Blog

Cara Efektif Merawat Alat Treadmill Di Rumah

Aug 19 2021

Treadmill merupakan alat bantu olahraga yang populer karena dapat digunakan oleh semua kalangan, baik untuk para pemula maupun profesional. Alat olahraga ini banyak dipilih karena dapat digunakan secara mudah. Karena alat olahraga ini banyak digunakan di rumah, sangat perlu untuk diketahui nih bagaimana cara merawat alat treadmill di rumah.

Sebelum membahas lebih dalam, terdapat hal yang perlu untuk kamu ketahui nih, bahwa merawat alat fitness seperti treadmill tidaklah serumit yang kamu bayangkan. Akan tetapi tetap saja banyak pengguna atau konsumen belum melakukan perawatan tersebut. Apakah mungkin itu termasuk kamu? Untuk itu, yuk simak informasi di bawah berikut ini. 

1. Perhatikan Peletakannya

Perawatan alat fitness secara umum diawali dengan di manakah kamu meletakkannya. Hal penting yang harus kamu ketahui adalah jangan meletakkan treadmill di luar ruangan. Hal ini tidak boleh dilakukan, karena alat fitness kamu tidak akan tahan dengan sinar matahari dan hujan terus menerus jika berada di luar ruangan.

Larangan peletakan alat fitnes ini berlaku untuk alat fitness merek apapun ya. Kecuali memang alat fitness khusus untuk pemakaian outdoor, karena bahannya pasti telah disesuaikan.

Kamu juga tidak boleh meletakkan treadmill di pinggir kolam karena hal ini akan memicu timbulnya karat pada besi bahan alat fitness yang kamu miliki.

2. Periksa Kekencangan Karpet

Karpet treadmill yang kendur akan membuat treadmill menjadi susah untuk dipakai. Bahkan bisa menyebabkan kamu terjatuh. Oleh karena itu usahakan untuk rutin memeriksa kekencangan karpet treadmill-mu ya. Atur karpet agar tidak bergeser ke kanan atau ke kiri saat dipakai. Ini yang umum terjadi, karena karpet bersifat seperti rantai sepeda, yang akan mengendur seiring pemakaian, maka adakalanya karpet dapat bergeser ke kanan atau kiri.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan memutar baut di bagian ujung belakang treadmill dengan kunci L, atau beri pelumas pada bagian bawah karpet. Ini berfungsi agar karpet treadmill tidak cepat tipis. Jika monitor display mati, kamu bisa cek pada bagian baterai, karena kemungkinan baterai sudah habis dan perlu diganti.

3. Bersihkan Treadmill Secara Rutin

Yang namanya alat pasti akan kotor jika terus-menerus digunakan tanpa dibersihkan. Oleh karena itu bersihkanlah treadmill milikmu secara rutin atau berkala. Bersihkanlah bagian display monitor, agar layar dan tombol selalu steril dan bersih, sehingga panel yang ada pada display tidak mudah rusak  dan macet ketika tombol ditekan.

Bersihkan juga pada bagian motornya dan usahakan harus terhindar dari banyak debu, dan sebaiknya bersihkan sekurang kurangnya 1 minggu sekali. Caranya yaitu buka baut cover di 4 sisi dengan obeng plus, lalu bersihkan dengan lap microfiber. Perhatian untuk pembersihan di bagian mesin motor dan pastikan tidak dalam keadaan menyala atau tersambung listrik.

Dan terakhir pada bagian karpet. Bagian ini penting juga ya untuk kamu bersihkan karena karpet adalah bagian yang sangat riskan dan merupakan komponen utama sebagai conveyor berjalan pada papan lari, cukup bersihkan pada bagian atas dan bawah setelah kamu menggunakannya.

4. Perhatikan Batas Waktu Penggunaan Treadmill 

Hal ini perlu untuk kamu perhatikan saat menggunakan treadmill, terutama pada treadmill elektrik yang menggunakan motor sebagai penggerak. Perhatikan batas waktu maksimal yang direkomendasikan saat memakai treadmill. Untuk pemakaian yang normal, sebaiknya kamu tidak menyalakan treadmill secara terus-menerus selama 60 menit.

Gunakanlah treadmill sekitar 45 menit kemudian istirahatkan dulu sambill menunggu motor treadmill kembali dingin. Kamu tentu tidak ingin motor treadmill kamu cepat rusak ‘kan? Oleh karena itu, gunakan cara ini agar dapat memperpanjang umur motor treadmill kamu.

5. Matikan Treadmill dan Copot Kabelnya Jika Tidak Digunakan

Lepaslah kabel power jika treadmill sudah tidak digunakan. Jadi, usahakan setelah pemakaian treadmill, copot kabel treadmill dari sumber listrik ya. Atau kamu bisa memakai stop kontak yang mempunyai saklar sehingga kamu tidak repot-repot untuk mencopot kabel. Yaitu cukup dengan mematikan saklarnya saja.

Selain itu, jika treadmillmu merupakan treadmill lipat, lipatlah kembali treadmill kamu apabila kondisi tidak sedang dipakai. Hal ini untuk menghindari karpet digigit oleh tikus ataupun benda-benda tajam lainnya. Dan juga untuk keamanan treadmill kamu.

6. Atur Kecepatan

Pada saat sedang memakai treadmill, usahakan kecepatan yang kamu atur tidak sampai mencapai batas kecepatan treadmill. Penggunaan terbaik adalah maksimal 80% dari maksimal kecepatan treadmill tersebut. Hal ini berguna untuk menjaga tingkat keawetan treadmill yang kamu miliki. Jadi, ingat-ingat ya.

7. Perhatikan Sumber Daya Listrik

Kebanyakan treadmill elektrik yang diproduksi saat ini menggunakan console elektronik yang dikendalikan oleh komputer dan ponsel pintar. Hal ini biasa disebut dengan PCB controller. PCB controller akan rusak bila terjadi lonjakan daya listrik yang tidak stabil, maka dari itu stabilizer sangat diperlukan untuk treadmill agar bisa menstabilkan arus untuk melindungi dinamo treadmill dan PCB controller.

Merawat treadmill bisa kamu lakukan dengan mudah jika kamu memahami bagaimana caranya. Dan cara-cara sebagaimana yang telah disebutkan di atas tadi adalah cara paling efektif yang dapat kamu lakukan agar treadmill-mu tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Lantas bagaimana jika treadmill-mu sudah terlanjur rusak? Jangan khawatir. Sebab kamu bisa memperbaikinya di service treadmill Bandung. Service treadmill secara rutin pun perlu kamu lakukan loh agar treadmill-mu lebih terawat di tangan para ahli servisnya. Oleh karena itu, jangan lupa ya untuk service treadmillmu juga.

Jika kamu ingin memiliki treadmill yang baru dan simpel kamu bisa membeli treadmil dari brand Xiaomi. Treadmill Xiaomi memiliki inovasi yang begitu mengesankan, karena desainnya yang simpel dan kecanggihannya yang dapat terhubung dengan ponsel.

Jangan lupa untuk membeli treadmill Xiaomi menggunakan metode pembayaran dari Atome. Informasi menarik bagi kamu nih bahwa saat ini Atome sedang menyelenggarakan Atome Top Spender Competition. Di kompetisi Atome Top Spender ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Atome Top Spender kategori akumulasi nominal transaksi dan kategori akumulasi jumlah transaksi yang dilakukan.

Cara mengikuti kompetisi tersebut cukup mudah. Kamu hanya perlu untuk terus berbelanja menggunakan metode pembayaran dari Atome. Belanjalah di merchant yang sudah bekerjasama dengan Atome selama periode 6 – 29 Agustus. Dengan begitu, kamu bisa memenangkan hadiah iPhone 12, emas 3 gr, Samsung LED TV dan banyak hadiah lainnya.

Belanja terus, untung terus. Yuk ikuti Atome Top Spender Competition! Download Atome sekarang di Appsstore atau Playstore ya. Belanja sekarang dan menangkan hadiahnya! Semoga tips tadi bisa membantu untuk merawat treadmill-mu ya. Selamat berolahraga!