Blog

10 popok bayi baru lahir terbaik yang harus Ibu tahu

May 18 2022

Popok bayi adalah salah satu kebutuhan penting yang harus masuk dalam daftar belanja ibu untuk bayinya. Buat kamu yang baru pertama kali belanja kebutuhan popok si kecil, sebaiknya ketahui jenis – jenis popok terlebih dahulu. Mulai dari popok kain bayi baru lahir hingga popok sekali pakai atau yang biasa disebut dengan diapers ataupospak. Apa saja perbedaannya? Simak ulasan berikut.

Jenis – Jenis Popok Bayi

1. Popok Kain

Terbuat dari kain katun yang dibentuk lembaran dengan tali yang direkatkan ke tubuh bayi. Terasa lembut di kulit bayi, bisa dipakai berulang kaki dan ramah lingkungan. Cara mencucinya juga mudah dan cepat kering. Namun, daya serap popok ini termasuk rendah. Sehingga orang tua harus berkali – kali mencuci popok kain.

2. Cloth Diapers (Clodi)

Merupakan inovasi popok kain modern yang dibentuk menyerupai popok sekali pakai. Biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam yang tebal seperti handuk dan bagian luar yang kedap air. Clodi juga dilengkapi kancing untuk direkatkan ke tubuh bayi. Termasuk popok ramah lingkungan, karena bisa dicuci ulang. Daya serapnya juga lebih banyak daripada popok kain biasa. Namun, harganya sedikit lebih mahal, cara perawatan lebih rumit, dan beresiko menimbulkan ruam jika salah pemasangan.

3. Popok Sekali Pakai (Disposable Diapers)

Terbuat dari plastik yang dicampur dengan beberapa bahan kimia untuk mencegah kebocoran cairan. Cara menggunakannya sangatlah praktis dengan adanya perekat atau bentuknya menyerupai celana. Daya serapnya tinggi, tidak perlu dicuci, karena digunakan sekali pakai. Namun, kelebihan tersebut justru kurang ramah lingkungan dan orang tua harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk persediaan.

Cara Memilih Popok Terbaik Untuk Bayi

Pertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum berbelanja popok untuk bayi baru lahir.

  • Jenis perekat yang digunakan. Pilih yang paling nyaman, aman untuk kulit bayi, dan tentunya memiliki ketahanan yang bagus dalam mencegah kebocoran.
  • Indikator kebasahan, misalnya adanya perubahan warna garis ketika bayi ngompol.
  • Saku pinggang berupa kantong-kantong di bagian belakang yang membantu menahan kotoran saat bayi diam – diam BAB di dalam popok.
  • Dampak terhadap lingkungan, mulai dari bahan pembuatnya, ketahanan produk, serta dampaknya untuk lingkungan.
  • Ukuran popok. Pilih ukuran popok sesuai tubuh bayi, tidak ketat, dan memiliki bukaan kaki yang elastis agar tidak menimbulkan iritasi. Biasanya di kemasan popok sudah dilengkapi ukuran berdasarkan usia bayi. Namun, tak ada salahnya untuk menambah atau mengurangi ukuran tersebut dengan menyesuaikan kondisi bayi.

Rekomendasi Popok Bayi Terbaik

Tidak perlu bingung mencari popok sekali pakai yang bagus dan aman untuk bayi baru lahir. Berikut rekomendasi merek popok bayi terbaik yang bisa kamu pilih.

1. Goo.N Tape Massara Sara NB42

Produk dari Elleair ini menawarkan perlindungan ganda dengan 2 steps block yang efektif mencegah kebocoran. Jadi, kamu tak perlu khawatir ketika si kecil sering pipis, terutama di malam hari. Popok ini juga dapat menampung cairan urine setara dengan enam gelas air. Uniknya, semua cairan tersebut terserap sempurna dan popok tetap kering tanpa menyebabkan kulit bayi lembab.

2. Merries Pants Good Skin S40

Popok berbentuk celana ini juga memiliki daya serap cairan yang termasuk tinggi. Karet paha menempel pas dilengkapi dengan lapisan tambahan antibocor pada bagian kanan dan kiri. Popok ini juga mengandalkan teknologi tiga garis yang memungkinkan cairan pipis bayi menyebar ke seluruh bagian popok. Sehingga tidak menimbulkan popok menggembung. Bayi pun tetap merasa nyaman saat memakainya.

