atau lainnya;
we have already obtained written
approval from You in accordance with this Privacy Policy or otherwise.
3.5
Jika Anda memberikan
Kami informasi yang salah dan tidak
akurat, atau Kami menduga
adanya penipuan, Kami
dapat mencatat hal tersebut dalam sejarah kredit Anda dan membagikan informasi
tersebut ke badan hukum yang tepat atau pihak yang berwenang dan/atau instansi pencegah penipuan.
If You provide Us
with false and inaccurate information, or We suspect that there is any fraud,
We may record this matter in Your credit history and share that information
with the appropriate legal entity or authorities and/or fraud prevention
agencies.
PENYIMPANAN
INFORMASI PRIBADI
PERSONAL INFORMATION STORAGE
3.6
Semua Informasi Pribadi yang Anda
berikan dan/atau Kami
terima sesuai dengan Kebijakan Privasi disimpan dengan aman di wilayah Republik
Indonesia dan apabila
Informasi Pribadi tersebut dikirim ke luar wilayah Republik Indonesia,
pengiriman tersebut akan dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
All Personal
Information that You provide and/or that We receive in accordance with this Privacy Policy is
stored within the territory of the Republic of Indonesia and if
transferred outside the territory of the Republic of Indonesia, such transfer will
be made in accordance with requirements set out under the prevailing
laws and regulations.
3.7
Kami akan menyimpan
Informasi Pribadi Anda setidaknya selama
5 (lima) tahun atau selama diperlukan untuk melindungi kepentingan Kami atau sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan.
We will store Your Personal
Information for at least 5 (five) years or as long as it is necessary to
protect Our interests or as required by laws and regulations.
KEAMANAN INFORMASI PRIBADI
SECURITY OF PERSONAL INFORMATION
3.8
Kami akan mengambil semua langkah dan
tindakan yang wajar untuk mencegah kehilangan, penyalahgunaaan atau perubahan
Informasi Pribadi Anda tanpa izin oleh
pihak-pihak yang tidak berwenang.
We will take all
reasonable steps and actions to prevent the loss, misuse or unauthorized changes of Your
Personal Information by unauthorized parties.
3.9
Terlepas dari langkah dan tindakan
pencegahan yang Kami
lakukan, pemasukan atau penggunaan tanpa
izin, serta kegagalan perangkat keras atau lunak, dapat terjadi dan mengganggu
keamanan dari Informasi Pribadi Anda. Sehubungan dengan hal-hal tersebut Kami
dengan ini memberikan disclaimer bahwa, sepanjang sepenuhnya diperbolehkan
oleh hukum, setiap tanggung jawab atau tanggungan langsung maupun tidak
langsung yang timbul dari atau sehubungan dengan setiap kerugian, pencurian,
atau pengaksesan tanpa izin, pengambilan, penggunaan, pengungkapan, penyalinan,
modifikasi, penghilangan atau tindakan serupa berkenaan dengan Informasi
Pribadi yang diberikan oleh Anda kepada Kami.
Regardless of the
steps and precautionary actions that We take, unauthorized entry or use, and hardware or software
failure, may happen and compromise the security of Your Personal Information.
We hereby disclaim, to
the fullest extent permissible by law, any responsibility or liability directly
or indirectly arising out of or in connection with, any loss, theft, or
unauthorized access,
collection, use, disclosure, copying, modification, disposal or similar actions
with regard to any Personal Information provided by You to Us.
3.10 Saat
mendaftarkan diri di Platform, Anda
diminta untuk membuat kata sandi pribadi Anda sendiri. Anda bertanggung jawab
untuk menjaga kerahasiaan kata sandi tersebut. Anda diminta untuk tidak
membagikan kata sandi Anda kepada
pihak manapun.
When registering
yourself on the Platform, You are requested to create Your own personal
password. You are responsible for maintaining the confidentiality of this
password. You should not share Your password with anyone.
