Blog

Tips Belanja Aman Dan Nyaman Di Masa PPKM

Jul 21 2021

Pandemi Covid19 telah menjadikan cara berbelanja kita sehari-hari menjadi berubah, khususnya di masa PPKM ini. PPKM membuat banyak aktivitas terbatasi sehingga menjadi kurang efisien. Apalagi jika kamu tidak melakukan belanja secara online, melainkan langsung datang ke lokasi untuk berbelanja. 

Agar kamu tidak kebingungan dan takut dalam menjalankan rutinitas belanja di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM ini, yuk, ikuti tips belanjanya agar kamu tetap aman dan terlindungi pada saat berbelanja.

1. Memastikan Bahwa Diri Kamu Sehat

Sebelum pergi ke manapun, termasuk saat pergi untuk berbelanja, pastikan terlebih dulu bahwa diri kamu benar-benar sehat. Jika kamu menderita gejala Covid19, yaitu demam, batuk, pilek, atau sesak napas, disarankan untuk tidak keluar rumah ya.

Untuk berbelanja bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari, dan lain-lainnya disarankan untuk menggunakan aplikasi belanja online atau layanan pesan antar. Selain praktis, cara ini dapat meminimalkan kontak dengan orang banyak sehingga mengurangi risiko kamu tertular atau menularkan virus ke orang lain, begitu pula sebaliknya.

2. Menggunakan Masker Ganda

Menggunakan masker merupakan kewajiban bagi setiap orang untuk saat ini. Agar kamu lebih aman dan terlindungi saat berbelanja, gunakanlah masker ganda. Satu masker tidak cukup untuk melindungimu dari banyaknya virus yang bertebaran. Oleh karena itu gunakannya masker ganda ya.

Mengenakan masker dapat melindungi orang lain dan juga diri kamu sendiri. Apalagi seperti yang diketahui bersama, ada kemungkinan seseorang dapat menyebarkan virus ke orang lain tanpa menunjukkan gejala. Mengenakan masker bisa mengurangi risiko tersebut.

Hindari juga menyentuh wajah dan bagian dalam masker karena dapat membuat masker yang bersih terkontaminasi kuman dari tanganmu.  Jika ingin memperbaiki posisi masker, cuci tangan terlebih dahulu atau gunakan hand sanitizer, lalu perbaiki posisi masker dengan mengencangkan ikatan tali masker atau memperbaiki posisi tali pengait masker di telinga.

3. Menghindari Belanja Di Jam Sibuk

Hindari berbelanja pada jam sibuk untuk menghindari keramaian. Dengan begitu, risiko kamu untuk terpapar virus dari orang lain juga akan lebih rendah. Sebaiknya kamu berbelanja pada pagi hari ketika toko baru saja buka atau pada malam hari menjelang toko tutup. Bila kamu berbelanja di pasar tradisional, hindari berbelanja di pagi hari karena cenderung lebih ramai. Jadi, pilih waktu yang tepat untuk berbelanja ya.

4. Berbelanja Sendiri

Di masa pembatasan seperti ini, sebaiknya kamu berbelanja apa saja sendirian. Selain untuk menghindarkan keluarga dari keramaian, hal ini juga dapat mengurangi pengunjung yang masuk ke toko. Dengan demikian potensi kerumunan pun lebih kecil untuk terjadi.

Batasi satu orang saja di rumah kamu untuk melakukan aktivitas berbelanja. Ini dilakukan untuk menghindari orang-orang yang rentan terserang penyakit pergi ke luar. Sayangilah keluargamu dengan cara menjaga untuk selalu berada di rumah ya.

5. Berbelanja Dengan Cepat

Buatlah daftar belanja terlebih dulu sebelum kamu pergi ke toko. Ketahui barang apa saja yang kamu butuhkan sebelum menuju ke toko. Dengan cara ini, kamu memiliki rencana dan tidak hanya datang tanpa tujuan yang dapat meningkatkan durasi berbelanja.

Segera ambil barang yang kamu butuhkan tanpa berlama-lama. Pastikan juga bahwa semua kebutuhanmu sudah terbeli agar kamu tidak bolak-balik ke toko untuk berbelanja. Belanjalah dengan cepat dan teliti ya.

7. Selalu Menjaga Jarak

Ingatlah himbauan pemerintah untuk selalu menjaga jarak dengan siapa saja, di mana saja. Pada saat belanja, kamu akan bertemu dengan banyak orang, jadi penting bagi kamu untuk selalu menjaga jarak. Sangatlah penting untuk selalu menerapkan physical distancing di mana pun kamu berada,. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, baik itu penjual, petugas supermarket, maupun sesama pembeli. Ingat baik-baik ya!

8. Membeli Stok Bahan Makanan

Agar kamu tidak terlalu sering keluar rumah, belilah bahan makanan yang cukup untuk dikonsumsi selama 1 minggu. Agar tidak lupa, catat dulu bahan makanan apa saja yang diperlukan dan berapa banyak yang hendak dibeli. Hindari panic buying atau membeli barang-barang secara berlebihan, karena dapat menghabiskan stok persediaan kebutuhan sehari-hari di pasaran, sehingga orang lain yang membutuhkannya jadi tidak kebagian.

Saat memilih makanan, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, seperti buah dan sayuran, telur, ikan  daging, dan kacang-kacangan. Kamu juga dapat membeli suplemen vitamin dan mineral jika memang asupan nutrisi dari makanan saja dirasa tidak cukup.

9. Membayar Metode Non Tunai

Usahakan untuk menggunakan metode non tunai atau cashless saat membayar belanjaan selama pandemi COVID-19. Sebagai contoh menggunakan metode pembayaran dari Atome. Hindari membayar bahan makanan dengan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit karena berpotensi menularkan virus dan kuman.

Jika kamu terpaksa menggunakan uang tunai atau kartu untuk membayar, segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer setelah menerima uang kembalian atau memencet tombol di mesin pembayaran.

10. Mencuci Tangan Dan Barang Setelah Berbelanja

Cucilah tangan kamu dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik setelah memegang kemasan bahan makanan, sebelum mengeluarkan bahan makanan dari kemasan, sebelum memasak, dan sebelum makan. Mencuci tangan ini sangat penting agar kamu dapat terhindar dari bahaya virus.

Selain mencuci tangan, cuci juga barang-barangmu. Untuk membersihkan kemasan belanjaan, kamu dapat menggunakan hand sanitizer, alkohol, atau tisu basah dengan bahan anti bakteri ya. Sedangkan untuk membersihkan sayur dan buah, kamu dapat mencucinya dengan air mengalir dan sabun khusus untuk makanan selama 20 detik. Hindari mencuci bahan makanan dengan detergen atau disinfektan, karena produk pembersih tersebut bisa berbahaya jika tertelan oleh tubuhmu.

Sejak pemerintah memberlakukan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hampir seluruh aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dilakukan di rumah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Nah, jangan lupa untuk melakukan tips berbelanja di atas agar kamu tetap aman ya. Stay safe, semua!