3 kesalahan mengatur keuangan di masa produktif

oleh rwt

Oct 16 2023

Hi Atomees!

Di masa produktif, kita sangat bekerja keras untuk mencapai kebebasan finansial dan kemudahan dalam keuangan jangka panjang. Namun, terkadang ada kesalahan dalam mengatur keuangan yang tanpa sadar dapat menghambat perkembangan keuangan kita. Ada kesalahan umum yang perlu dihindari dalam mengelola keuangan yang bisa kamu hindari, diantaranya:

  1. Tidak Membuat Anggaran

Kesalahan yang paling sering dilakukan ialah tidak membuat anggaran. Tanpa anggaran yang jelas, pengeluaran yang dilakukan menjadi tidak terkontrol dan bisa saja melebih batas. Dengan membuat anggaran yang rinci, kamu bisa mengetahui dengan jelas berapa banyak uang yang diterima dan dikeluarkan setiap bulannya. Ini akan memudahkan kamu dalam mengidentifikasi di pengularan mana yang bisa dihemat agar bisa mengalokasikan dana untuk tabungan atau investasi.

  1. Tidak Berinvestasi

Ketika sibuk bekerja keras untuk mengumpulkan uang, kita sering kali hanya fokus menyimpan uang di rekening tabungan tanpa memikirkan investasi jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, uang yang kita simpan akan mengalami inflasi. Investasi adalah cara yang cukup efektif dalam mengembangkan uang kamu agar selalu menghasilkan nilai yang signifikan dan seimbang seiring waktu. Kamu bisa memulai investasi sesuai dengan kemampuan risiko mu dengan mencari pengetahuan terkait investasi lebih lanjut apabila kamu merasa masih kurang pengetahuan dalam berinvestasi.

  1. Tidak Memprioritaskan Utang

Salah satu kesalahan dalam mengela keuangan yaitu tidak memprioritaskan pengelolaan utang. Di masa produktif, sebagian orang memiliki beberapa jenis utang, seperti kartu kredit, pinjaman rumah, atau pinjaman mobil. Bila utang ini tidak diprioritaskan, maka akan menyebabkan pembayaran bunga yang tinggi dan mengahabiskan sebagian besar pendapatan kamu. Tentukan prioritas pada pembayaran utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, sambil terus membayar jumlah minimum pada utang lainnya. Selain itu, coba untuk mengurangi utang jika tidak dibutuhkan.

Yuk kita mulai mengelola uang dengan cerdas. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas agar kamu bisa mencapai kestabilan keuangan dan meraih tujuan finansial di masa depan!

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Main keywords of the article:

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia bekerjasama dengan PT Atome Finance Indonesia, yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010