Blog

9 Tips Penting Memilih Baju Yang Tepat Untuk Anak

Nov 11 2021

Memilih baju anak tidak segampang memilih baju untuk orang dewasa. Banyaknya pilihan terkadang membuat bingung untuk mencari yang terbaik. Apalagi, banyak baju anak – anak dengan berbagai macam model terbaru yang dijual membuat orangtua seakan – akan ingin memborong semuanya untuk sang anak tercinta.

Tapi tahukah kamu, kalau memilih baju untuk anak memang memiliki tips tersendiri? Nah, agar kamu tidak salah saat memilihkan baju untuk anak, yuk simak beberapa tips penting memilih baju yang tepat untuk anak berikut ini.

1. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan Anak

Apapun yang akan kamu beli sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan, termasuk saat akan membeli baju untuk anak. Kebutuhan anak juga perlu dijadikan bahan pertimbangan. Misalnya saja anak sedang membutuhkan baju santai untuk di rumah, maka jangan malah tergiur ingin membelikannya baju untuk bepergian.

Untuk dipakai sehari – hari, kamu bisa memilih jenis pakaian yang simpel, sedangkan untuk acara yang spesial, kamu bisa memilih pakaian kemeja untuk anak laki – laki dan rok terusan untuk anak perempuan. Selain itu, di usianya saat ini anak sangat cepat bertambah besar. Jadi kamu tidak perlu membelikannya terlalu banyak baju, karena jika sudah tidak terpakai akan menumpuk di lemari dan tidak bisa dipergunakan lagi.

2. Memilih Model Yang Disukai Anak

Pilihlah model baju yang sesuai dengan anak – anak. Jika memungkinkan, ajaklah anak untuk memilih model yang sesuai dengan keinginan mereka. Namun, tentunya harus tetap dalam pengawasan orangtua ya. Jangan sampai anak malah memilih baju model pakaian yang tak sesuai usianya. Baju untuk anak tentu modelnya pun harus pas dipakai oleh anak. Hindarilah memilih model yang terkesan dewasa dan kurang sesuai dengan usia anak. Pilihlah model baju yang simpel dengan motif atau gambar yang lucu, seperti tokoh kartun atau gambar hewan. Jika ada tokoh kartun yang ia sukai, maka akan lebih baik lagi, dan tentunya anak akan merasa senang saat menggunakannya.

3. Memilih Ukuran Yang Tepat

Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin pertama, bahwa memilih ukuran baju untuk anak pun harus tepat. Tidak semua anak dengan umur yang sama memiliki berat dan tinggi badan yang sama. Sehingga penting bagi kamu untuk memilih ukuran yang tepat.

Perhatikanlah usia anak, ukuran apa yang cocok, hingga berat badan, dan lingkar badannya. Ada beberapa anak yang pertumbuhan tingginya cepat, sehingga ini akan membuat sedikit lebih sulit untuk mencarikan mereka pakaian yang pas. Jangan memilihkan pakaian anak yang terlalu pas dengan badan anak atau ketat. Kamu harus membeli baju yang longgar sehingga nyaman untuk dipakai sang anak selama mereka bergerak. Dan pilihlah ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuh anak.

4. Memilih Warna Cerah

Mengapa poin ini penting? Karena warna yang cerah dapat memberikan kesan ceria dan sangat mencerminkan anak – anak. Warna cerah yang dapat kamu pilih adalah merah, kuning, orange, atau hijau. Apalagi jika ada warna cerah tertentu yang anak favoritkan, maka kamu bisa langsung memilihkannya untuk anak ya.

5. Memilih Yang Mudah Dipakai Dan Dilepas

Anak juga harus diajari untuk bisa memakai dan melepas sendiri pakaiannya. Hal ini untuk melatih kemandirian mereka. Oleh karena itu pilihlah baju anak yang mudah dipakai dan dilepas oleh anak. Pakaian seperti ini juga akan mempercepat dan mempermudah anak saat berpakaian, akan mandi, atau buang air. Pakaian yang memiliki desain menarik terkadang memang cenderung terlihat rumit pemakaiannya, tapi kalau merepotkan sebaiknya dihindari saja ya.

6. Memilih Yang Bisa Dipakai Sehari – Hari

Jika kamu membeli pakaian bagus tapi tidak bisa digunakan sehari – hari pastinya akan sia – sia bukan? Terlebih aktivitas anak banyak, makanya lebih baik memilih baju anak yang memang akan sering dipakai oleh mereka. Boleh saja membeli beberapa baju khusus untuk acara tertentu sebagaimana yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Namun, kamu tidak perlu terlalu berlebihan. Untuk baju khusus itu kamu hanya perlu memilih beberapa saja. Sisanya, pilihlah baju yang dapat digunakan sehari – hari oleh anak.

