Manfaat journaling dan rekomendasi peralatan yang dibutuhkan

Sep 28 2022

Pernah mendengar istilah journaling? Saat ini banyak orang menyarankan journaling sebagai salah satu coping stres yang cukup murah dan mudah. Metodenya cukup dengan menulis, menggambar, atau sekadar membubuhkan coretan. Alat yang dibutuhkan juga cukup sederhana dan mudah didapatkan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Journaling

Journaling adalah kegiatan menuliskan segala pikiran dan perasaan ke dalam sebuah buku secara rutin. Lantas, apa bedanya dengan menulis diary? Jika diary, umumnya seseorang hanya menuliskan pengalaman sehari – hari sebagai bahan refleksi. Sedangkan bahan tulisan dalam journaling lebih luas lagi. Bisa berisi hal – hal yang kamu syukuri, daftar tugas yang harus diselesaikan, hingga menempelkan barang berharga sebagai kenang – kenangan. Selain berupa tulisan, biasanya journaling juga dilengkapi gambar atau stiker sebagai hiasan. Karena maknanya yang begitu luas, saat ini ada beberapa pembagian jenis pembuatan jurnal, di antaranya:

  • Bullet Journal yang berisi daftar goals atau to-do list harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.
  • Gratitude Journal untuk menuliskan hal – hal yang kamu syukuri setiap harinya untuk membentuk positive vibes setiap harinya.
  • Idea Journal untuk mencatat ide. Baik itu ide karya, project tertentu, hingga mind map untuk merencanakan cara mewujudkannya.
  • Finance Journal untuk mencatat keuangan sehari – hari, mulai dari pemasukan, pengeluaran, atau rencana anggaran belanja.
  • Scrapbook Journal untuk mengumpulkan tempelan kertas, stiker, atau material lain yang kamu suka sebagai kenang – kenangan.

Manfaat Journaling  

Jika dilakukan secara rutin, journaling bisa memberi banyak manfaat bagi orang yang melakukannya, antara lain:

  • Mempertajam ingatan, terutama saat membuat mind map atau to do list harian.
  • Meningkatkan kemampuan menulis, karena journaling membantumu menuliskan berbagai ide, pikiran, atau hal – hal yang ingin dikenang.
  • Memudahkan mencapai tujuan yang diinginkan dengan menuliskan goals jangka panjang dan pendek.
  • Meningkatkan kreativitas dalam berkarya, terutama yang berkaitan dengan menulis, mendesain, menggambar, mewarnai, dan menghias.
  • Menghilangkan pikiran – pikiran negatif, terutama saat menuliskan kata – kata motivasi atau hal – hal yang kamu syukuri setiap harinya.
  • Menghilangkan stres, di mana kamu bisa melakukan aktivitas secara lebih rileks tanpa beban atau paksaan.

Rekomendasi Peralatan Journaling Dari Typo

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam membuat jurnal.Tentukan jenis jurnal yang akan kamu buat terlebih dahulu, apakah nantinya berisi to do list, mind map, jurnal syukur, dan lain sebagainya. Lalu bebaskan dirimu untuk menuangkan segala kreatifitas, mulai dari menulis hingga menambah gambar, stiker, foto, atau doodle. Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan journaling yang dibutuhkan. Sebagai rekomendasi, coba pertimbangkan perlengkapan journaling premium dari Typo berikut ini.

1. Notebook

Peralatan journaling paling dasar adalah media jurnalnya, bisa berupa notebook atau buku catatan biasa yang umumnya bergaris.

Rekomendasi: TypoA5 Buffalo Journal. Buku catatan yang berisi 180 halaman bergaris ukuran A5. Sampulnya hardcover, serta dilengkapi pita sebagai penanda halaman. Harga: Rp179.900.

2. Sketch Book

Jika kamu ingin lebih leluasa menambahkan gambar dalam jurnal, gunakan sketch book yang berisi lembaran polos.

Rekomendasi: Typo A4 Spiral Sketch Book. Berisi 60 lembar kertas 110 gsm polos yang dijilid spiral. Sampulnya hardcover dan tersedia dalam beberapa warna. Harga: Rp199.900.

3. Planner Atau Journal Book

Saat ini juga ada buku khusus yang didesain untuk journal book. Biasanya isi di dalamnya telah dilengkapi tabel weekly planner, monthly planner, atau template jurnal lainnya.

Rekomendasi: Typo A5 Activity Journal. Buku untuk journaling yang dilengkapi tabel weekly planner untuk memudahkanmu menulis to do list. Harga: Rp179.900.

4. Pensil

Pensil berguna untuk membuat sketsa atau ilustrasi tertentu sebagai hiasan jurnalmu. Tentunya agar gambar yang belum final tersebut lebih mudah dihapus jika terjadi kesalahan.

