Blog

Tips Beli Bluetooth Speaker Idaman

Belakangan ini Bluetooth speaker banyak dipilih karena mampu memberikan kenyamanan yang lebih, Bluetooth speaker bisa digunakan baik di dalam ruangan, maupun di luar ruangan. Sudah banyak sekali produsen elektronik terkenal seperti JBL, Sony, Anker, Samsung, dan Denon yang mengeluarkan Bluetooth speaker dengan harga yang cukup terjangkau di kalangan masyarakat. Jika kamu kebingungan memilih saat akan membeli Bluetooth speaker yang ekonomis, kamu bisa membaca artikel berikut sebagai panduan dan bisa jadi menemukan Bluetooth speaker idamanmu.

Ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih Bluetooth speaker. Oleh karena itu, perhatikan beberapa poin penting ini dengan saksama saat kamu akan membeli Bluetooth speaker.

1. Memperhatikan kualitas suara

Kamu bisa memeriksa Bluetooth speaker berdasarkan kualitas suara jika menginginkan produk yang bagus. Codec yang kompatibel adalah hal pertama yang perlu diperiksa saat memilih Bluetooth speaker. Cobalah periksa Bluetooth speaker yang akan kamu beli berdasarkan dari fitur radiator pasif dan besaran wattnya. Simak penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya:

Codec adalah sebuah sistem yang mengkompresi dan mengubah sumber suara. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dikarenakan sumber suara yang dikirimkan dari smartphone ataupun perangkat lain pastilah melalui gelombang radio Bluetooth. Pada dasarnya kualitas dari suara yang dihasilkan akan semakin baik sesuai dengan urutan codec berikut, yaitu SBC, AAC, apt-X, lalu LDAC. Jadi jika kamu memilih untuk fokus di kualitas suara, pilihlah Bluetooth speaker yang kompatibel dengan codec AAC atau lebih tinggi.

2. Jika kamu menginginkan suara bass, pilih speaker yang dilengkapi dengan radiator pasif

Radiator pasif adalah sebuah fungsi yang berguna untuk meningkatkan jangkauan suara bass itu sendiri. Apabila kamu menginginkan Bluetooth speaker yang beresonansi dengan suara bass, pilihlah produk dengan fungsi radiator pasif. Selain itu, jika kamu memilih speaker dengan bass yang baik, suara yang dihasilkan pun akan jauh lebih kuat. Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa radiator pasif menentukan 80% kualitas suara Bluetooth speaker.

3. Pastikan Bluetooth speaker memakai tenaga listrik sebesar 20 watt atau lebih jika ingin memakai di luar ruangan

Dengan melihat jumlah watt yang menunjukkan output speaker, kamu dapat mengetahui kenyaringan dan resonansi bass yang dihasilkan dari speaker tersebut. Semakin besar angkanya, maka semakin besar pula ruang yang dapat diisi dengan suara. Dan suara bass yang dihasilkan pun makin baik.

Jika kamu membeli Bluetooth speaker dan menggunakan speaker yang berdaya kurang dari 1 watt, suara bass hampir tidak akan terdengar sama sekali. Jika kamu ingin mendengarkan musik rock di live house atau outdoor, pilihlah produk dengan output 20 watt atau lebih.

Namun tidak berarti bahwa jumlah watt haruslah ditingkatkan. Jika jumlah watt tidak sesuai dengan tempat penggunaan, suara yang dihasilkan bisa pecah dan mengganggu lingkungan sekitarmu.

4. Pilih profil stereo yang mampu menghasilkan suara tiga dimensi untuk mencegah agar suara tidak pecah

Secara umum, ada dua jenis speaker yaitu, stereo dan monaural. Dikatakan monaural jika hanya memiliki satu saluran suara. Sementara bisa dikatakan stereo jika menggunakan dua saluran suara, sehingga menghasilkan suara yang lebih baik dibandingkan dengan monaural. Oleh karena itu, speaker stereo biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan monaural.

Sistem stereo memungkinkan terjadinya distorsi yang bisa dikatakan lebih kecil. Bahkan, ketika kamu memutar volumenya dengan cukup keras, kemungkinan terjadinya keretakan suara cukup kecil. Ada beberapa produk monaural di pasaran yang dapat digunakan sebagai stereo dengan membeli dua buah speaker tersebut. Namun, kami sarankan untuk memilih dan membeli Bluetooth speaker stereo sejak awal.

5. Sesuaikan fungsi dan spesifikasi speaker berdasarkan situasi penggunaan

Ada beberapa fungsi yang diperlukan tergantung pada situasi dan lokasi Bluetooth speaker akan kamu pergunakan. Cobalah untuk membayangkan situasi penggunaannya untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu berniat untuk menggunakannya di luar ruangan, beli Bluetooth speaker yang tahan air. Produk yang tahan air bisa digunakan saat hujan ringan, tetapi jangan sampai terkena air yang mengalir. Di sisi lain, jika kamu mengasumsikan situasi penggunaan yang benar-benar sering akan basah, pastikan memilih produk yang lebih dari IPX5.

Terlebih lagi jika kamu ingin menggunakannya di pantai atau area berpasir, pilihlah produk yang tahan debu, yang mencantumkan IP5X atau yang lebih tinggi.

6. Pilihlah speaker dengan baterai berdaya tahan 7-8 jam supaya lebih mudah dibawa kemana-mana

Apabila kamu adalah tipe yang suka menggunakan Bluetooth speaker saat bepergian, pilihlah produk dengan ketahanan baterai mencapai antara 7 hingga 8 jam. Beberapa produk dari Bluetooth speaker bisa memiliki ketahanan baterai yang mencapai hingga 10 jam.

Ada beberapa trik mudah untuk memperpanjang masa pakai speaker kamu. Mungkin kamu pernah mendengar trik seperti mengurangi volume dan mengurangi jarak ke perangkat yang terhubung. Namun pada kenyataannya baterai bisa dihemat denga tidak memutar lagu yang banyak mengeluarkan suara bass.

7. Perhatikan versi Bluetooth-nya

Gelombang bluetooth memiliki berbagai versi. Makin besar angkanya, bluetooth makin up to date dan dipastikan memiliki kinerja yang lebih tinggi. Selain itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan kelas dan profil Bluetooth. Sebagian besar produk sudah memakai bluetooth versi 4.0 atau lebih tinggi, kecuali untuk produk yang memang menekankan kualitas suara. Versi 4.0 ini diyakini sangat hemat daya dan baterainya dapat bertahan sekitar dua kali lebih lama dari versi sebelumnya, yaitu versi 3.0.

8. Pilihlah fitur tambahan yang sesuai kebutuhan

Beberapa produk Bluetooth speaker kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti NFC yang memudahkan dalam proses pairing. Tersedia juga fitur tahan guncangan sehingga Bluetooth speakermu tidak akan mudah rusak jika terjatuh, walaupun dari tempat yang agak tinggi. Pilih dan belilah Bluetooth speaker dengan fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk bisa memilih sekaligus membeli Bluetooth speaker. Bagaimana menurut kamu? Bluetooth speaker mana yang akan dibeli? Yang pasti kamu akan tetap bisa menikmati suara dari Bluetooth speaker dengan nyaman walaupun produk yang dipilih dan dibeli berharga ekonomis. Jadi, periksa fiturnya dengan saksama, ya! Selamat membeli Bluetooth speaker pilihanmu!