Blog

Waspadai 4 Kandungan Cream Yang Berbahaya Untuk Wajah

Sep 01 2021

Memiliki wajah cantik dan bersinar adalah mimpi setiap wanita. Berbagai cara pun dilakukan oleh mereka untuk membuat wajah mereka menjadi cantik dan berseri. Salah satu siasat yang dilakukan untuk membuat wajah putih bersinar adalah dengan menggunakan cream wajah.

Namun, tak menutup kemungkinan jika cream wajah ternyata bisa menjadi bumerang tersendiri bagi wanita. Alih-alih ingin terlihat cantik, eh, malah wajah bisa jadi rusak karena salah pilih krim yang abal-abal.

Saat ini, beredar berbagai macam kosmetik yang sangat berbahaya untuk kesehatan lho. Jelas saja, cream yang beredar ini mengandung berbagai macam komponen berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan.

Bahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia juga sudah sering melarang peredaran dan penggunaan berbagai macam kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Peredaran kosmetik tersebut sangatlah bahaya, karena tidak mendapatkan izin dari BPOM lho. Nah, biar kamu makin paham dengan kandungan cream wajah yang bisa membahayakan kamu, kali ini kami akan membahas terkait kandungan cream yang berbahaya tersebut.

Ciri-Ciri Cream Abal-Abal

Produk cream yang abal-abal karena mengandung bahan berbahaya seperti ini biasanya tidak terdaftar di BPOM. BPOM tak akan memberikan izin resmi jika produk tersebut memiliki bahan yang berbahaya. Kandungan bahan yang berbahaya biasanya beraroma sangat menyengat, membuat wajah terasa lengket jika diaplikasikan, warnanya sangat mengkilap, dan bisa membuat iritasi wajah.  

Bahan Cream Berbahaya Pada Kosmetik Dan Risikonya

Biar kamu tahu dan tidak terjebak dengan produk abal-abal, berikut adalah bahan baku cream yang berbahaya yang harus kamu hindari:

1. Merkuri

Istilah merkuri sendiri memang sudah tidak asing di telinga kita. Merkuri menjadi salah satu bahan yang paling berbahaya di dalam kandungan cream abal-abal. Produk ini bisa menghambat pembentukan melanin, yang membuat wajah kamu menjadi cerah dalam waktu sangat singkat.

Makanya, oleh sang produsen bahan yang satu ini dijadikan bahan untuk membuat cream pemutih yang sangat membahayakan kulit. Jika merkuri digunakan secara terus menerus maka akan menyebabkan ruang dan perubahan warna kulit.

Tidak cuma itu saja lho, penggunaan merkuri yang berlebihan juga bisa membuat tremor (gemetaran), terjadi kerusakan pada ginjal, hingga lebih parahnya lagi adalah terjadi gangguan pada psikologis manusia. Misalnya saja seperti cemas, susah tidur, dan berpikir hal-hal yang tidak seharusnya dipikirkan.

Belum berhenti sampai situ, merkuri ini juga sangat bahaya jika digunakan untuk wanita hamil dan menyusui. Paparan merkuri di dalam cream tersebut menyebabkan kelainan bawaan pada bayi. Selain itu, kandungan cream tersebut juga bisa mengganggu perkembangan otak pada manusia. Jadi, ngeri banget ‘kan jika merkuri ini tetap digunakan pada wajah.

2. Asam Retinoat

Selain merkuri, bahan berbahaya lainnya adalah asam retinoat. Asam retinoat merupakan kandungan cream yang bisa membersihkan pori-pori, mengatasi jerawat, hingga menghilangkan bekas jerawat dan kerutan pada wajah. Asam retinoat ini sangat berisiko menyebabkan kulit menjadi lebih iritasi, kering, dan sensitif bila terpapar oleh sinar matahari secara langsung.

Waduh, bahaya banget ya, guys! Kandungan asam retinoat ini bisa membuat wajah semakin bengkak, berubah warna, hingga menyebabkan wajah semakin kemerahan. Tak hanya itu lho, bahaya menggunakan asam retinoat juga mengganggu janin yang ada di dalam kandungan. Jika janin dibiarkan terpapar oleh zat ini, maka bisa dipastikan akan menyebabkan kelainan sistem saraf, tulang, otot sendi, dan pencernaan pada janin.

Makanya, sebelum kamu menggunakan sebuah produk, wajib hukumnya untuk melihat kandungan di dalamnya. Jadi kamu akan terhindar dari bahaya seperti ini, guys.

3. Hydroquinone

Masalah mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam merupakan salah satu impian semua wanita. Nah, di kandungan hydroquinone ini kamu bisa merasakan hal itu.

Sayangnya, kandungan hydroquinone sangat berbahaya untuk wajah. Kandungan hydroquinone ini akan membuat kulit menjadi lebih sensitif jika terkena sinar matahari. Selain itu, cream yang satu ini akan membuat kulit terasa perih, kemerahan, kering, pecah-pecah, melepuh, hingga menghitam.

Waduh, kalau dibiarkan secara terus menerus bakalan bikin wajah kamu jadi tidak cantik lagi deh! Hydroquinone ini ternyata juga sangat beresiko menyebabkan alergi secara berlebihan di area tubuh kamu lho. Mulai dari alergi berat seperti sakit kepala, ruam, gatal, bengkak pada wajah dan tenggorokan, dan bisa menyebabkan penggunanya sulit untuk bernafas. Duh, jangan pernah pakai deh, bahaya banget!

4. Resorsinol

Memang sih, resorsinol bisa banget digunakan untuk menyembuhkan obat gatal dan sakit jika kita terkena gigitan serangga. Selain itu resorsinol juga bisa mengurangi luka dan gatal jika kita terkena tanaman beracun, luka bakar, terbakar sinar matahari, dan menyebabkan iritasi kulit.

Umumnya penggunaan resorsinol ini sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, mulai dari eksim, kutil, psoriasis, hingga penyakit kapalan. Namun, jika bahan yang satu ini digunakan terus-menerus dan dalam jumlah banyak, maka bisa menyebabkan sakit kepala, lelah, kulit kebiruan, dan parahnya lagi bisa menyebabkan jantung tidak beraturan, kejang, dan sesak napas.

Makanya, produk cream dengan bahan dasar yang satu ini wajib untuk dihindari ya! Jangan sampai kamu menggunakan cream menggunakan bahan resorsinol tersebut.

Well, ladies, menggunakan cream untuk terlihat lebih cantik itu memang  tak bisa disalahkan kok. Namun, kamu harus memastikan kalau cream yang kamu gunakan itu terbuat dari bahan yang aman dan tidak menyebabkan iritasi serta bahaya lain pada kulit.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan cream yang sudah disertifikasi oleh BPOM. Cream tersebut bakalan aman deh buat kamu gunakan.

Salah satu cream terbaik yang bisa kamu gunakan adalah produk yang terjual pada All Young. Produk yang terjual pada All Young ini benar-benar sangat baik dan aman jika digunakan di seluruh area wajah kamu.

Untuk mendapatkan produk All Young ini, kamu bisa mencarinya di allyoung.id. Tentunya kamu sudah bisa menggunakan Atome sebagai metode pembayaran di All Young dong! Yuk, segera penuhi kebutuhan skincare terbaik kamu bersama Atome!