Macam-macam metode budgeting

oleh rwt

Oct 27 2023

Hai Atomees! Siapa dari kamu yang masih bingung bagaimana cara mengatur keuangan? Atau kamu belum tau ada berbagai metode untuk mengatur keuangan? Tenang, yuk kita bahas bareng!

Dalam mengatur keuangan tentunya kita memiliki metode yang berbeda-beda karena harus disesuaikan dengan tujuan, kebutuhan dan profil resiko keuangan kita. Berikut berbagai macam metode budgeting yang umum digunakan dan bisa kamu jadikan referensi nih!

  1. Metode 80:20

Metode ini juga biasa disebut dengan metode Pareto, di mana kamu bisa mengatur keuangan dengan mengalokasikan 80% pendapatan/ gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan 20% untuk menabung/ investasi. Eits.. Tapi kalo kamu mau nabung lebih dari 20% boleh banget kok! Metode ini cocok untuk digunakan mengatur keuangan pribadi bagi kamu yang baru mau memulai budgeting/ menyusun anggaran.

  1. Metode 50:30:20

Nah metode budgeting yang satu ini mengarahkan mu untuk membagi pendapatan/ gaji menjadi 3 bagian, Yaitu 50% untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan pribadi atau hiburan dan 20% untuk menabung/ investasi. Kalau menggunakan metode ini, kamu harus memastikan bahwa 50% dari pendapatanmu bisa memenuhi segala kebutuhan pokok atau tagihan bulanan.

  1. Metode 40:30:20:10

Metode ini mengarahkan kamu mengelola atau membuat budgeting dengan membagi pendapatan sejumlah 40% digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk memenuhi kewajiban atau membayar cicilan, 20% untuk kebutuhan investasi, sedangkan 10% untuk kebutuhan asuransi dan zakat.

Nah itu dia beberapa metode budgeting/ keuangan yang umum digunakan. Setiap metode budgeting memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri, pastikan kamu memilh dengan tepat, karena dengan budgeting bulanan yang tepat dan dilakukan secara konsisten maka pendaptan dan pengeluaran lebih terkendali dan tujuan keuangan bisa segera diraih.

Jadi, mana metode mengelola keuangan yang ingin kamu gunakan?

PT Mega Shopintar Indonesia bekerja sama dengan PT Atome Finance Indonesia yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Main keywords of the article:

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Atome Finance Indonesia
Treasury Tower Lantai 16 Unit J
Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53
Lot 28, Senayan, Kebayoran Baru,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI
Jakarta, 12190
PT Atome Finance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Atome Finance Indonesia
Email: support@atome.id
Atome paylater: (021) 50251717
Atome card: (021) 50711722

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010