Blog

Pilihan Model Gamis 2021 Untuk Remaja

Masa remaja adalah masa yang paling indah, karena di masa inilah para remaja bisa leluasa mengekspresikan diri mereka, termasuk salah satunya melalui pakaian. Model pakaian untuk remaja sangatlah banyak, bahkan mendominasi di pasaran industri fashion Indonesia, salah satunya adalah model pakaian gamis khusus untuk para remaja dan anak muda kekinian.

Siapa yang tidak kenal dengan gamis? Busana yang sering digunakan pada hari besar keagamaan ini kini perlahan mulai dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gamis memiliki dua arti, yakni kemeja Arab dan baju panjang yang menutupi mata kaki dengan potongan atau cutting longgar.

Gamis panjang adalah pakaian yang biasa dikenakan oleh para perempuan berhijab. Dress panjang untuk remaja ini kini memiliki model yang lebih up to date dengan perpaduan nuansa warna-warna yang cerah. Selain itu gamis remaja masa kini juga tak kalah bagusnya karena terbuat dari bahan-bahan berkualitas, yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi nyaman.

Tren busana gamis di Indonesia semakin menarik perhatian. Hal ini tentu saja tak lepas dari peran masyarakat dan desainer ahli dalam menciptakan model-model terbaru masa kini. Bahan yang digunakan pun beraneka ragam, mulai dari balotelli sampai sutra. Berikut adalah pilihan gamis remaja terbaik dan terbaru yang tersedia:

  • Gamis Kasual – Harga mulai dari Rp 99.000

Model gamis kasual ini cocok dikenakan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Dress panjang ini kebanyakan terbuat dari bahan balotelli atau kain katun yang tebal dan tidak menerawang. Terdapat perbedaan antara kain katun dengan kain balotelli, kain balotelli memiliki serat jika dilihat secara mendetail, beda dengan kain katun yang tidak memiliki serat.

  • Gamis Tenun – Harga mulai dari Rp 130.000

Gamis tenun menjadi pilihan yang tepat untuk menghadiri acara formal. Bahan yang digunakan adalah kombinasi dari kain balotelli dan kain katun. Perpaduan yang pas ini membuatnya terlihat lebih trendi, elegan, dan berkesan etnik.

  • Gamis Pesta – Harga mulai Rp 130.000-an

Gamis remaja yang satu ini didesain khusus untuk mereka yang ingin menghadiri acara pesta ataupun acara formal di malam hari. Terbuat dari bahan brokat yang mewah dan elegan dilengkapi dengan kain puring di bagian dalamnya, menjadikan dress ini nyaman saat dikenakan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi.

Ada juga beberapa brand yang mengeluarkan gamis-gamis versi remaja, dewasa dan busui dengan pilihan yang bermacam-macam. Mari langsung kita lihat merek apa saja yang tersedia untuk gamis anak, remaja dan dewasa ini.

1. Rabbani

Rabbani adalah salah satu brand yang fokus terhadap produksi pakaian-pakaian muslim. Pakaian muslim pria, wanita, remaja, anak-anak dan gamis ibu menyusui pun ada di toko ini. Koleksi-koleksi Rabbani sangat kekinian, menarik dan cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari ataupun acara formal.

2. Elzatta

Koleksi pakaian muslim keluaran Elzatta sangatlah fashionable. Model pakaian dari store yang satu ini ada untuk anak-anak, remaja, dan ibu-ibu. Selain memproduksi model-model gamis, Elzatta juga menjual tunik, bergo dan khimar sebagai pelengkapnya.

3. Shafira

Shafira didirikan di Bandung pada tahun 1989, dan sampai saat ini tetap konsisten memproduksi pakaian muslim. Produk yang dikeluarkan Shafira sangat beragam, mulai dari gamis, baju koko hingga aksesoris muslim wanita.

4. Meccanism

Meccanism adalah produk milik artis Indonesia Zaskia Adya Mecca. Meski brand Meccanism terbilang baru, namun masyarakat luas sudah cukup mengenal dan mengetahui semua koleksi dari Meccanism. Produk koleksi Zaskia Adya Mecca ini mempopulerkan kain-kain tradisional Indonesia yang diubah menjadi tunik dan gamis modern sehingga terlihat fashionable dan kekinian. Target market mereka juga menyasar pada remaja, dewasa, dan ibu-ibu muda.

5. Zoya

Brand lokal Indonesia yang satu ini sudah mendominasi pasaran produk muslim di tanah air. Tidak heran jika gerai dan butik Zoya bisa kita temukan di kota-kota besar di Indonesia. Zoya hampir sama dengan Meccanism, menawarkan pakaian muslim dengan konsep yang kekinian, anak muda serta penuh warna.

Demikianlah beberapa brand-brand yang memproduksi fashion untuk kaum muslim yang telah berkembang pesat di Indonesia belakangan ini. Selain brand dan model, disarankan di saat membeli gamis untuk memperhatikan bahan dasar gamis yang digunakan. Saran untuk yang ingin membeli gamis, pilihlah bahan yang berkualitas yang menyerap keringat, lembut, tidak menerawang dan nyaman saat digunakan, seperti:

  • Bahan Sutra

Sutra adalah bahan premium di kelasnya, di mana dalam pembuatan kain sutra memanfaatkan ulat sutra sebagai bahan utamanya. Menggunakan gamis sutra akan memberikan kamu kenyamanan yang luar biasa, terlihat anggun dan mewah. Sehingga gamis sutra hanya cocok digunakan untuk acara pesta yang sifatnya formal.

  • Bahan Linen

Hampir sama seperti sutra, bahan linen juga terbuat dari bahan alami yang berkualitas. Linen terbuat dari serat tumbuhan yang disebut sebagai rami. Ciri khas dari kain linen adalah akan terasa tebal dan detail serat-serat ketika kamu menyentuhnya dengan seksama. Lebih dari itu, kelebihan linen juga sama dengan sutra, yaitu sangat lembut, sejuk, dan tebal.

  • Bahan Katun

Kain katun terkenal dengan kelembutannya, dingin, dan sejuk saat dikenakan. Karena kelebihannya, yaitu mampu menyerap keringat menjadikan katun sebagai bahan yang dipercaya untuk pembuatan baju anak-anak.

  • Bahan Satin

Buat kamu yang ingin mengenakan gamis ke pesta, bahan satin adalah pilihan yang terbaik. Bahannya yang mengilap dan halus ketika disentuh membuat banyak yang mengira satin adalah sutra. Tapi kenyataannya satin dan sutra sangatlah berbeda. Kain satin memiliki perawatan yang ekstra ketika dijadikan pakaian. Ketahanannya yang sangat rapuh, membuat satin tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci dan tidak boleh disetrika dengan suhu tinggi.

  • Bahan Balotelli

Bahan balotelli memiliki keunggulan tidak menerawang, tebal, dan memiliki serat yang rapat. Selain difavoritkan oleh banyak orang termasuk desainer, bahan balotelli memiliki varian warna dan motif yang cukup lengkap.

Itulah beberapa koleksi terbaik gamis remaja atau anak muda yang bisa dijadikan inspirasi dalam mencari gamis baru khusus hari raya nanti. Selain model dan brand, perhatikan juga jenis bahannya, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Happy shopping!