PENGEMBALIAN DAN PEMUSNAHAN INFORMASI PRIBADI
RETURNING AND DESTRUCTION OF PERSONAL
INFORMATION
3.11 Informasi
Pribadi Anda hanya dapat dimusnahkan
jika:
Your Personal
Information can only be destroyed if:
(a)
Anda
berhenti untuk menggunakan dan mengakses Layanan dan/atau menutup akun. Anda dengan
ini menyatakan bahwa Anda memahami konsekuensi dari penarikan persetujuan Anda,
termasuk namun tidak terbatas pada tidak lagi dapat menikmati Layanan.
You
terminate Your use and
access to the Services
and/or close Your account. You hereby acknowledge that You understand that as a
result of terminating your access to the Platform you will no longer have the
ability to use Our Service.
(b)
Informasi Pribadi Anda telah
disimpan selama 5 (lima) tahun atau
sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perlu dihapus; atau
Your Personal Information has been stored for 5 (five) years or is required to be destroyed in
accordance with the prevailing laws; or
(c)
atas permintaan Anda, kecuali Kami dipersyaratkan untuk menyimpannya sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan.
You
request, unless We are required to retain such Personal Information in accordance with the
prevailing laws and regulations.
3.12
Pemusnahan Informasi Pribadi sebagaimana pada Pasal 3.11 termasuk menghilangkan sebagian atau keseluruhan
dokumen terkait Informasi Pribadi Anda yang Kami simpan sehingga Informasi Pribadi tersebut tidak dapat
ditampilkan kembali dalam sistem elektronik Kami kecuali Anda memberikan Informasi Pribadi yang baru kepada Kami.
Destruction of Personal
Information as referred to in Article 3.11 includes removing part or all of the documents
related to Your Personal Information that We hold so that the Personal Information cannot be re-displayed
in Our electronic system unless You provide new Personal Information to Us.
PERUBAHAN INFORMASI PRIBADI
CHANGE OF PERSONAL INFORMATION
3.13 Kami
memahami bahwa Anda perlu memperbarui atau mengubah Informasi
Pribadi Anda dari waktu ke waktu. Jika Anda perlu memperbarui atau mengubah Informasi Pribadi, maka Anda dapat mengajukan permohonan secara tertulis
via surat elektronik (e-mail) kepada Kami dan berikan Kami
rincian yang relevan. Kami akan membantu memperbarui dan/atau memperbaiki Informasi Pribadi Anda untuk Anda jika dianggap perubahan tersebut diperlukan.
We understand that
You need to update or amend Your Personal Information from time to time. If You need to
update or amend Your Personal Information, You can submit a written request via e-mail to Us and provide Us with the relevant details.
We will help to update and/correct Your Personal Information for You if it is deemed necessary.
PENGEMBALIAN DAN PENGHAPUSAN INFORMASI PRIBADI
RETURN AND REMOVAL OF PERSONAL INFORMATION
3.14
Anda berhak atas pengembalian Informasi
Pribadi dengan persyaratan bahwa Anda:
You are entitled to request the return
of Your Personal Information provided that:
(a)
tidak memiliki
kewajiban, tanggung jawab finansial, utang atau hal sejenisnya sehubungan
dengan pembelian Produk dan/atau Layanan pada Platform; dan
You have no
obligation, financial responsibility, debt or similar matters in conncection
with the purchase of Product and/or Services on the Platform; and
(b)
tidak terdaftar sebagai
Pengguna aktif Platform (akun
Pengguna sudah dinonaktifkan).
You are not
registered as an active Platform User (User account has been deactivated)
3.15
Permohonan pengembalian Informasi
Pribadi tersebut disampaikan kepada Kami melalui surat elektronik (e-mail) cs@atome.id dengan
menyertakan bukti diri yang sah (salinan kartu tanda penduduk atau paspor)
beserta alasan perlunya pengembalian Informasi Pribadi.
