Blog

Yuk, Pahami Lebih Dalam Tentang Lukisan Jenis Abstrak

Siapa nih yang suka dengan seni lukis, khususnya lukisan abstrak? Lukisan abstrak adalah jenis lukisan yang tidak memiliki pola, objek atau figur lukisan, namun memiliki gagasan atau ide tersendiri. Lukisan abstrak merujuk kepada wujud yang tidak realis atau natural yang tidak menampilkan rupa.

Lukisan abstrak akan susah untuk dikenali sebagai rupa benda atau objek yang kamu lihat dalam kenyataan sehari-hari. Lukisan abstrak adalah bentuk imajinasi seni yang diolah oleh para seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya sehingga bentuk dari wujudnya menjadi unik.

Ciri-Ciri Lukisan Abstrak

Salah satu ciri seni lukisan abstrak adalah bentuknya yang susah untuk dikenali. Bentuk abstrak tidak berhubungan dengan bentuk apapun yang pernah kamu lihat, namun bila terus diamati akan terlihat seperti objek tertentu.

Lukisan abstrak memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dari aliran seni lukis lainnya. Nah, agar kamu lebih mengenal aliran seni lukis ini, yuk simak ciri khusus dari lukisan abstrak berikut ini.

1. Bentuknya Tidak Dapat Dikenali

Bentuk dari lukisan abstrak tidak dapat dikenali karena sesuai dengan definisi abstrak, yaitu tidak berbentuk atau tidak berwujud. Jadi jangan heran ya jika kamu tidak dapat mengidentifikasi bentuknya. Kebanyak bentuknya memang tidak realistis, sehingga tidak akan kamu temukan di dunia nyata.

2. Kompisisi Warnanya Sangat Pekat

Lukisan abstrak lebih peka terhadap komposisi warna. Pada umumnya lukisan abstrak menggunakan cat dengan warna-warna menonjol sebagai media lukis.

3. Menghadirkan Sisi Lain Dari Sebuah Lukisan

Lukisan abstrak menghadirkan hal-hal yang tidak bersifat visual, contohnya seperti emosi seseorang, suara, bahkan pengalaman spiritual. Semuanya serba tidak konkret.

Metode Pembuatan Lukisan Abstrak

Beberapa metode cara menghasilkan lukisan beraliran abstrak antara lain adalah:

1. Lukisan Abstrak Biasa

Lukisan abstrak biasa merupakan lukisan abstrak yang digambarkan menggunakan metode yang pada umumnya digunakan oleh pelukis. Jenis lukisan ini bisa berupa cat air atau cat minyak yang menggunakan kuas untuk menghasilkan gambar. Sifat lukisan dan campuran warna lebih halus.

2. Abstract Palette Painting

Lukisan abstrak pallet merupakan jenis lukisan abstrak yang menggunakan pisau pallet. Beberapa jenis pallet akan menghasilkan beberapa tekstur warna yang berbeda-beda. Sifat lukisan agak kasar dan hasil lukisan akan menyerupai sebuah relief. Warna yang dihasilkan cukup tajam dan solid karena menggunakan jenis cat acrylic.

3. Abstract Fluid Painting

Lukisan abstrak fluida merupakan jenis lukisan abstrak yang cukup unik. Metode melukis menggunakan aliran cat dan dilelehkan di atas media lukis. Biasanya beberapa jenis warna cat minyak disusun dan dicampur di atas sebuah wadah, kemudian cat tersebut ditumpahkan ke atas media lukis. Lukisan yang dihasilkan bersifat halus, penuh variasi warna, dan dinamis. Hasil karya lukis abstrak dengan metode ini cukup populer dan digemari saat ini.

4. Lukisan Abstrak Kontemporer

Lukisan abstrak kontemporer merupakan jenis lukisan abstrak yang mencampurkan beberapa metode lukis, seperti Fluid PaintingPalette Painting, dan teknik kuas. Lukisan yang dihasilkan memiliki sifat dan karakter yang bervariasi tergantung keinginan sang pelukis. Jenis metode lukisan ini cukup populer dan digemari karena menyesuaikan dengan keinginan sang pelukis untuk menghasilkan karya lukis abstrak.

Cara Mengapresiasi Lukisan Abstrak

Setelah kamu mengetahui lebih dalam dengan lukisan jenis abstrak ini, kamu juga perlu tahu nih cara untuk mengapresiasi lukisan tersebut. Mengapresiasi sangat penting, sebab dengan mengapresiasi kamu dapat lebih menghargai karya seseorang. Untuk mengapresiasi lukisan abstrak, bisa kamu lakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Mengetahui Latar Belakang Seniman

Pelajarilah terlebih dulu latar belakang seniman, karena setiap seniman memiliki ceritanya masing-masing. Biasanya seniman membuat lukisan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami olehnya. Dengan mengetahui latar belakang tersebut, kamu akan lebih dapat merasakan tulisan tersebut.

2. Jangan Mencari Bentuk Konkretnya

Kamu tidak perlu mencari secara konkret apa bentuk dalam lukisan abstrak yang kamu lihat karena kamu tidak akan menemukannya. Kalaupun kamu menemukannya, mungkin itu hanyalah ilusi mata yang terjadi saat kamu melihat ke arah lukisan secara intens. Jangan mencari bentuknya, karena tidak semua lukisan memiliki makna. Bisa saja lukisan tersebut adalah media ekspresi bebas dari seniman yang melukisnya.

3. Rasakan Emosi Yang Disampaikan Seniman

Seniman pasti menuangkan apa yang dirasakannya ke dalam sebuah lukisan. Biasanya rasa ini muncul saat pertama kali mata kamu melihat lukisan tersebut. Rasa ini bisa saja datang dari warna atau garis yang ada di dalam lukisan.

4. Tidak Perlu Memaksakan

Keindahan itu bersifat subjektif. Tidak semua seni bisa memuaskan kamu. Setiap orang memiliki pandangan dan seleranya masing-masing. Tidak perlu memaksakan untuk menyukai lukisan jenis ini. Apalagi sampai menghakimi karya orang lain. Jika kamu tidak menemukan rasa dan keindahan dalam sebuah lukisan, kamu tidak perlu memaksakannya.

Lukisan abstrak sudah dikenal dari peninggalan lukisan dinding pada era Zaman Prasejarah. Hampir setiap kawasan  di dunia memiliki jenis lukisan ini. Corak-corak abstraktif juga dikenal dari motif-motif suku primitif tertentu yang melukis di atas media tertentu seperti tembikar atau kain. Namun karya seni lukisan abstrak mulai dikembangkan di daratan Eropa sejak akhir abad ke-19. Jadi lukisan jenis ini sudah ada sejak lama dan masih banyak diminati hingga saat ini.

Itu dia penjelasan mengenai lukisan abstrak. Jika kamu tertarik dengan lukisan jenis ini, kamu bisa melihat ataupun membeli koleksinya di Reservo Art. Terdapat banyak koleksi lukisan yang dapat kamu nikmati dan kamu beli. Gunakan metode pembayaran dari Atome jika kamu membeli lukisan di Reservo Art, karena dijamin kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Segera kunjungi yuk!