Blog

Jitu Memilih Home Theater Berkualitas

Jun 03 2021

Menonton film saat ini sudah menjadi suatu rutinitas banyak orang. Dengan menonton film, kita bisa meredakan pikiran  yang suntuk bahkan dapat menghilangkan stres yang berkepanjangan. Sayangnya, di masa pandemik seperti ini rasanya kurang nyaman jika kita harus menonton film di bioskop yang dipenuhi oleh banyak orang. Adanya wabah Covid-19 membuat kita harus lebih aware jika harus berada di tempat umum.

Saat ini sudah tersedia sistem audio yang canggih yang bisa mendukung kamu untuk nonton film di rumah saja. Peralatan seperti ini biasanya disebut sebagai home theater. Home theater merupakan salah satu sistem audio yang dilengkapi dengan fitur audio 5 in 1 channel, 7 in 1 channel, dan 9 in 1 channel. Perangkat audio ini ternyata juga dilengkapi dengan berbagai fitur. Misalnya saja seperti jumlah speaker yang memiliki audio yang berbeda-beda.

Bagaimana Cara Yang Tepat Untuk Memasang Home Theater Di Rumah?

Meskipun hanya akan dipasang di rumah, namun kamu harus memperhatikan tata letak home theater dengan tepat ya. Karena dengan melakukan penempatan secara benar, akan membuatmu mendengarkan audio seperti di bioskop.

Nah, untuk memasang tata letak home theater ini akan lebih oke dan bagus jika kamu menggunakan tata letak 4 speaker R dan L yang terbagi atas front left, front right, left surround dan right surround. Untuk melakukan tata letak home theater yang benar, maka kamu bisa meletakkan front left dan front right di sisi sudut ruang depan TV. Selain itu, kamu bisa meletakkannya pada bagian tengah atau di bawah TV kamu bisa meletakkan speaker centre.

Di bagian sisi tengah kiri atau kanannya kamu bisa meletakkan speaker subwoofer di bagian sisi tengah kiri atau kanan. Sedangkan pada sisi sudut belakang ruangan akan diletakkan speaker left surround dan right surround.

Nah dengan kamu memasang peletakan home theater seperti itu, pasti dijamin kamu bakalan mendapatkan kualitas audio yang super duper asyik. Nonton film di rumah serasa di bioskop deh.

Apa Saja Fungsi Dari Home Theater?

Home theater biasanya lebih dikenal dan dikaitkan erat dengan home cinema. Namun, siapa sangka kalau perangkat yang satu ini tak hanya digunakan untuk menonton saja lho. Ternyata home theater ini juga bisa digunakan untuk karaoke juga lho. So, buat kamu yang suka menyanyi kamu bisa menggunakan home theater ini sebagai sarana untuk karaoke.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan speaker pasif yang mana bakal membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam karaoke, guys.

Bagaimana Cara Memilih Home Theater Yang Tepat?

Jika kamu sangat tertarik dengan home theater, kamu bisa mengikuti tips yang ada di bawah ini. Kamu bisa mengaplikasikannya jika kamu ingin membeli home theater tersebut. Apa aja sih tipsnya? Yuk mari disimak dengan baik ya.

1. Mempertimbangkan desain dan struktur ruangan

Memilih desain home theater bisa kamu sesuaikan dengan bentuk ruangan yang ada di rumahmu. Dengan menggunakan home theater, ini akan menambah estetika tersendiri di ruangan itu lho. Jadi jangan sampai kamu salah pilih ya.

2. Mempertimbangkan bar type dan kelengkapan yang ada pada amplifier surround

Memilih amplifier surround rupanya juga sangat dipertimbangkan lho. inilah salah satu komponen yang membuat home theater menjadi lebih mantap. Jadi kamu harus mempertimbangkan dengan sangat baik ya.

3. Konektivitas dan fitur pendukung

Agar lebih mudah dalam mengoperasikannya, kamu harus mengetahui teknologi dan konektivitas pendukung teknologi tersebut. Dengan menggunakan berbagai konektivitas dan fitur pendukung, kamu bisa menonton dengan fasilitas yang sangat nyaman dan mudah.

Apa Saja Rekomendasi Home Theater Terbaik?

Biar tak salah pilih, yuk simak 10 rekomendasi home theater terbaik di tahun 2021 ini.

1. Sony BDV-N9200W

Home theater yang satu ini sangat mudah terhubung dengan nirkabel lho. Harganya juga sangat terjangkau dan rupanya bisa mendukung visual 4k dengan sistem home cinema 5.1.  Selain itu, home theater ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi yang bisa mendukung kamu untuk terkoneksi dengan dunia maya.

Sayangnya home theater ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari home theater ini terkadang suka nge-hang. Jadi kadang bikin kurang nyaman gitu, guys.

2. Sony BDV-E4100

Fitur home theater yang satu ini hadir dengan kualitas super lho. Sony BDV-E4100 rupanya juga didesain dengan sangat bagus yang keren jika digunakan di rumah kamu. Tak hanya itu, fitur yang satu ini juga punya Wi-Fi bawaan yang juga dilengkapi dengan NFC. Kualitasnya juga tak kalah keren lho. Sayangnya, harga home theater yang satu ini lumayan mahal.

3. Samsung HT-J5530K/XD

Seperti home theater lainnya, fitur yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan kualitas high-end dan memiliki sistem channel 5.1.  Suara yang dihasilkan juga sangat bagus lho. Selain itu, terdapat Crystal Amplifier Plus yang juga dilengkapi dengan Dolby Digital Plus dan Dolby True HD.

4. LG LHB655NW

Tidak seperti yang lain, home theater yang satu ini memiliki speaker serat aramid yang bisa terkoneksikan dengan multi ruang. Selain itu, fitur yang satu ini juga dilengkapi dengan bluetooth yang bisa membantumu mudah dalam mengoperasikannya.

5. Panasonic SC-XH333

Yang satu ini memiliki kelebihan powerful bass-reflex subwoofer dan menggunakan sistem 5.1 channel. Selain itu, home theater yang satu ini juga bisa membantumu menampilkan film dan musik dengan bass terbaik yang pernah ada.

Itulah beberapa varian dan tips jitu dalam memilih home theater. Nah, buat kamu yang ingin membeli home theater tapi masih ragu, tenang saja, karena sekarang sudah ada fasilitas Atome yang bisa memudahkan kamu dalam bertransaksi elektronik untuk perlengkapan di rumah kamu. Yuk tunggu apalagi? Buruan beli.