Blog

Standard Chartered Siapkan Rp7,1 Triliun untuk Disalurkan Atome Financial

Dec 30 2021

Induk perusahaan Kredit Pintar, Atome Financial, menjalin kerja sama strategis multi-produk jangka panjang dengan Standard Chartered. Kerja sama dengan jangka waktu 10 tahun ini mencakup penyaluran pembiayaan dari Standard Chartered sebesar US$500 juta (sekitar Rp7,1 triliun).

Di tahap awal kolaborasi, kedua perusahaan akan meluncurkan layanan paylater di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Kerja sama kedua perusahaan akan dikembangkan dengan menyediakan produk pinjaman digital.

Dengan dua produk yang akan diluncurkan, Atome Financial dan Standard Chartered menargetkan untuk menjangkau lebih dari 16 juta pengguna pada tahun 2025 dan mengambil bagian dari pangsa pasar pinjaman digital di Asia Tenggara yang diperkirakan mencapai US$92 miliar (sekitar Rp1.308 triliun) pada tahun 2025.

Di Indonesia, Atome Financial menyediakan layanan paylater dengan bekerja sama dengan grup ritel dan platform e-commerce melalui unit bisnis bernama Atome. Anak perusahaan Advance Intelligence Group ini juga menaungi aplikasi pinjaman online Kredit Pintar yang sudah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kerja sama ini juga memungkinkan Atome Financial untuk meningkatkan pertumbuhan dan menjembatani ekosistem merchant ke basis pengguna yang lebih luas. Co-founder dan CEO Atome Financial, Jefferson Chen mengungkapkan bahwa kemitraan dengan Standard Chartered memungkinkan perusahaannya untuk memperluas jaringan merchant dan membantu penjual ritel meningkatkan basis pelanggan mereka.

“Kemitraan dengan Atome Financial ini memberi kami kesempatan untuk menjadi bagian dari ekosistem keuangan konsumen digital yang sedang berkembang pesat dan menyediakan produk keuangan digital yang relevan untuk klien,” ujar Judy Hsu, CEO Consumer, Private and Business Banking Standard Chartered Bank.