Blog

10 Tips Jadikan Kamar Lebih Cantik Dan Terlihat Minimalis

Nov 17 2021

Seperti yang kita ketahui, kamar merupakan salah satu tempat privasi yang harus dijaga, karena kita seringkali melakukan berbagai macam aktivitas di dalam kamar, terlebih dengan fungsinya sebagai tempat beristirahat.

Fungsi utama kamar memang sebagai tempat untuk beristirahat, jadi desain kamar harus benar – benar dibuat rapi dan nyaman untuk ditempati. Kenyamanan ini sangat penting untuk membuat orang di dalamnya bisa beristirahat dengan lebih santai dan rileks. Makanya, urusan menata kamar tak bisa dianggap sepele.

Buat kamu yang memiliki kondisi kamar kecil dan mungil, kini tak perlu khawatir lagi. Kamar kecil dan minimalis kini sudah bisa disulap menjadi jenis kamar yang terasa luas dan nyaman untuk ditempati. Kamar tidur dengan model minimalis ini biasanya berukuran 2 x 3 meter, 2,5 x 3 meter, hingga 3 x 3 meter. Namun, beberapa kamar ada yang berukuran lebih kecil dibanding ukuran-ukuran tersebut.

Tampilan minimalis ini akan membantu membuat kamar kamu terasa menjadi lebih luas. Desain yang simpel dan maksimal ini akan membuat kamar kamu menjadi lebih estetik dan enak dipandang. Nah, buat kamu yang ingin melakukan desain kamar minimalis, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah kamar menjadi lebih cantik dan nyaman saat digunakan.

Tips Mendekor Kamar Menjadi Lebih Cantik Dan Terlihat Minimalis

Hal paling penting ketika membuat kamar kamu agar bisa menjadi minimalis adalah kamu harus tahu dulu konsep minimalis apa yang akan kamu gunakan. Hal – hal seperti inilah yang akan membantu kamu memiliki kamar yang terasa lebih luas, apik, dan enak dipandang. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar menjadi lebih cantik dan menarik antara lain:

1. Gunakan furnitur kecil

Saat kamu memilih kamar minimalis, usahakan untuk menggunakan furnitur yang minimalis juga. Ruangan yang kecil akan terasa lebih luas jika kamu memanfaatkan perabotan kecil juga. Makanya, sangat tidak disarankan untuk menggunakan furnitur dengan ukuran besar.

Dari pemilihan ranjang saja sudah harus ditentukan. Usahakan jangan menggunakan ranjang yang berukuran besar. Kalau bisa, gunakan model ranjang yang ada rak penyimpanan di bawahnya. Nah, model seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai macam baju kamu. Jadi, ruangan bakal lebih terasa luas deh.

2. Jangan pakai banyak barang

Kamar minimalis bisa diartikan tidak memasukkan banyak barang di dalam kamar. Nah, kebiasaan memasukkan semua barang di dalam kamar ini lah yang membuat ruangan kamu semakin penuh sesak. Ada 3 barang penting yang harus kamu gunakan saat ingin mengubah kamar menjadi minimalis. Beberapa barang tersebut antara lain lemari baju, tempat tidur, dan meja kerja. Jadi barang-barang yang sekiranya kurang penting, harus segera kamu keluarkan.

3. Pakai jenis perabotan multifungsi

Kamar minimalis sangat membutuhkan jenis furnitur yang multifungsi. Jenis perabotan seperti ini akan membuat tambahan barang masuk di dalam kamar. Perabotan yang bisa kamu pilih bisa seperti laci – laci minimalis sebagai ganti lemari.

4. Pilih kasur tanpa menggunakan ranjang

Biasanya, furnitur dengan ranjang sangat menghabiskan tempat. Untuk itu, kamu bisa memilih kasur saja tanpa menggunakan ranjang. Penggunaan kasur tanpa ranjang ini bisa bikin kamar kamu menjadi lebih luas lho. Yuk, dicoba!

5. Memanfaatkan pencahayaan yang terang

Pencahayaan lebih terang juga bisa membuat kamar kamu terlihat lebih luas. Cahaya matahari yang masuk ke kamar akan membuat efek ruangan yang lebih luas. Tak hanya itu saja, cahaya matahari yang cukup juga bisa membuat kamar kamu lebih aman agar kuman – kuman hilang.

6. Pilih 2 warna terbaik

Kamar minimalis tak membutuhkan banyak warna. Kamu bisa memilih 2 hingga 3 warna saja agar tak membuat kamar kamu menjadi lebih sumpek. Kamu bisa memilih warna cerah atau soft agar kamar kamu terlihat lebih luas.

7. Gunakan cermin besar

Salah satu hal yang bisa membuat kamar kamu menjadi lebih luas adalah cermin. Cermin ini merupakan benda wajib yang harus ada di dalam kamar minimalis. Cermin berukuran besar akan menciptakan ilusi kamar kamu menjadi lebih luas daripada aslinya. Kamu bisa menggantung cermin kamu di atas atau di samping tempat tidur. Dengan begitu efek luas kamar kamu akan lebih terasa.

8. Tambahkan rak gantung

Rak gantung merupakan salah satu solusi jika barang kamu tak muat di dalam lemari. Cara inilah yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar kamu menjadi lebih rapi dan tidak berantakan. Sementara itu, barang – barang lainnya juga bisa kamu masukkan ke dalam boks.

9. Bisa juga pakai mezzanine di dalam kamar

Kalau kamu mau anti mainstream, kamu bisa memanfaatkan model mezzanine di dalam kamar. Mezzanine merupakan sebuah ruang santai dengan menambahkan lantai tambahan di antara lantai dan langit-langit kamar. Model seperti ini ternyata bisa membuat kamar kamu menjadi lebih luas lho. Namun, kamu harus pastikan kalau mezzanine tambahan tersebut sangat kuat dan kokoh.

10. Bisa pilih tema serba putih

Biar kamar kamu lebih luas, warna putih bisa jadi pilihan. Warna putih ini bisa membuat kamar kamu menjadi lebih cantik dan terasa lebih luas. Jadi kamu bisa mencoba warna ini untuk bisa diterapkan dalam kamar kamu. Yuk, buruan dicoba!

So, guys, itulah 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar menjadi lebih minimalis. Kamar seperti ini akan bikin kamu menjadi lebih nyaman saat di dalam kamar. Beberapa furnitur juga harus kamu perhatikan dengan baik ya supaya kamar kamu lebih terlihat luas.

Perabotan menarik dan asik seperti ini bisa kamu beli di www.scandia.id. Jangan lupa bayarnya dengan mempergunakan Atome, belanja sekarang dan bayarnya nanti. Jadi bakal lebih hemat deh buat kamu! Belum lagi promo yang biasa diberikan oleh Atome, makin untung deh buat kamu!