Blog

Apa itu Ramadan dan jenis amalan baik yang bisa kamu lakukan

Mar 29 2022

Salah satu cara untuk mengetahui awal bulan Ramadan adalah menggunakan metode hisab atau perhitungan matematis berdasarkan kalender. Nah, menurut perhitungan tersebut, bulan suci Ramadan tahun 1443 H atau 2022 M jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Wah, tinggal menghitung hari aja nih! Postingan di media sosial pun sudah dipenuhi dengan foto Ramadan lengkap dengan Ramadan background dan quotes Ramadan terbaru. Lalu, sudahkah kamu menyiapkan mental untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari ke depan? Sebelum bersiap mengerjakan berbagai amalan baik di bulan Ramadan, ketahui terlebih dahulu apa arti Ramadan berikut ini. Jangan sampai keliru dengan nama artis muda Ikbal Ramadan ya! Baca penjelasannya selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Ramadan

Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam atau yang dikenal juga dengan kalender Hijriah. Kata Ramadan sendiri berasal dari bahasa Arab “ramida” atau “ar-ramad” yang berarti panas. Dulu, jika menggunakan perhitungan tahun berdasarkan pergerakan bulan dan matahari, bulan Ramadan selalu jatuh pada musim panas yang sangat menyengat. Namun, setelah umat Islam mengembangkan kalender berbasis bulan, Ramadan tidak selalu bertepatan dengan musim panas. Sehingga kata “ramadan” yang berarti panas dimaknai sebagai kiasan, di mana orang – orang berpuasa hingga tenggorokannya panas menahan haus dan lapar.

Keutamaan Bulan Ramadan

Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan bagi umat muslim, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Al-Quran yang menjadi kitab suci umat Islam diturunkan kepada nabi Muhammad tepat pada bulan Ramadan. Karena itulah, Ramadan disebut sebagai bulan suci.

2. Bagian Dari Rukun Islam

Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Puasa wajib yang dilaksanakan pada bulan Ramadan disebut puasa Ramadan. Hukum puasa Ramadan adalah wajib dan menjadi salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi umat muslim.

3. Bulan Penuh Berkah Dan Pengampunan

Banyak orang menuliskan Ramadan kareem atau Ramadan mubarak. Ramadan kareem artinya Ramadan yang murah hati. Sedangkan Ramadan mubarak artinya Ramadan berkah. Hal itu bukan tanpa alasan. Karena di bulan ini Allah melimpahkan banyak berkah bagi umat-Nya, di antaranya adalah: Allah menutup pintu neraka, mengampuni dosa orang yang berpuasa, melipatgandakan pahala, serta menurunkan kemuliaan melalui malam lailatul qadar.

Amalan – Amalan Baik Di Bulan Ramadan

Berbagai kemuliaan bulan Ramadan tidak bisa kamu dapatkan dengan berdiam diri saja. Tentunya kamu harus menjemputnya dengan melakukan berbagai amalan kebaikan yang diniatkan pada Allah. Berikut beberapa amalan baik yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan.

1. Puasa Ramadan

Sesuai syariat Islam, hukum dari puasa bulan Ramadan adalah wajib bagi orang yang telah dewasa, berakal, dan sehat. Penentuan puasa awal Ramadan ditentukan melalui metode hisab atau rukyat. Di Indonesia sendiri, jadwal puasa Ramadan biasanya diseragamkan berdasarkan keputusan sidang isbat. Selain memenuhi kewajiban agama, hikmah berpuasa Ramadan juga cukup banyak. Hikmah dari melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadan adalah melatih kesabaran, menahan hawa nafsu, meningkatan syukur, serta menjaga kesehatan tubuh. Pastikan niat puasa Ramadan karena Allah dan jangan lupa ucapkan doa puasa Ramadan saat menjalankannya.

2. Sholat Tarawih

Jika puasa Ramadan hukumnya wajib, maka hukum sholat tarawih ini sunah. Artinya, orang yang meninggalkannya tidak berdosa, namun orang yang mengerjakannya akan mendapatkan banyak keutamaan. Sholat sunah yang satu ini hanya bisa dilakukan secara berjama’ah usai sholat Isya’ selama bulan Ramadan. Jadi, jangan sampai melewatkannya! Dengan mengerjakan sholat berjamaah, kamu juga dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah dan menghidupkan masjid atau tempat – tempat ibadah di sekitar tempat tinggal kamu.