The request for the return of Personal Information shall be
sent to Us via e-mail at cs@atome.id and attach Your valid proof of identity (copy of resident
card or passport) along with the reasons for requiring the return of such
Personal Information.
3.16 Anda
berhak memohonkan penghapusan Informasi Pribadi yang Kami simpan dengan
memberikan pemberitahuan secara tertulis paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja
sebelum tanggal penghapusan yang dikehendaki dengan menyebutkan jenis atau
wujud Informasi Pribadi yang dimohonkan penghapusannya. Ketentuan penghapusan
Informasi Pribadi ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Perkominfo No.
20/2016.
You have the right to request the deletion of Personal
Information that We hold by giving at least 10 (ten) working days written
notice before the proposed date of deletion by stating the type or form of
Personal Information requested for deletion. Provisions for the elimination of
this Personal Information must be carried out in accordance with the provisions
of Perkominfo No. 20/2016.
PASAL 4 – ARTICLE 4
HAK PENGGUNA – USERS RIGHTS
Sehubungan dengan penggunaan Layanan pada Platform, Pengguna berhak:
In connection with the use of the Services on
the Platform, the User is entitled:
(a)
atas
kerahasiaan Informasi Pribadinya;
to the confidentiality of Your Personal Information;
(b)
mengajukan
pengaduan dalam rangka kegagalan Kami dalam
melakukan perlindungan Informasi Pribadi kepada pihak yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan
yang berlaku;
to submit a complaint in the context of Our failure to
protect the Personal
Information to the relevant authorized agencies in accordance with the prevailing laws
and regulations;
(c)
mendapatkan
akses untuk mengubah
atau memperbaharui Informasi Pribadinya, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan
peraturan perundang-undangan;
to obtain access to, change or update Your Personal Information, unless otherwise
specified in the laws and regulations;
(d)
mendapatkan
akses atau untuk memperoleh historis Informasi Pribadinya yang pernah
diserahkan kepada Kami sepanjang
masih sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
to obtain access to Your historical Personal Information that
has been submitted to Us in
accordance with the prevailing laws and regulations;
(e)
meminta
pemusnahan Informasi Pribadi yang yang Kami
kelola, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan
to request the destruction of Personal Information that
We manage, unless specified otherwise in the prevailing laws and regulations;
and
(f)
menentukan
apakah suatu Informasi
Pribadi bersifat rahasia atau tidak (apabila
dibutuhkan).
to determine if the Personal Information is confidential or
non-confidential (if
required).
PASAL 5
– ARTICLE 5
KEGAGALAN MENJAGA INFORMASI PRIBADI – FAILURE IN
PROTECTING PERSONAL INFORMATION
5.1.
Anda setuju untuk tidak meminta
pertanggungjawaban Kami atas pelanggaran, atau ketidakpatuhan terhadap
Kebijakan Privasi atau perlindungan Informasi Pribadi dalam situasi berikut:
You agree not to seek Our responsibility for
violations, or non-compliance with the Privacy Policy or the protection of
Personal Information in the following situations:
(a)
Dimana suatu tindakan alam atau
keadaan yang tidak terduga telah terjadi, mengakibatkan kerusakan atau
penghancuran peralatan dan/atau sistem yang digunakan untuk mengamankan, menyimpan
atau memproses Informasi Pribadi Pengguna;
Where an act of nature or
an unexpected situation has occurred, resulting in damage or destruction of
equipment and/or systems which are used to secure, store or process a User's
Personal Information;
(b)
Dimana Informasi Pribadi telah
tersedia atau dapat ditemukan oleh publik sebelum Informasi Pribadi tersebut
disampaikan kepada Kami;
Where Personal Information is available or can be found by the public
before such Personal Information has been conveyed by Us;
(c)
Dimana Kami telah memberikan
upaya terbaik untuk memverifikasi, mengamankan dan melindungi Informasi
Pribadi, dan dalam hal terdapat akses yang tidak sah, hacking, penyalahgunaan, modifikasi, perubahan, gangguan;
Where We have given our
best effort and to verify, secure and protect the Personal Information, and in
the event of any unauthorized access, hacking, misuse, modification, change,
interference;
(d)
Atas keakurasian (kecuali
Informasi Pribadi yang telah diverifikasi oleh Kami sesuai kebijakannya),
keabsahan, legalitas dan kelengkapan Informasi Pribadi Anda; dan/atau
For the accuracy (unless
for Personal Information that has been verified by Us at its our discretion),
validity, legality and completeness of Your Personal Information; and/or
(e)
Dimana penyalahgunaan Informasi
Pribadi dan informasi yang disebabkan dengan tindakan kejahatan, penipuan atau
tindak pidana apapun atau salah tindakan dari pihak ketiga yang tidak berada di
bawah kendali atau instruksi Kami.