Rekomendasi: Typo Sketch Pencil Tin 12Pk. Berisi 12 Pensil dalam berbagai varian, yaitu 6B, 5B, 4B, 3B, 2B, B,HB, H, 2H, 3H, 4H, dan 5H. Berbahan kayu dan ideal untuk menulis ataupun menggambar sketsa. Harga: Rp179.000.

5. Bolpoin

Untuk memaksimalkan ketajaman tulisan dan gambar, siapkan juga bolpoin berisi tinta hitam atau warna lainnya yang kamu suka.

Rekomendasi: Typo Black Ink Flow Writer 3Pk. Berisi 3 bolpoin tinta hitam dengan warna pembungkus yang berbeda. Dimensinya 15 x 0.8 cm dengan ketajaman tinta sekitar 1.0 mm. Harga: Rp59.900.

6. Spidol Atau Marker

Spidol warna – warni bisa membantumu lebih leluasa dalam berkreasi, terutama untuk membuat tipografi pada judul, menambah gambar, dan lain sebagainya.

Rekomendasi: Typo Dual Markers 6Pk. Spidol warna – warni dengan ujung yang fleksibel untuk membuat goresan dalam berbagai ukuran, termasuk garis halus. Harga: Rp119.900.

7. Highlighter

Siapkan juga highlighter warna favoritmu untuk menandai beberapa bagian isi jurnal, misalnya mencoret daftar tugas yang telah diselesaikan, dan lain lain.

Rekomendasi: Typo The Square Up Highlighter 5Pk. Highlighter dengan chisel tip 2-5 mm yang memiliki lima variasi warna cantik dan cepat kering. Harga: Rp119.900.

8. Sticky Note 

Kertas ini berguna jika ingin menempelkan to do list ke dalam jurnal, sehingga kamu tidak perlu membuat tabelnya secara manual.

Rekomendasi:Typo Make A List 3Pk. Lembaran kertas dengan dimensi 148 x 210 x 8,3 mm yang terdiri dalam beberapa pilihan warna. Harga: Rp100.000.

9. Selotip

Selotip berguna sebagai peralatan pendukung, baik itu sebagai hiasan jurnal ataupun untuk menempelkan material tertentu ke dalam buku.

Rekomendasi: Typo Washi Tape 5Pk. Selotip dengan lima motif dan warna cantik yang berbeda. Teksturya berupa kertas dan mudah dilepas. Harga: Rp109.900.

10. Stiker

Stiker juga berguna sebagai hiasan jurnal agar terlihat lebih menarik. Pilih gambar stiker yang kamu suka atau menyesuaikan isi jurnal yang kamu buat.

Rekomendasi: Typo Licensed Sticker Pack. Berisi beberapa varian stiker dengan gambar yang berbeda – beda. Terbuat dari bahan PP dan dilengkapi perekat yang awet. Harga: Rp49.900.

11. Paket Scrapbook  

Saat ini juga banyak yang menjual paket produk khusus untuk membuat journal atau scrapbook secara mandiri. Jadi, kamu tak perlu memberi peralatan journaling satu per satu, tapi langsung dalam satu paket sekaligus.

Rekomendasi: Typo DIY Scrapbook Kit – Daisy Warped. Paket berisi 1 binder book, 5 paper printouts, 6 amplop mini, serta 2 selotip, 3 stiker, dan 5 diecut shapes. Harga: Rp299.900.

Belanja Semuanya Di Typo Indonesia

Semua rekomendasi perlengkapan journaling di atas bisa kamu dapatkan di Typo. Sebuah peritel ternama di bawah naungan brand Cotton On yang menyediakan beragam kebutuhan alat tulis, stationery, dekorasi,dan aksesori unik. Saat ini jumlah gerainya mencapai lebih dari 250 toko yang tersebar di 14 negara, termasuk Indonesia. Berikut beberapa lokasinya:

  • Jakarta: Gandaria City Mall, Grand Indonesia Shopping Town, Kota Kasablanka Mall, Lotte Shopping Avenue, Pejaten Village.
  • Bandung: Paris Van Java Mall.
  • Medan: Deli Park Podomoro City.

Langsung kunjungi salah satu gerai Typo terdekat dari tempat tinggalmu. Tak perlu khawatir jika di kotamu belum ada official store-nya. Cukup belanja secara online di website resmi Typo Online kapanpun dan di mana pun. Gunakan metode pembayaran Atome saat checkout atau bayar ke kasir untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Bayar tagihan sesuai nominal transaksi, tanpa perlu bayar DP atau biaya admin. Bahkan, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 6.500 merchant lainnya yang bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, download dan pakai Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: