Blog

Sebuah Tips Membeli Pakaian

Jun 18 2021

Alkisah, hiduplah seorang wanita bernama Hana. Ia tinggal di lingkungan perkotaan yang padat. Suatu hari, seorang teman mendapati Hana sedang terlihat murung dan sedih. Teman itu bertanya ada apa dengannya. Ternyata Hana sedang menyesal akan sesuatu yang telah dilakukannya. Ia telah membeli pakaian dan tas untuk dirinya akan tetapi ternyata pakaian itu tidak cocok ia gunakan. Padahal pakaian itu terlihat cukup bagus dan stylish.

Pernahkah kamu mengalami cerita seperti yang dialami oleh Hana? Kamu membeli baju yang terlihat begitu bagus akan tetapi ketika kamu gunakan ternyata pakaian tersebut terlihat kurang cocok untuk kamu. Nah, agar terhindar dari masalah semacam itu, kamu perlu menghindari beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat membeli pakaian. Yuk, simak penjelasan berikut.

Membeli Karena Diskon

Hanya karena sedang ada diskon pakaian, kamu tidak boleh dengan mudah lalu tergoda untuk membeli pakaian. Cobalah kembali pikirkan, apakah kamu sedang membutuhkan pakaian tersebut atau tidak. Lihatlah pakaian tersebut dari segi fungsinya. Belilah pakaian karena kamu butuh bukan karena ingin. Memang sih terkadang kita boleh untuk membeli pakaian hanya karena ingin, akan tetapi hal itu masih memerlukan banyak pertimbangan lainnya.

Sebagai contoh, kamu memiliki hoodie sebanyak 5. Akan tetapi karena adanya diskon hoodie di mal yang kamu kunjungi, kamu akhirnya memutuskan untuk membeli hoodie lagi, padahal hoodiemu sudah lebih dari cukup. Ditambah lagi, kamu juga sudah memiliki hoodie dengan warna yang sama.

Jika pada akhirnya kamu merasa cukup dengan pakaian yang sudah kamu miliki, maka tundalah terlebih dulu membeli pakaian. Namun jika kamu merasa kurang, kamu bisa mix and match pakaian yang kamu miliki. Inilah cara terbaik untuk menghemat uangmu. Membeli pakaian hanya karena sedang diskon adalah hal yang kurang bijak.

Membeli Karena Sedang Hype

Mengikuti model pakaian yang sedang tren tidak akan pernah ada habisnya, justru yang semakin habis adalah uangmu. Bagaimana tidak, pada kenyataannya dunia fashion memang sering berganti. Hari ini sedang tren menggunakan jumpsuit, besok tren menggunakan kulot, besoknya lagi tren menggunakan rok panjang, dan seterusnya, seakan tak pernah berakhir.

Pertanyaannya adalah, apakah kamu mau kantongmu terkuras habis hanya karena mengikuti tren yang ada? Menghabiskan banyak uang hanya untuk mengikuti tren yang sedang ada bukanlah sesuatu yang tepat. Selain kamu hanya mengurangi tabunganmu, hal itu juga dapat membuat lemarimu semakin penuh dan kamu semakin bingung menggunakan pakaian yang mana. Dan hasilnya justru kamu akan menggunakan pakaian yang itu-itu saja

Membeli Pakaian Yang Membuatmu Tidak Percaya Diri

Buat apa membeli pakaian jika pada ujungnya kamu tidak percaya diri untuk menggunakan pakaian tersebut? Entah itu karena modelnya, kainnya, atau bahkan warnanya. Kamu hanya membeli pakaian karena keinginanmu belaka, yang mana hal tersebut dapat merugikan dirimu sendiri ke depannya.

Sebelum kamu membeli baju di toko dan mencobanya, dan kemudian merasa tidak sepenuhnya suka dan cocok dengan pakaian tersebut, maka jangan beli pakaian tersebut. Karena meskipun kamu berpikir akan mengenakannya suatu saat nanti, kemungkinan besar hal itu tidak akan terjadi.

Membeli Pakaian Yang Tidak Sesuai Dengan Ukuran

Jika pakaian yang kamu beli tidak pas untuk kamu gunakan, akan tetapi kamu berpikir bahwa kamu akan menurunkan berat badan, maka jangan beli pakaian tersebut. Hal seperti ini akan merugikan dirimu sendiri. Alih-alih bersemangat menurunkan berat badan, yang ada kamu malah lupa kalau memiliki baju yang tidak pas untuk kamu gunakan, baik itu baju yang kekecilan atau kebesaran.

Belilah pakaian yang sesuai dengan ukuranmu saat itu juga, bukan ukuran yang kamu  rencanakan di waktu mendatang. Jangan membuang uang untuk membeli pakaian yang tidak akan kamu gunakan. Jika kamu tenggelam dalam pakaian, itu artinya ukurannya terlalu besar untukmu. Jadi pilihlah ukuran yang lebih kecil. Sebaliknya, jika pakaian yang kamu pilih terlalu ketat, maka gantilah dengan ukuran lain yang lebih besar.

Menentukan Budget Tersendiri Untuk Membeli Pakaian

Tanpa adanya rencana keuangan atau budgeting, kamu akan menjadi boros. Kamu tidak akan merasa membeli banyak hal, khususnya pakaian jika kamu tidak melakukan budgeting.  Salah satu pemborosan pada pakaian terjadi karena tindakan impulsif atau sama sekali tidak ada perencanaan keuangan. Begitu melihat pakaian yang bagus, kamu akan langsung membelinya tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

Nah, agar kamu tidak boros dalam membeli pakaian, kamu harus merancang biaya pengeluaran untuk pakaianmu. Jangan sampai membeli baju karena modelnya yang cantik atau menarik, akan tetapi kamu tidak meperhatikan keuanganmu.

Mengutamakan Kualitas

Selain warna dan model, kualitas harus menjadi perhatian saat membeli pakaian Hal ini perlu dipertimbangkan agar kamu tak menyesal saat pakaian menyusut atau robek setelah dicuci. Luangkanlah waktumu untuk memeriksa setiap detail jahitan, agar tidak ada cacat pada barang yang ingin kamu beli. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa bagian lainnya untuk memastikan barang tersebut berkualitas untuk kamu.

Kualitas pakaian menjadi salah pertimbangan paling penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli baju. Semakin baik kualitas barang, semakin awet pula barang itu. Jadi pilihlah pakaian dengan kualitas yang baik agar awet dan tahan lama seperti Bershka. Bershka telah terjamin memiliki kualitas yang bagus dan berkualitas sehingga kamu akan merasakan banyak manfaat jika membelinya.

Bagi sebagian orang, berbelanja pakaian bisa menjadi kegiatan yang sulit dan membingungkan. Dengan adanya tips-tips di atas, diharapkan kamu akan terbantu untuk menentukan baju yang kamu butuhkan. Jadi kamu tidak perlu khawatir menyesal sebagaimana yang dirasakan oleh Hana ya. Dan lagi tentukan budget pengeluaran bulananmu dengan Atome, karena Atome akan merinci setiap pengeluaran yang harus kamu keluarkan untuk pembayaran tiap bulannya. Selain itu, dengan mempergunakan Atome, kamu pun dijamin akan mendapatkan banyak diskon saat berbelanja di Bershka. Jadi, buruan pakai Atome untuk belanja baju berkualitas hanya di Bershka!