Blog

Tepat Memilih Foundation Wajah Untuk Hasil Sempurna

Natural beige? Natural? Creamy Natural? Medium? Dan sederet pilihan nama warna foundation lainnya terkadang membuat kita bingung. Mencoba foundation di punggung tangan sebenarnya cara yang tidak tepat. Karena masih besar kemungkinannya tetap tidak cocok warnanya ketika dipakai di wajah. Yuk, simak cara tepat memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit berikut ini.

Cara Tepat Memilih Shade Foundation Sesuai Warna Kulit

Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit sangatlah penting agar makeup tampak lebih natural dan tidak jadi oksidasi atau terlihat meng-abu. Soalnya, jika kamu memilih shade foundation yang terlalu terang atau terlalu gelap bagi kulit pasti akan oksidasi, sehingga terlihat sangat tidak bagus bahkan jadi gelap dan kusam. Untuk itu, kamu wajib tahu cara memilih shade foundation sesuai dengan warna kulit berikut ini.

1. Cari tahu undertone kulit dengan melihat urat nadi

Mengetahui warna undertone kulit terkadang gampang tapi susah. Tapi begitu mengetahuinya akan sangat bermanfaat. Cara untuk mengetahui undertone kulit adalah dengan melihat bagian urat nadi.

Kalau urat nadi terlihat berwarna biru, maka undertone-mu adalah cool. Kalau warna urat nadi terlihat hijau, maka undertone kulitmu adalah warm. Terakhir, kalau warnanya biru kehijauan atau hijau kebiruan, kemungkinan undertone kulitmu adalah neutral.

Kulit Putih

Jika kamu mempunyai kulit berwarna putih atau undertone cool, pilih foundation yang tidak membuat kulitmu semakin pucat. Seperti warna pink, ivory, atau bronze.

Kuning Langsat

Biasanya, kulit dengan undertone warm atau kuning langsat tidak begitu susah mencari warna foundation yang cocok dengan kulit wajah. Kamu bisa mencari warna shade seperti yellow, beige, golden, honey, atau caramel. Sesuaikan dengan tingakatan warna kulit, lebih terang atau lebih gelap.

Sawo Matang

Terakhir adalah kulit yang punya undertone neutral atau sawo matang. Kamu bisa pilih foundation yang punya varian warna seperti natural beigebeigewalnut, atau espresso.

2. Pipi atau leher, mana area yang pas untuk mencobanya?

Daripada mencoba foundation di tangan, lebih baik coba langsung di bagian pipi atau leher. Kalau mau coba di pipi, oleskan foundation di area bawah mata. Bandingkan tiga warna foundation yang paling dekat dengan warna kulit. Setelah dibaurkan, lalu pilih warna yang paling cocok.

Kalau kulit wajahmu lebih terang daripada leher, coba oleskan foundation di bagian leher. Pilih warna foundation yang warnanya mendekati bagian leher. Kalau warna leher lebih gelap, pilih yang lebih gelap atau sebaliknya.

3. Cari tahu arti angka dan huruf pada kemasan yang menandakan undertone foundation

Perhatikan deskripsi angka dan huruf yang ada di kemasan produk. Kalau kulitmu putih atau kuning langsat, cari shade foundation dengan angka 10 dan 20. Kalau kulitmu sawo matang atau lebih gelap, cari shade dengan angka besar seperti  27, 37 hingga 40.

Perhatikan juga label hurufnya untuk mengetahui jenis undertone kulit yang cocok dengan kulitmu. 

C = Cool

W = Warm

N = Neutral

4. Coba di bawah pencahayaan yang netral agar hasilnya cocok

Langkah berikutnya adalah mencoba foundation di tempat dengan pencahayaan yang baik, terutama cahaya alami, seperti dekat jendela atau sinar matahari. Kalau mencoba di bawah lampu, apalagi warnanya kuning, akan membuat kulit berbeda dengan warna asli alas bedaknya.

Kalau beli di toko yang memiliki counter makeup sendiri? Jangan gengsi dan ragu untuk memakai produk selama 15 menit sebelum benar-benar membelinya. Hal ini dikarenakan ada beberapa produk yang mengalami perubahan warna asli setelah diaplikasikan pada kulit.

5. Jika sudah terlanjur beli dan tidak cocok, campurkan dengan foundation lain untuk mendapatkan warna yang sesuai

Sudah terlanjur beli tapi ternyata warnanya tidak cocok dengan kulitmu? Jangan langsung dibuang atau dijual. Coba dulu campurkan dengan foundation atau concealer milikmu. Kalau warnanya lebih gelap campurkan dengan foundation atau concealer-mu yang lebih terang dan sebaliknya.

6. Biarkan foundation menempel di kulit untuk beberapa saat

Saat kamu mencoba foundation di counter makeup, jangan langsung memutuskan untuk membelinya sesaat setelah kamu mencobanya. Soalnya selain melihat shade-nya cocok dengan kulitmu atau tidak, kamu juga perlu tahu bagaimana reaksi yang ditimbulkan foundation itu di kulitmu.

Jadi, misalnya kamu coba mengapliskasikan foundation tersebut pada leher atau bagian pipi dekat rahang, maka tunggu beberapa saat, jangan langsung dihapus. Kamu bisa coba keliling-keliling dulu di toko atau mal tersebut sambil melihat produk lainnya, sekitar 15-20 menit.

Dengan begitu kamu akan bisa merasakan reaksi foundation tersebut di kulitmu, apakah dia oksidasi (menggelap)? Soalnya meski kamu merasa shade yang kamu pilih sudah tepat, tapi kalau foundation-nya oksidasi di kulitmu, hasilnya tidak akan bagus. Kulit akhirnya akan terlihat gelap dan kusam. 

7. Cek juga formula dan kandungannya agar sesuai dengan jenis kulitmu

Selain shade dan warna, cara tepat memilih foundation selanjutnya adalah wajib perhatikan formula foundation agar sesuai dengan jenis atau masalah kulitmu. Hal ini penting karena kalau tidak sesuai dengan jenis kulitmu, foundation-nya tidak akan tahan lama di wajah dan percuma saja meski sudah menggunakan yang shade-nya pas.

Untuk kamu yang kulitnya berminyak dan cenderung berjerawat, maka hindari foundation yang oil-based. Pilih yang water-based, ringan dan non-comdogenic agar tidak menyumbat pori, memicu produksi sebum dan akhirnya menimbulkan jerawat di wajahmu.

Lalu, untuk kamu yang kulitnya cenderung kering, pilih foundation yang menghidrasi. Foundation oil-based bisa jadi cocok untukmu dan hindari foundation yang terlalu kental atau padat karena akan lebih mudah terlihat cakey dan crack di kulit kering. Sedangkan untuk kamu yang kulitnya sensitif, hindari foundation yang mengandung pewangi terlalu kuat, alkohol dan paraben. Setelah tahu cara memilih shade foundation yang tepat ini, jangan sampai kamu salah pilih lagi ya!

Nah, buat kamu yang sedang mencari shade foundation ataupun makeup lainnya, sekarang tidak perlu susah lagi. Kamu bisa berbelanja produk Sephora di aplikasi Atome, di mana kamu pun bisa mendapat kemudahan pembayaran dengan cicilan 3 atau 6 bulan jika memilih Atome sebagai metode pembayarannya. Selain itu Atome pun 0% tanpa bunga dan tak perlu ribet menggunakan kartu kredit. Jadi, tunggu apalagi?