Where the misuse of Personal Information and
information caused by acts of crime, fraud or any criminal act or illegal
action of a third party that is not under Our control or instruction.
5.2.
Kami akan berupaya sewajarnya
untuk memberitahu secara tertulis melalui surat elektronik (e-mail) kepada Anda jika terjadi
kegagalan perlindungan rahasia Informasi Pribadi dalam pengelolaan Platform baik yang disebabkan oleh Kami atau ketika Kami mengetahuinya
dari pihak ketiga, dengan ketentuan pemberitahuan sebagai berikut:
We will give Our reasonable efforts to
notify You in writing via e-mail if there is a failure
of Our protection
of Personal Information during
the management of the Platform, whether occurred due to Us or a third party, with the following notification
conditions:
(a)
dengan
menyertakan alasan atau penyebab terjadinya kegagalan perlindungan rahasia
Informasi Pribadi;
by including
the reason or cause of failure of the protection of Personal Information
(b)
pemberitahuan
tertulis lewat surat elektronik (e-mail)
kepada Anda paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diketahui adanya
kegagalan tersebut;
written
notification via e-mail to You no later than 14 (fourteen) days after the
failure is discovered;
(c)
menyediakan
pihak yang dapat dihubungi (contact
person) yang mudah dihubungi oleh Anda terkait pengelolaan Informasi
Pribadi;
providing a
contact person who is easily contacted by You regarding the management of
Personal Information.
providing a
contact person who is easily contacted by You regarding the management of
Personal Information.
PASAL 6
– ARTCILE 6
COOKIES – COOKIES
6.1
Dengan mengunjungi dan menggunakan Platform, Anda mengetahui bahwa cookies atau teknologi serupa dapat terpasang di perangkat Anda. Cookies adalah file yang mencatat
informasi seperti jejak pencarian situs dari perangkat atau untuk mengumpulkan
informasi log internet dan informasi perilaku pengunjung. Saat Anda mengunjungi
Platform ini lagi, cookies akan memudahkan Kami untuk menyesuaikan konten sesuai
dengan kebutuhan Anda. Cookies ini
tidak melacak informasi Pengguna secara individual, dan semua data cookies Kami
telah dienkripsi dan tidak dapat dibaca oleh platform
lain.
By visiting and using the Platform, You realize that cookies or similar
technologies can be installed on Your device. Cookies are files that record
information such as site search traces from a device or to collect internet log
information and visitor behavior information. When You revisit this Platform, cookies will make it easier
for Us to customize the content to suit Your needs. These cookies do not track
individual user information,
and all of Our cookies data is encrypted and cannot be read by other platforms.
6.2
Walaupun secara otomatis perangkat
komputer Anda akan menerima cookies,
Anda dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan
situs pencarian Anda yaitu dengan memilih untuk menolak cookies dengan menghapus cookies
yang terpasang di perangkat Anda setiap saat dengan mengkonfigurasi perangkat
lunak situs pencarian Anda. Anda mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari
beberapa Layanan pada Platform jika cookies
dihapus atau dicegah agar tidak terpasang diperangkat Anda.
