Blog

Packing Tepat, Liburan Pun Jadi Lebih Bersemangat

Jun 17 2021

Liburan menjadi hal yang sangat disenangi banyak orang. Bagi kebanyakan orang, hal paling penting yang sangat diutamakan saat liburan adalah destinasi liburannya. Tapi, tahukah kamu kalau ada hal yang tak kalah penting dari destinasi wisata? Yaps, hal itu adalah packing.

Packing adalah menata barang bawaan yang akan kamu bawa untuk liburan. Memang packing terdengar simpel, tapi tahukah kamu kalau pada kenyataannya banyak orang yang masih kerepotan saat packing. Akibatnya, mereka membutuhkan tas atau koper lebih dari satu buah. Hmm cukup merepotkan bukan? Liburan yang harusnya menyenangkan menjadi repot karena banyaknya barang bawaan.

Nah, agar kamu tidak lagi kerepotan saat liburan, dan supaya liburanmu menjadi simpel tapi tetap berkesan, yuk ikuti cara-cara packing yang sangat bermanfaat berikut ini!

1. Buatlah Daftar Barang Bawaan

Poin pertama ini seringkali tidak dilakukan oleh para traveler loh. Kebanyakan orang hanya mengingat-ingat saja apa yang akan dibawa, akan tetapi tidak benar-benar dicatat. Hal itu menyebabkan adanya barang yang lupa untuk dibawa dan adanya barang yang sebenarnya tidak perlu dibawa justru malah terbawa.

Kamu tidak ingin kan barangmu ada yang tertinggal? Apalagi barang itu ternyata penting untuk dibawa untuk berlibur. Nah, agar hal itu tidak terjadi, maka tulislah daftar barang yang akan kamu bawa. Dengan adanya daftar barang bawaan, kamu juga dapat memilah sekaligus menimbang tingkat kebutuhan barang bawaan dengan lebih baik.

2. Bawalah Barang Yang Benar-Benar Kamu Perlukan

Saat berlibur kamu harus mengutamakan barang-barang yang penting terlebih dulu. Hal ini agar tasmu muat untuk menampung barang bawaanmu. Jika masih ada ruang tersisa, barulah kamu bisa masukkan barang-barang tambahan lainnya.

Kamu juga perlu memilih gadget apa saja yang paling kamu butuhkan selama traveling. Apakah kamu benar-benar membutuhkan laptop, kamera, setrika, kabel tambahan, hair dryer dan lain sebagainya? Jika barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya kamu tidak usah membawanya. Ingat bahwa tujuan dari traveling adalah untuk menghibur dirimu bukan merepotkan diri dengan banyaknya barang bawaan.

Pilihlah baju yang tidak mudah kusut sehingga kamu tidak perlu membawa setrika. Carilah hotel yang sudah menyediakan hair dryer dan fasilitas yang memudahkanmu. Dengan demikian hal tersebut dapat mengurangi barang bawaanmu. Dan liburanmu menjadi semakin menyenangkan.

3. Gulunglah Pakaianmu

Jarang orang yang tahu bahwa menggulung pakaian merupakan cara yang ampuh untuk menghemat ruang dalam tas atau kopermu saat bepergian. Alih-alih melipat dan menumpuknya, ternyata dengan cara menggulung baju ini, barang bawaanmu akan menjadi lebih praktis. Selain menghemat tempat, menggulung ternyata juga mudah untuk diterapkan, selain itu kerapian baju di dalam tas pun tetap terjaga, dan kamu akan lebih mudah mengambil pakaian yang kamu perlukan. Teknik menggulung pakaian ini pun dapat menghindarkan pakaianmu dari kusut.

Cara ini cocok untuk kamu yang senang membawa baju dengan jumlah banyak. Susunlah pakaian atau barang-barangmu berdasarkan urutan kebutuhannya. Misalnya, kamu akan menggunakan pakaian tertentu pada hari pertama, maka letakkanlah barang tersebut di susunan paling atas, begitupun seterusnya. Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak perlu membongkar seluruh isi tasmu hanya untuk mencari baju yang akan kamu gunakan. Bagaimana, cukup menarik bukan?

4. Gunakan Travel Size Dan Manfaatkanlah Segala Ruang

Penggunaan travel size biasanya dilakukan oleh para wanita, dikarenakan kebutuhan mereka memang cenderung lebih banyak, seperti skin care, make up, dan lain sebagainya. Bawaan yang cukup banyak ini bisa diantisipasi dengan menggunakan kemasan kecil khusus untuk traveling atau memindahkannya ke dalam botol-botol kecil untuk traveling. Hal itu bertujuan agar kamu tak perlu repot-repot membawa yang full size yang dapat memberatkan beban di dalam koper atau ranselmu.

Kamu juga perlu untuk memanfaatkan setiap ruang kosong yang tersedia. Contohnya, pada bagian dalam sepatu, wadah makan, dan berbagai celah yang ada. Sebaiknya ruang-ruang kosong tersebut kamu isi dengan benda-benda kecil yang menjadi kebutuhanmu seperti sisir, kacamata, kaos kaki, pakaian dalam, dan semua barang kecil yang bisa diselipkan. Jadi pastikanlah semua area dalam tasmu terisi dengan sempurna ya!

5. Pilihlah Tas Yang Tepat

Pemilihan tas sangat perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan liburanmu. Jika kamu ingin bepergian dalam durasi yang lama dan membawa barang yang banyak, maka pilihlah koper sebagai wadah dari barang-barang bawaanmu. Koper tergolong tas yang besar sehingga dapat memuat banyak barangmu. Selain itu, koper juga dilengkapi dengan roda sehingga kamu tidak perlu khawatir keberatan saat membawanya, karena kamu cukup menarik koper tersebut.

Contoh lain, jika kamu bepergian yang berpindah-pindah tempat, maka sebaiknya kamu menggunakan tas ransel. Karena selain mudah untuk dibawa, tas ransel  juga memiliki kapasitas menyimpan banyak barang. Baik menggunakan koper maupun ransel, pastikanlah kamu memilih bahan tas yang memiliki kualitas baik agar barang-barangmu bisa tersimpan dengan aman.

Pilihlah tas yang kuat dan berkualitas. Kamu bisa membeli koper, ransel maupun tas-tas jenis lainnya di Tumi. Produk Tumi memiliki bahan yang bagus dan berkualitas sehingga cocok dan aman untuk memenuhi kebutuhanmu. Kini kamu bisa berbelanja keperluan travelling di Tumi dengan mempergunakan Atome. Dengan Atome, pembayaran menjadi mudah karena bisa dicicil 3 atau 6 bulan tanpa bunga sepeser pun.

Packing menjadi hal yang begitu penting dan tidak bisa diabaikan karena hal ini akan mempengharuhi kenyamananmu selama liburan. Buatlah list barang, daftar kebutuhan, dan tas yang bagus dan berkualitas. Tanpa adanya manajemen packing yang baik, kamu akan merasa kerepotan pada saat bepergian, terutama jika kamu akan menghabiskan waktu libur yang cukup lama.

Jika packing barangmu sudah kamu lakukan dengan benar dan tepat, maka liburan yang praktis dan menyenangkan pun bisa kamu peroleh. Keterampilan packing menjadi salah satu skill utama yang harus kamu miliki. Terutama, bagi kamu yang menyukai gaya traveling ringan dan minimalis, baik itu menggunakan koper maupun ransel. Strategi packing yang baik ini juga akan menentukan jumlah dan besar tas yang harus kamu bawa. Jadi cukup penting kan cara packing ini? Selamat berlibur!