Blog

10 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

Di Indonesia, kopi hitam sudah menjadi favorit hampir semua orang. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia menikmati minuman khas yang satu ini. Faktanya, hampir di seluruh wilayah di Indonesia memiliki hasil panen kopi. Rasanya pun juga sangat bervariasi dan memiliki ciri khas tersendiri.

Kepopuleran kopi ini sudah sangat mendarah daging bagi seluruh orang. Maka tak heran kopi hitam ini tak bisa dipisahkan dengan kebudayaan di Indonesia. Para penikmat kopi kerap kali menikmati si hitam ini di berbagai situasi dan kondisi. Terlebih buat kamu yang sedang sibuk di kantor atau sedang bersenda gurau. Semuanya bisa kamu nikmati dengan minuman yang satu ini

Selain populer, siapa sangka bahwa kopi hitam ternyata juga sangat baik bagi kesehatan lho. Kopi hitam ini bisa membawa banyak manfaat jika tidak dicampurkan dengan gula dan susu. Ternyata kopi pahit baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Kamu mau tahu manfaat lebih dari kopi ini? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Memori

Siapa yang sering jadi pelupa? Nah, buat kamu yang sering jadi pelupa, kopi hitam bisa jadi obat yang mujarab. Jika mengkonsumsi kopi hitam secara rutin, kamu akan terbantu dalam hal memori.

Otak kita akan terjaga dan tetap aktif akibat sel-sel yang ada di dalam tubuh bisa aktif karena minum kopi ini. Adanya saraf-saraf yang aktif ini bisa juga menurunkan resiko terkena penyakit demensia. Duh, penting banget ya manfaatnya.

2. Membersihkan Perut

Disebut-sebut bersifat diuretic, kopi membuat kamu sering mengeluarkan urine di dalam tubuh. Kamu akan jadi sering buang air kecil yang mana bisa mendetoks racun yang ada di dalam tubuh kamu.

Semua bakteri dan racun akan hilang akibat terbantu dengan keluaran urine ini. Sehingga perutmu bisa bersih dan terhindar dari berbagai macam bakteri.  Nah, racun dan bakteri ini nanti akan keluar dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Sehingga perut kamu bisa terhindar dari bahaya bakteri dan racun di dalam tubuh.

3. Melindungi Hati

Hati bisa dikatakan sebagai salah satu organ yang paling krusial di dalam tubuh. Berbagai macam fungsi penting berada di dalam hati ini. Sehingga kamu wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan hati dengan sebaik-baiknya.

Banyak sekali penyakit yang bisa mematikan akibat fungsi hati tidak berjalan dengan maksimal, misalnya saja seperti hepatitis. Sesuai dengan hasil penelitian, seseorang yang minum kopi empat cangkir atau lebih maka akan memiliki risiko 80% lebih rendah terkena penyakit yang menyerang hati. Jadi sangat dianjurkan untuk teratur minum kopi hitam.

Sebagai organ yang melakukan ratusan fungsi penting, kesehatan hati kamu tentunya patut dijaga. Pasalnya, banyak penyakit-penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati seperti hepatitis. 

4. Membantu Hidup Lebih Lama

Kopi hitam benar-benar sangat bermanfaat di dalam tubuh manusia. Berbagai macam penyakit bisa terpentalkan dengan mengkonsumsi kopi hitam secara teratur. So, bisa dipastikan kalau mengkonsumsi kopi hitam bakal membantu kamu untuk hidup lebih lama.

5. Meningkatkan Kinerja Tubuh

Adanya kandungan kafein di dalam kopi hitam bisa membuat rangsangan terhadap sistem syaraf di dalam tubuh. Sistem syarat ini akan memberi sinyal pada sel lemak yang ada di dalam tubuh. Sehingga bisa memecahkan lemak tubuh. Inilah yang akan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) yang ada di dalam darah kamu.

Menurut hasil riset, kandungan kafein ini sangat bermanfaat jika berada di dalam tubuh kamu lho. Yuk rajin-rajin minum kopi hitam.

6. Meningkatkan Antioksidan

Kopi hitam dapat membangkitkan faktor antioksidan yang ada di dalam tubuh. Kopi hitam juga mengandung vitamin B2, B3, dan B5. Selain itu kopi juga mengandung mangan, potasium, dan magnesium. Nah, kandungan inilah yang bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.

7. Mengatasi Depresi dan Stres

Siapa yang suka penat dan jenuh dengan pekerjaan sehari-hari? Yaps, kopi bisa mengurangi rasa stres yang ada di dalam tubuh lho. Stres merupakan masalah kesehatan yang sangat serius.

Nah, jika kamu minum kopi hitam, ini mengurangi rasa stres yang ada di dalam tubuh kamu. Sehingga suasana hati kamu bisa menjadi lebih baik dan tak bakal mudah stres.

Kandungan di dalam kopi ini mampu memberi rangsangan saraf di dalam tubuh. Serta meningkatkan produksi dopamine, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmitter yang sangat penting untuk membahagiakan suasana hati yang lagi rumit.

8. Membakar Lemak Tubuh

Buat yang ingin membakar lemak di dalam tubuh, disarankan pula untuk rutin mengkonsumsi kopi hitam secara teratur. Hal ini dikarenakan di dalam kandungan kopi terdapat kafein yang sangat aman untuk membantu pembakaran lemak di dalam tubuh.

9. Meningkatkan Hormon Bahagia

Merasa bahagia adalah solusi terbaik jika kamu merasa sedih. Nah, biar kamu tak mudah stres dan depresi, kamu bisa menyiapkan kopi untuk dinikmati sehari-hari.

10. Meningkatkan Stamina Saat Olahraga

Agar stamina menjadi lebih kuat, kopi hitam bisa meningkatkan kinerja fisik yang ada di dalam tubuh kamu lho. Sehingga semangat kamu bisa sangat terjaga dengan sangat baik saat olahraga.

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minum kopi hitam. Kalau kamu mencari kopi hitam dengan kualitas terbaik, kamu bisa mencarinya di THEFOODHALL yang banyak tersebar di mal-mal kota besar. Sementara untuk pembayarannya, kamu bisa mempergunakan Atome yang telah bekerjasama dengan THEFOODHALL sebagai salah satu metode pembayarannya. Tunggu apa lagi? Yuk belanja sekarang!