Even though Your computer will automatically accept cookies, You can choose
to make modifications through Your search site settings by choosing to reject
cookies and deleting cookies installed on Your device at any time by
configuring Your search site software. You may not realize the benefit of some
Services on the Platform if cookies are deleted or prevented from being
installed in Your device.
PASAL 7
– ARTICLE 7
AKSES SOSIAL MEDIA – SOCIAL MEDIA
ACCESS
7.1
Dalam rangka penyediaan Layanan pada Platform, Kami dapat meminta Anda untuk
memberikan Kami izin mengakses ke akun media sosial termasuk namun tidak
terbatas pada Twitter, Facebook, Google+ dan/atau Linkedln. Namun, Anda tidak diwajibkan untuk memberikan akses
ke akun media sosial milik Anda.
In the framework of provision of Services on the Platform, We may request
You to allow Us to access social media accounts including but not limited to
Twitter, Facebook, Google+ and/or LinkedIn. However, You are not required to give access to Your social media account.
7.2
Dalam hal Anda memberikan Kami akses ke
data akun media sosial Anda, Anda harus memahami bahwa Kami hanya menggunakan
data tersebut untuk tujuan berikut:
In the event that You give Us access to Your social media account data, You must understand that We only use that
data for the following purposes:
(a)
Verifikasi identitas;
Identity verification;
(b)
Mitigasi risiko penipuan identitas;
Mitigating the risks of identity fraud;
(c)
Statistik analisis/kuantitatif;
Analytical / quantitative statistics;
(d)
Melakukan kontrol regulasi;
Carrying out regulatory control;
(e)
Memberikan informasi dan menjawab
pertanyaan; dan
Providing information and answering
questions; and
(f)
Mencegah penipuan, pencucian uang dan
kegiatan kriminal lainnya. \
Preventing fraud, money laundering and other criminal activities.
PASAL 8
– ARTICLE 8
PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI – CHANGES IN PRIVACY POLICY
8.1
Kebijakan Privasi ini mungkin diubah
dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu. Kami akan menerbitkan versi terbaru dari Kebijakan Privasi
ini di Platform.
This Privacy Policy may be changed
and/or updated from time to time. We will publish the latest version of this
Privacy Policy on the Platform.
8.2
Anda disarankan untuk membaca secara
saksama dan memeriksa Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu agar Anda tetap
terinformasikan mengenai perubahan terbaru dalam Kebijakan Privasi ini.
You are advised to read carefully and
check this Privacy Policy from time to time so that you remain informed about
the latest version of
this Privacy Policy.
8.3
Kami dapat memberitahu Anda tentang
perubahan yang dibuat pada Kebijakan Privasi ini melalui surat elektronik (e-mail) ke alamat e-mail Anda yang
terdaftar.
We may notify You of changes made to
this Privacy Policy via e-mail to Your registered e-mail address.
8.4
Dengan tetap mengakses dan menggunakan Platform dan Layanan, maka Anda menyetujui perubahan-perubahan dalam
Kebijakan Privasi ini.
By continuing to access and use the
Platform and Services, You
agree to any changes to this Privacy Policy.
PASAL 9 – ARTICLE 9
LAIN-LAIN – MISCELLANEOUS
Kebijakan Privasi ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada UU ITE, PP No. 71/2019 dan Perkominfo No.
20/2016.
This Privacy Policy is in accordance with the prevailing laws and regulations, including but
not limited to the ITE Law, PP No. 71/2019 and
Perkominfo No. 20/2016.
PASAL 10
– ARTICLE 10
KONTAK – CONTACT
Apabila ada pertanyaan, komentar dan
permintaan mengenai Kebijakan Privasi ini, dapat
ditujukan kepada alamat e-mail cs@atome.id
If there are any questions, comments or requests regarding this Privacy
Policy, please contact cs@atome.id
Diperbaharui terakhir pada June 2020.
Last
updated on June 2020.