7. Memperhatikan Jahitannya

Tips selanjutnya dalam memilih pakaian yang tepat untuk anak – anak adalah jahitannya. Kamu juga harus memastikan bagaimana cara penjahitan pakaian. Pakaian yang bagus akan menampilkan jahitan yang bagus pula. Ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Misalnya untuk bagian leher dan lengan, desain pakaian atau baju anak akan menggunakan cara menjahit rompok atau depun. Ada banyak teknik lainnya atau cara menjahit pakaian wanita misalnya kelim tindas, serip, kampuh obras dan lain – lain. Pilihlah jahitan yang nyaman dan aman saat digunakan oleh anak.

8. Mencuci Baju Sebelum Digunakan

Setelah membeli baju anak, baik secara langsung maupun daring, pastikan untuk selalu mencuci baju tersebut sebelum digunakan oleh si kecil. Pastikan anak menggunakan baju yang bersih agar nyaman dan aman saat beraktivitas. Hal ini untuk melindungi anak dari kotoran dan debu selama proses produksi baju tersebut.

9. Mencoba Untuk Belanja Online

Di tengah pandemi Covid-19, membeli baju anak dapat dilakukan secara online. Pilihlah toko online yang telah memiliki kualitas terpercaya, yang dapat dilihat dari ulasan pembeli sebelumnya. Pilih pula toko baju yang menyediakan garansi penukaran ukuran, agar baju yang tidak pas bisa ditukarkan kembali.

Salah satu toko baju yang bisa kamu pilih adalah Zara. Zara menjual berbagai kebutuhan pakaian untuk orang dewasa, maupun untuk anak. Zara memiliki banyak toko offline dan juga memiliki toko online. Untuk berbelanja daring, kamu bisa langsung mengunjungi wesbsite-nya di www.zara.com/id/. Di sana kamu bisa memilih beragam pilihan pakaian untuk anak yang nyaman dan aman saat digunakan oleh anak. Yuk, langsung saja kunjungi website atau store mereka dan lakukan pembelanjaan dengan menggunakan metode pembayaran dari Atome.

Oh ya, pada kesempatan kali ini, Atome menggelar Shop & Win with MAP mulai dari tanggal 8 November sampai 5 Desember 2021. Kamu berkesempatan untuk memenangkan total hadiah jutaan rupiah voucher MAP yang bisa kamu dapatkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Belanja di store – store MAP tertentu di seluruh Indonesia dengan Atome selama 8 November – 5 Desember 2021.
  • Pemenang Shop & Win ditentukan dari total nominal transaksi yang dilakukan selama periode oleh satu customer.
  • Informasi mengenai peringkat sementara 10 peringkat teratas di Shop & Win dapat dilihat melalui link dan akan diperbaharui setiap hari Senin.
  • Pemenang yang ditentukan oleh Atome bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dan/atau dipindah tangan ke pihak lain.
  • Pengumuman pemenang diinformasikan secara resmi melalui Instagram @atome.id dan blog Atome pada tanggal 6 Desember 2021.
  • Atome akan menghubungi pemenang untuk melakukan klarifikasi data diri melalui email & nomor telepon yang terverifikasi pada akun Atome dalam kurun waktu 7×24 jam (hari kerja) setelah diinformasikan secara resmi oleh tim Atome melalui akun instagram dan blog Atome.
  • Atome berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian Syarat dan Ketentuan ini sewaktu – waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
  • Dengan mengikuti Shop & Win, pengguna dianggap memahami dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan Atome beserta Syarat dan Ketentuan fitur Atome serta dapat berubah untuk disesuaikan dengan kebijaksanaan sehubungan dengan pelaksanaan Shop & Win.
  • Atome selaku penyelenggara kegiatan kompetisi ini berhak untuk menggunakan suara, gambar, foto, dan nama pemenang untuk kebutuhan publikasi dalam bentuk media apapun, serta dalam iklan, pemasaran, ataupun materi promosi untuk periode yang tidak terbatas, sebelum dan sesudah periode promosi dan tanggal pengundian tanpa adanya kompensasi tambahan atau pemberitahuan sebelumnya kepada para pemenang.
  • Atome berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan – tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan hadiah Shop & Win, apabila diduga terjadi tindakan kecurangan dari pengguna.
  • Hati – hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Atome. Semua kegiatan ini hanya akan diinformasikan melalui situs resmi Atome. aplikasi Atome, media sosial resmi Atome, serta blog resmi Atome.
  • Karyawan Atome atau keluarga langsung dari karyawan Atome tidak dapat mengikuti dan menjadi pemenang dari kompetisi ini.

Jangan ketinggalan untuk mengikuti Shop & Win with MAP ini ya, karena dijamin hadiah yang menarik sudah menantimu. Selain berbelanja di Zara, kamu juga bisa berbelanja di Sephora (offline), Stradivarius, Planet Sports, Converse, SOGO, dan TheFoodhall. Tunggu apalagi?