Blog

Tips Cerdas Mengukur Ukuran Celana Yang Harus Kamu Ketahui

Oct 18 2021

Pastinya banyak di antara kamu yang gemar menggunakan celana bukan? Akan tetapi, pasti banyak juga di antara kamu yang tidak mengetahui ukuran celana untuk diri kamu sendiri dengan pasti. Hal ini terjadi karena kebanyakan produk terkadang bisa memiliki size chart yang berbeda-beda. Untuk mengantipisapi terjadinya salah ukuran saat kamu membeli celana, banyak loh cara yang dapat kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Ukur Lingkar Pinggang Dengan Leher

Untuk mengetahui seberapa ukuran celana yang tepat untukmu adalah dengan cara mengukur lingkar pinggangmu. Jika kamu tidak punya meteran untuk mengukur lebar pinggangmu, kamu bisa menggunakan leher untuk mengukur lingkar pinggang. Caranya, melakukannya cukup mudah. Yaitu dengan memegang kedua ujung bagian pinggang celana kemudian kalungkan ke leher kamu.

Jika kamu bisa mengikatnya, maka celana tersebut akan pas di pinggulmu. Namun, jika tidak bisa, lebih baik kamu mencari ukuran yang lebih besar lagi ya. Mengapa di leher? Hal ini karena ternyata ukuran lingkar leher sama dengan lebar pinggulmu. Jadi bisa dijadikan salah satu cara untuk menentukan ukuran celana pilihanmu.

2. Ukur Lingkar Pinggang Dengan Lengan

Cara lainnya untuk mengukur lingkar pinggang adalah dengan membentangkannya dan masukkan lenganmu. Apabila panjang lengan pas dengan celana maka ukuran celana dijamin pas dengan ukuran pinggangmu.

Cara melakukannya cukup mudah. Gunakan lengan kamu dan kepalkan telapak tangan. Masukkan lengan kamu ke dalam pinggang celana yang kamu pilih. Catatan penting buat kamu, pastikan bahwa celana sudah kamu kancing atau ritsleting ya.

Akan tetapi, cara ini hanya berhasil apabila kamu menggunakan celana dengan ukuran pinggang standar. Namun apabila celana dengan pinggang tinggi, maka kamu tidak bisa menggunakan metode ini.

3. Ukur Menggunakan Bahu

Cara lain ini bisa kamu lakukan untuk mengukur celana adalah menggunakan bahu. Caranya yaitu dengan mencari bagian pinggul celana terlebar kemudian samakan dengan panjang bahu kamu. Apabila kamu menemukan ukuran bahu sama dengan ukuran pinggul celananya, maka harusnya celana tersebut pas untuk digunakan.

Akan tetapi, apabila ukuran pinggul sedikit lebih lebar dari bahu, maka celana itu akan sangat pas digunakan. Saat ukuran pinggulnya jauh lebih lebar dari bahu, kemungkinan celana tersebut akan longgar di pinggul. Cukup mudah bukan?

4. Ukur Panjang Celana Dengan Tangan

Untuk mendapatkan ukuran penjang celana yang tepat, kamu dapat lakukan pengukuran dengan cara menggunakan tanganmu. Langkah-langkah untuk mengetahui panjang celanamu dengan tangan adalah dengan cara merentangkan celana depan dadamu dan perhatikan apakah bagian tengah celana tersebut berada tepat di bawah dagumu atau tidak. Apabila bagian tengah celana sudah berada di bawah dagu, kemudian kedua ujung celana pas dijangkau, maka ukurannya sudah sesuai dengan panjang kaki kamu. 

5. Ukur Bagian Bawah Kaki Dengan Kepalan Tangan

Mengukur bagian bawah kaki juga perlu kamu lakukan agar  celana yang kamu pilih nyaman saat kamu gunakan. Selain itu, hal ini bertujuan agar bagian bawah celanamu tidak terlalu sempit atau pun terlalu longgar.

Cara memeriksa kelonggaran bagian bawah celana yang mudah adalah dengan memakai kepalan tangan kamu. Caranya, masukkan kepalan tangan mulai pinggang ke sisi paling bawah celana. Apabila kepalan tangannya bisa masuk tanpa kebesaran atau kesempitan, maka ukuran tersebut sudah pasti pas untuk kaki kamu.

6. Ukur Berdasarkan Berat Dan Tinggi Badan

Tips paling ampuh yang dapat kamu gunakan dalam memilih celana adalah menyesuaikannya dengan berat dan tinggi badanmu. Memang, setiap brand celana memiliki size chart celana yang berbeda-beda. Akan tetapi kamu bisa melihat pedoman dari ukuran celana berdasarkan berat dan tinggi badan yang sudah disediakan.

Sebagai contoh jika kamu ingin berbelanja celana di Zalora. Zalora memiliki laman tersendiri yang membahas mengenai pedoman size chart ini. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi link www.zalora.co.id/size-guide. Di sana kamu akan mendapatkan panduan ukuran, baik itu panduan saat ingin membeli celana hingga pakaian. Memilih celana yang tepat memang dapat kamu lakukan dengan cara menyesuaikan dengan tinggi badan dan juga berat badanmu. Zalora menghadirkan pedoman ini untuk membantu kamu memilih barang dengan ukuran yang pas. Zalora juga menyediakan panduan ukuran yang lengkap di masing-masing halaman produk.

Informasi Tambahan

Perbedaan ukuran celana bisa terjadi bisa disebabkan oleh model celana dan bahan yang digunakan. Oleh karena itu, setiap akan membeli celana, lihatlah terlebih dulu size chart yang tersedia dan sesuaikan ukuran celana dengan tinggi dan berat badanmu. Beberapa alasan lainnya mengapa kamu sebaiknya mengetahui cara mengukur celanamu sendiri adalah agar kamu mendapatkan ukuran yang presisi pada celana yang akan kamu beli. Kedua, untuk menghindari kesalahan saat membeli celana. Dan ketiga, sebagai bahan pertimbanganmu saat hendak membeli celana.

Nah, itu tadi adalah tips cerdas dalam memilih ukuran celana yang tepat agar kamu tidak salah dalam menentukan ukuran celana kamu. Lalu, kamu juga bisa membeli celana dengan ukuran dan model yang tepat di Zalora ya, karena Zalora memiliki beraneka macam model celana yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Zalora menjual berbagai model celana. Mulai dari produk celana jeans, celana jogger, celana Chino, celana legging, dan masih banyak lagi produk celana yang dijual di Zalora. Yuk, belanja celana yang sesuai dengan ukuranmu di Zalora, dan gunakan Atome sebagai metode pembayaranmu.

Informasi menarik nih untuk kamu. Atome sekarang sedang mengadakan kuis menarik loh, yaitu menebak siapa sih Global Brand Ambassador dari Atome. Peserta yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan hadiah menarik dari Atome ya. Yuk, ikuti tebak-tebakannya ya! Untuk informasi dan paduan lebih lengkapnya, kunjungi Instagram Atome di @atome.id. Semoga beruntung ya!