3. Sweety Gold Comfort NB

Kalau rekomendasi popok bayi yang ketiga ini menggunakan teknologi diamond layer yang terasa nyaman dan menghasilkan daya serap tinggi. Teknologi tersebut juga mengurangi cairan bersentuhan dengan kulit bayi hingga 50%. Dengan begitu, kulit bayi tetap terasa lembut dan kehadiran popok tidak melukai bagian perutnya.

4. MamyPoko Royal Soft New Born

MamyPoko varian Royal Soft ini terkenal akan bahannya yang lembut dan aman untuk kulit sensitif. Daya serapnya juga tinggi hingga 12 jam dengan kemampuan ekstra kering. Popok ini juga terbuat dari bahan bersirkulasi udara yang mampu melepas panas dan lembab. Desainnya juga nyaman, terutama karena bagian pinggang berlekuk untuk pusar bayi baru lahir. Ada juga indikator pipis yang memudahkan ibu mengetahui kapan popok harus diganti.

5. Pampers Popok Perekat Premium Care NB26

Produk dari P&G ini dilengkapi super gel berdaya serap tinggi dan melindungi kulit si bayi agar tetap kering hingga 12 jam. Popok ini juga mengandung lotion pelindung kulit agar bayi terbebas dari iritasi. Ada juga karet pinggang yang fleksibel dan terasa nyaman untuk si kecil. Kamu bisa mengaplikasikan popok tipe perekat ini untuk bayi baru lahir dengan berat 4-8 kg.

6. Pokana Pants Reguler Bags Size S22

Salah satu keunggulan popok Pokana yaitu adanya 25 motif yang lucu dan unik. Bukan cuma tampilannya saja yang bagus, popok yang recommended untuk newborn ini juga memiliki daya serap tinggi. Dirancang dengan teknologi Korea yang aman untuk kulit sensitif bayi serta dapat menyerap cairan dengan cepat.

7.Fluffy Baby Diapers Tape New Born

Kelebihan popok Fluffy Baby Diapers terletak pada perekatnya yang dapat direkatkan berulang kali. Perekat tersebut juga tetap menempel kuat meskipun bayi aktif bergerak. Di dalamnya juga diformulasi dengan perlindungan ganda yang mampu mencegah kebocoran. Bahannya lembut dan dapat melindungi kulit si kecil dari iritasi.

8. Mamamia Baby Diapers Soft Magic

Popok yang satu ini dilengkapi dengan teknologi velcro tape yang memungkinkan popok dapat dilepas dan direkatkan berulang – ulang. Bagian perekatnya juga terasa lembut, sehingga bayi terhindar dari gatal, ruam, atau kemerahan. Popok produksi lokal ini juga menggunakan teknologi faster absorbing yang dapat menyerap cairan secara maksimal tanpa menyebabkan kulit iritasi. Bahannya juga terjamin aman, karena bebas chlorine.

9. Baby Happy Body Fit S20

Buat kamu yang mencari popok sekali pakai yang terasa lembut dan ramah lingkungan, produk dari Wings ini bisa menjadi pilihan terbaik. Lapisan luarnya terbuat dari bahan spunbond nonwoven yang terasa lembut dan ringan. Sehingga dapat mengurangi gesekan antara kulit dan popok.  Bahan tersebut juga lebih ramah lingkungan sebagai alternatif pengganti popok berbahan plastik.

10. Nepia Genki Premium Soft Tape NB44

Rekomendasi terakhir datang dari Oji Group yang hadir dengan popok berteknologi deep embossing pada bagian dalamnya. Teknologi tersebut memungkinkan sirkulasi udara berjalan lebih lancar dan diklaim mampu menyerap cairan atau kotoran lunak dengan mudah. Terbuat dari bahan non-woven yang aman untuk kulit sensitif bayi dan memiliki beragam desain lucu yang menggemaskan.

Sekarang kamu bisa belanja berbagai jenis popok bayi terbaik di JD.ID yang menyediakan berbagai kebutuhan terlengkap dan pastinya orisinal. Gunakan metode pembayaran dari Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% dengan tenor 3 sampai 12 bulan. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi tanpa tambahan DP atau biaya admin lainnya. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dari Atome dan 5.000 lebih merchant lainnya. Makanya, download dan gunakan Atome sekarang untuk mendapatkan pengalaman belanja super menguntungkan.

Main keywords of the article: