Dapat penawaran menarik, namun wajib isi data pribadi dan OTP? Waspada!

oleh rwt

Feb 16 2024

Hai Atomees! Kamu pernah gak sih mendapat tawaran yang menggiurkan untuk dilewatkan namun ternyata ada syarat yang meminta untuk mengisi data pribadi dan One Time Password (OTP)? Meskipun terdengar menguntungkan, langkah ini bisa jadi bukanlah pilihan yang aman dan kamu tetap harus waspada!

Yuk kita bahas kenapa kamu harus tetap waspada dengan berbagai penawaran seperti ini!

  1. Pentingnya Keamanan Data Pribadi

Mengisi data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan informasi sensitif lainnya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Penyalahgunaan data pribadi dapat mengakibatkan hal serius, seperti pencurian identitas atau penipuan keuangan. Oleh karena itu, penting untuk selalu mempertimbangkan keamanan data pribadimu Atomees!

  1. Resiko Pencurian Identitas

Penipuan yang mengharuskan pengisian data pribadi seringkali bertujuan untuk pencurian identitas. Dengan memiliki informasi pribadi seseorang, penipu dapat melakukan kegiatan ilegal atas namamu, merugikan secara finansial, atau bahkan melibatkanmu dalam aktivitas kriminal. Bahaya banget kan?

  1. Bahaya One Time Password (OTP) yang Dibagikan

Menerima penawaran yang meminta kamu memberikan OTP juga merupakan tanda peringatan. OTP digunakan sebagai lapisan keamanan tambahan dalam proses verifikasi. Memasukkan OTP ke situs web atau aplikasi yang tidak tepercaya dapat membuka pintu bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses akunmu.

  1. Penipuan Online dan Phishing

Penawaran yang menggiurkan seringkali menjadi umpan bagi praktik penipuan online. Penjahat cyber dapat membuat situs web palsu atau mengirimkan email phishing yang mengelabuimu agar memberikan informasi pribadi. Oleh karena itu, selalu periksa keaslian situs web atau sumber sebelum memberikan informasi pribadi atau OTP.

  1. Cara Menghindari Penipuan
  • Verifikasi Sumber: Pastikan penawaran berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Periksa situs web resmi perusahaan atau platform sebelum memberikan informasi pribadi.
  • Jangan Bagikan OTP: Tidak ada alasan bagi siapapun untuk meminta OTPmu melalui pesan teks atau email. Jangan pernah membagikannya kepada pihak yang tidak dikenal atau situs web yang meragukan.
  • Gunakan Keamanan Internet yang Baik: Pastikan menggunakan koneksi internet yang aman dan enkripsi HTTPS ketika berinteraksi dengan situs web yang meminta informasi pribadi.

Meskipun penawaran menarik dapat membuat kita tergoda, keamanan data pribadi harus selalu menjadi prioritas utama. Selalu berhati-hati saat berhadapan dengan penawaran yang meminta data pribadi dan OTP akan membantu melindungi dirimu terhindar dari potensi ancaman cyber. Pihak Atome tidak pernah meminta data dan informasi pribadi, kata sandi, CVV dan OTP. Pastikan kamu menerima dan terhubung dengan saluran resmi Atome seperti Instagram dan Tiktok resmi Atome.id.

Yuk sadari bahwa menjaga keamanan dan privasi adalah kunci agar terhindar dari kejahatan online!

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Mega Shopintar Indonesia
District 8 Treasury Tower 53rd floor Unit D Sudirman Lot 28
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 – 54
Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12190
PT Mega Shopintar Indonesia bekerjasama dengan PT Atome Finance Indonesia, yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Mega Shopintar Indonesia
Email: support@atome.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010