Blog

Jangan Takut Tampil Kasual Saat Menggunakan Jas

Jun 22 2021

Berbicara soal fashion biasanya selalu identik dengan wanita, tapi kali ini berbeda. Yap, karena kita akan membicarakan fashion pada pria. Tahukah kamu kalau pria dengan  tampilan yang keren itu sangat menarik? Oleh karena itu bagi kamu nih para pria mulailah tampil keren dengan memperhatikan apa yang sedang kamu gunakan. Baik itu dalam penampilan formal ataupun dalam penampilan kasualmu.

Tampil formal ataupun kasual yang kamu inginkan memang harus sesuai dengan keperluan yang akan kamu hadiri pada saat itu. Jika kamu akan tampil kasual, kamu bisa menggunakan pakaian-pakaian sederhana seperti kaos, celana jeans, hoodie, dan lain-lain. Sebaliknya, jika kamu akan tampil formal kamu bisa menggunakan jas, celana kain, kemeja, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana jika kamu ingin tampil kasual tapi menggunakan jas? Apakah bisa jas yang selalu dipakai untuk acara-acara formal justru malah kamu gunakan dengan gaya yang kasual? Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang hal itu, yuk kita cari tahu dulu apa itu jas dan ada berapa jenis jas yang ada di Indonesia.


Jas dan Jenisnya

Jas adalah baju resmi potongan Eropa yang berlengan panjang dan biasanya memiliki 1 sampai 3 kancing. Jas sendiri sering digunakan untuk acara formal yang mana sebelum menggunakan jas ini biasanya menggunakan kemeja. Outer yang satu ini akan mampu menjadi pelengkap tampilan formal dengan paduan celana kain katun.

Perbedaan jenis jas dapat dilihat dari model kancingnya, yaitu single breasted dan double breasted. Di Indonesia sendiri kebanyakan orang menggunakan jas model single breasted. Double breasted biasanya banyak digunakan oleh orang Eropa karena gaya ini cocok untuk orang yang bertubuh tinggi dan besar.

Jenis kedua yaitu terletak pada bagian belakang jas. Di bagian belakang ini terdapat  sobekan yang diberi nama “vent”. Terdapat 2 tipe untuk vent, yaitu single vent yang terletak di bagian tengah bawah jas, dan double vent yang terletak di bagian kanan-kiri bawah jas. Double vent ini berasal dari model Eropa, yang berfungsi untuk mempermudah jika kamu ingin memasukkan sesuatu ke saku belakang karena lebih fleksibel.

Paduan Casual Untuk Jas

Setelah membahas jenis jas, sekarang yuk kita bahas paduan apa saja yang cocok digunakan bersamaan dengan jas jika kamu ingin tampil kasual.

1. Menggunakan Kaos Dan Celana Jeans 

Pasti semua pria memiliki kaos oblong. Nah, kaos oblong ini bisa kamu gunakan sebagai dalaman sebelum kamu menggunakan jas. Kaos oblong merupakan fashion item yang kerap kita kenal sebagai pakaian untuk keseharian, tetapi tidak ada salahnya jika kamu memadukan kaos oblong ini dengan jas yang kamu miliki.

Hal yang perlu kamu perhatikan jika menggunakan kaos oblong sebagai dalaman adalah warnanya. Hindari menggunakan kaos dengan warna yang sama seperti jas yang kamu gunakan, karena hal itu hanya akan membuat tampilanmu tidak keren. Sebaiknya kamu menggunakan kaos berwarna netral atau gelap jika kamu memakai jas warna terang.

Pakailah kaos polos yang tidak memiliki gambar atau motif apapun. Pastikan bahwa kaos yang kamu kenakan adalah slim fit untuk menghindari pembesaran bentuk. Kamu juga perlu menghindari kaos dengan leher berbentuk “V”. Untuk bagian bawahnya, gunakanlah celana jeans, dengan warna yang sesuai paduan. Hindari celana jeans yang kebesaran. Pastikan bahwa celana jeans-mu pas untuk ukuran kakimu.

2. Memadukan Dengan Turtleneck Dan Celana Wol

Sweater rajut roll neck atau biasa disebut turtleneck cocok kamu gunakan dengan jas saat kamu membutuhkan kehangatan. Paduan ini cukup unik dan membuat tampilanmu tetap keren dan casual meskipun menggunakan jas. Sebagaimana saat menggunakan kaos, ukuran turtleneckmu harus pas di badanmu agar tidak terlihat aneh.

Biasanya paduan ini sangat pas jika kamu menggunakan jas berwarna gelap, sweater turtleneck berwarna krem, dan celana flanel atau celana tweed. Warna celana yang kamu pilih pun sebaiknya warna yang lebih gelap dari sweater turtleneckmu. Dengan paduan tersebut tentu saja penampilan kasualmu menggunakan jas akan terlihat lebih keren.

3. Menggunakan Celana Pendek

Terdengar aneh bukan menggunakan jas dengan bawahan celana pendek? Akan tetapi hal ini memang patut kamu coba kerena  fashion memang makin berkembang setiap tahunnya, jadi apa salahnya dengan fashion? Menggunakan celana pendek sebagai bawahan saat menggunakan jas menjadi salah satu pilihan jika kamu ingin tampil kasual dengan jas.

Tren memakai celana pendek saat menggunakan jas ini banyak dilakukan di negara-negara fashion, seperti Perancis, Korea, dan masih banyak lagi. Paduan jas dan celana pendek ini bisa memberi kesan kasual. Sebagai pelengkapnya, kamu bisa menggunakan kaos pada bagian dalam jas. Hal yang perlu diperhatikan adalah jas yang kamu gunakan harus model slim fit supaya tampilan kamu jadi lebih proporsional.

4. Menggunakan Sneakers

Saat memakai jas dalam acara formal, wajib hukumnya bagi kamu untuk memakai sepatu yang sesuai, yaitu pantofel. Tampilan formal dengan jas akan terdukung dengan baik jika sepatu yang kamu gunakan adalah sepatu yang tepat. Akan tetapi jika kamu ingin tampil kasual, kamu bisa menggunakan sneakers sebagai paduan. Gaya kasual kamu akan makin terlihat kala memadukan fashion dengan sepatu model seperti ini

Tidak ada yang baku dalam dunia fashion. Gaya bisa diubah sesuai dengan kebutuhanmu. Sebagaimana jika kamu ingin menggunakan jas hanya untuk bersantai atau pada acara-acara non formal. Pria yang menggunakan jas akan terkesan rapi, elegan, dan penuh wibawa. Apalagi di acara formal atau resmi, menggunakan jas merupakan opsi yang paling sering dipilih pria.

Jas membuat penampilan seseorang menjadi lebih berkelas. Gunakanlah jas yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. Jangan menggunakan jas yang terlalu besar ataupun terlalu kecil saat kamu gunakan. Agar tidak terjadi salah ukuran, kamu bisa memesan ukuran jasmu di Kings Tailor & Co. Dengan begitu tampilanmu pasti lebih keren dan mengesankan. Dan sekarang kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan Atome sebagai metode pembayaran saat membeli jas di Kings Tailor & Co dengan pilihan cicilan 3 atau 6 bulan.