Bijak Menjaga Data Pribadi Saat Bermedia Sosial

oleh rwt

Dec 08 2023

Dalam era digital yang semakin maju, membagikan aktivitas di media sosial menjadi hal yang menyenangkan karena media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, keamanan data pribadi kita seringkali terabaikan, sehingga menjadi celah bagi pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengeksploitasi informasi kita seperti di video berikut ini:

Oleh karena itu, penting untuk bijak dalam menjaga data pribadi saat bermedia sosial demi melindungi diri dari potensi bahaya dengan cara :

  1. Membatasi Informasi Pribadi yang Dibagikan:

Hindari membagikan informasi pribadi yang sangat rinci seperti alamat rumah, nomor telepon, atau detail keuangan di platform media sosial. Perhatikan bahwa data yang tampak sepele seperti tanggal ulang tahun atau nama hewan peliharaan dapat digunakan untuk mengakses informasi pribadi lebih lanjut.

  1. Waspadai Posting Lokasi:

Hindari memposting informasi lokasi Anda secara real-time atau terlalu sering. Berbagi lokasi dapat memberikan peta yang jelas bagi pihak yang tidak bertanggungjawab yang dapat disalahgunakan untuk tujuan yang tidak etis.

  1. Pertimbangkan Konsekuensi Foto Rumah atau Lingkungan:

Foto rumah atau lingkungan sekitar dapat memberikan gambaran yang detail tentang kehidupan sehari-hari Anda. Sebaiknya, pertimbangkan dampak dari foto semacam itu dan pastikan untuk tidak mempublikasikan detail yang dapat diidentifikasi secara geografis.

  1. Hindari Mengklik Tautan yang Mencurigakan:

Selalu waspada terhadap tautan yang diterima melalui pesan atau komentar di media sosial. Tautan yang mencurigakan dapat mengarahkan Anda ke situs phishing yang dapat mencuri informasi pribadi Anda.

  1. Pertahankan Kesadaran Digital:

Selalu tingkatkan kesadaran digital dan jangan ragu untuk memberikan informasi tentang keamanan online kepada teman dan keluarga. Dengan berbagi pengetahuan, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan online yang lebih aman.

Dengan mengadopsi langkah-langkah bijak ini, kita dapat meningkatkan keamanan data pribadi kita saat bermedia sosial. Sebagai pengguna cerdas, kita memiliki tanggung jawab untuk melindungi diri sendiri dan memastikan bahwa informasi pribadi kita tidak jatuh ke tangan yang salah. Selalu bijak saat bermedia sosial yaa Atomees!

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Main keywords of the article:

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Atome Finance Indonesia
Treasury Tower Lantai 16 Unit J
Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53
Lot 28, Senayan, Kebayoran Baru,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI
Jakarta, 12190
PT Atome Finance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Atome Finance Indonesia
Email: support@atome.id
Atome paylater: (021) 50251717
Atome card: (021) 50711722

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010