3. Perbanyak Sedekah

Sedekah juga termasuk amalan sunah yang memiliki banyak keutamaan. Jadi, jangan lupa untuk senantiasa menyisihkan rezeki yang kamu dapat untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Khususnya di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Selain membantu sesama, kebiasan berbagi juga dapat meningkatkan empati dan rasa kepedulian kamu terhadap orang lain. Kamu pun akan lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah. Perlu dipahami juga bahwa berbagi tidak harus berupa materi. Tapi juga bisa berbentuk tenaga, waktu, dan juga menyumbang pikiran.

4. Tadarus Al-Quran

Tadarus Al-Quran adalah salah satu dari 2 amalan sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadan dan memiliki banyak keutamaan. 2 hikmah atau keutamaan tadarus Alquran di bulan Ramadan mampu untuk mendekatkan diri kamu pada Allah dan dijamin akan membuat kamu bisa mendapatkan syafa’at di akhirat nanti. Jika biasanya jarang membaca Al-Quran, cobalah untuk lebih rajin dalam membaca dan mengkhatamkannya di bulan Ramadan ini.

5. I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid yang disertai niat. Tujuannya untuk mencari rida Allah dan bermuhasabah atas segala perbuatan yang telah kamu lakukan. Kegiatan di bulan Ramadan yang satu ini terbilang cukup mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya saat ngabuburit menunggu waktu buka di masjid terdekat. I’tikaf bermanfaat untuk mendekatkan diri pada Allah dan menjadi momentum reflektif dalam memperbaiki diri.

6. Perbanyak Dzikir Dan Berdoa

Selain merenungi kesalahan, kamu juga perlu memohon ampun kepada Allah sesering mungkin. Salah satunya dengan memperbanyak dzikir dan doa pada Allah di bulan Ramadan. Amalan ini juga termasuk kegiatan positif yang dapat meningkatkan keimanan dan menjaga diri kamu agar menjauhi segala larangan-Nya.

Pahami Aturan Liburan Ramadan 2022

Banyak orang menanti – nanti datangnya bulan Ramadan karena ingin berlomba – lomba mendapatkan keutamaannya. Namun, keistimewaan Ramadan tidak berhenti sampai di situ saja. Di Indonesia, pemerintah memberlakukan hari libur Ramadan saat awal dan akhir bulan puasa. Sehingga semua orang bebas berlibur dan bersantai untuk refreshing dari rutinitas sehari – hari. Sebelum mengisi liburan Ramadan nanti, pastikan kamu memahami beberapa aturan terbaru berikut ini ya!

  • Libur awal bulan Ramadan 1443 H diperkirakan jatuh tanggal 1-3 April 2022.
  • Libur akhir puasa dan perayaan Idul Fitri 1443 H diperkirakan jatuh tanggal 25 April-10 Mei 2022.
  • Pemerintah memperbolehkan mudik lebaran dengan syarat telah 2x vaksin Covid19 dan booster serta menerapkan protokol kesehatan ketat.

Keutamaan bulan Ramadan tidak cuma menawarkan banyaknya pahala buat kamu yang berlomba – lomba dalam mengerjakan amal kebaikan. Tapi, di bulan Ramadan ini kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo spesial dari Atome dan 5.000 lebih merchant yang bekerjasama. Jadi, pantengi terus media sosial Atome agar kamu update dengan segala info promo terbaru dari merchant favoritmu.

Banyak produk bernuansa Ramadan yang bisa kamu dapatkan dengan harga lebih hemat dari merchant – merchant ternama yang telah bekerjasama dengan Atome. Misalnya, berburu busana muslim terbaru dari Zara, Hava, Sophie Martin, Zalora, Matahari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentunya, kamu juga berhak mendapatkan fasilitas cicilan 0% dari Atome, yang mampu membuat belanjamu jadi lebih praktis dan menguntungkan. Jadi, kamu tidak perlu pusing memikirkan banyaknya biaya kebutuhan selama Ramadan. Karena kini kamu bisa mengangsur semuanya dengan tenor hingga 3 atau 6 bulan dengan aplikasi Atome. Mari bersama menyambut bulan Ramadan 2022 ini!

Main keywords of the article: