Dapat file PPS Pemilu 2024 Melaui WhatsApp? Kamu Harus Lebih Teliti!

oleh rwt

Jan 12 2024

Pemilu merupakan salah satu momen penting di bulan Februari mendatang. Namun momen penting seperti ini sering dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Salah satu bentuk penipuan yang marak terjadi selain melalui pesan suara adalah mengirimkan undangan palsu terkait Pemilu 2024. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan dari setiap bentuk penipuan.

  1. Penipuan Melalui Pesan Suara

Kamu harus lebih teliti saat menerima pesan suara/voice note! Kenapa? Karena saat ini penipu melakukan modus penipuan dengan penyamaran melalui pesan suara padahal file tersebut merupakan file Aplikasi Android (APK) yang tujuannya untuk mengambil informasi target. Atomees bisa mencegah cara penipuan ini dengan tidak sembarangan mengklik file yang dikirim dari nomor yang tidak dikenal, memastikan bahwa ikon dari pesan suara tersebut berlogo “play” bukan “unduh/download” dan terakhir, kamu bisa mengabaikan nomor yang tidak dikenal.

  1. File APK PPS Pemilu 2024

Source: Instagram @ojkindonesia & internet

Selain pesan suara, penipuan juga dapat dilakukan melalui undangan palsu terkait Pemilu. Penipu akan mengirimkan undangan palsu melalui pesan teks yang terdapat file PDF, namun sebenarnya file tersebut bukanah berbentuk PDF melaikan APK yang kelika diklik akan membobol berbagai data dan infomasi yang ada di HP terkait keuangan. Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga telah mengonfirmasi bahwa file APK PPS Pemilu 2024 itu adalah modus penipuan. Jika menerima undangan yang mencurigakan, Atomees harus lebih teliti untuk memastikan keaslian undangan tersebut dan pastikan bahwa undangan tersebut bukanlah APK.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur mengunduh/ mengklik pesan suara dan undangan palsu tersebut? Hal yang bisa kamu lakukan adalah;

  1. Mengaktifkan mode pesawat atau mematikan jaringan seluler maupun WiFi
  2. Lakukan clear cache pada aplikasi dan browser yang terdapat informasi dan data diri
  3. Uninstall aplikasi tersebut
  4. Ubah password email, sosial media dan akun platform online termasuk PIN Atome

Yuk! lebih berhati-hati dan teliti saat menerima pesan terutama dari nomor yang tidak kamu kenal dan jangan sembarang klik tautan.

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Main keywords of the article:

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Atome Finance Indonesia
Treasury Tower Lantai 16 Unit J
Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53
Lot 28, Senayan, Kebayoran Baru,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI
Jakarta, 12190
PT Atome Finance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Atome Finance Indonesia
Email: support@atome.id
Atome paylater: (021) 50251717
Atome card: (021) 50711722

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010