Blog

12 Cara Tepat Merawat Jeans Agar Tetap Bagus Dan Awet

Nov 16 2021

Hampir semua orang memiliki pakaian berbahan denim di lemarinya, mungkin termasuk kamu juga? Baik itu celana, baju, jaket, rok, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu bagaimana cara untuk merawat pakaian berbahan demin atau yang sering disebut dengan jeans ini secara tepat? Nah, jika kamu ingin tahu cara perawatan yang sesuai untuk jeans-mu, yuk simak cara tepat merawat jeans agar tetap bagus dan awet berikut ini!

1. Baca Label Perawatan Kain

Pertama – tama, kamu perlu membaca cara perawatan pakaian jeans-mu pada label yang tertera pada pakaian yang kamu miliki. Pastikan kamu memeriksa label perawatan kain pada pakaian kamu sebelum mencucinya. Lalu usahakan untuk mencuci celana jeans kamu secara terpisah dari barang – barang lainnya.

2. Jangan Sering Dicuci

Seorang juru bicara dari perusahaan jeans ternama, Levi’s, mengungkapkan bahwa celana jeans tidak perlu sering dicuci. Disarankan hanya sebulan sekali saja mencucinya supaya tetap terlihat bagus. Memang pada awalnya jeans diciptakan untuk para buruh dan penambang di Amerika. Jadi bahan jeans sengaja didesain untuk tidak cepat rusak.

Jadi menurut Levi’s, jeans akan lebih baik ketika jarang dicuci. Walaupun disarankan untuk jarang mencucinya, bukan berarti jika jeans terkena noda makanan, kalian membiarkannya. Kalian tetap harus mencuci di bagian yang terkena noda makanan tersebut.

3. Gunakan Air Dingin

Hindari menggunakan air panas ketika mencuci denim. Air dingin adalah pilihan terbaik menghilangkan kotoran dari denim kamu. Cuci dalam keadaan bagian dalam denim di luar atau terbalik. Untuk denim yang baru pertama kali dicuci, tambahkan dua sendok makan garam untuk mengikat warna denim sehingga tidak mudah pudar pada pencucian selanjutnya.

4. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Terlalu sering mencuci dengan menggunakan mesin cuci akan membuat celana jeans kamu jadi cepat pudar dan melar loh. Jadi sebenarnya, untuk cara mencuci jeans yang benar, kamu cukup menggunakan deterjen tanpa pemutih, kemudian bilas, dan dijemur. 

5. Cuci Dengan Tangan

Menyambung pada poin sebelumnya, sebaiknya hindari mencuci denim dengan mesin cuci. Mencuci jeans dengan tangan dapat menjaga kualitas serat dan warna denim. Cara mencuci dengan tangan gampang. Gunakan air dingin yang telah dicampur dengan setengah sendok teh detejen. Lalu, cemplungkan celana atau pakaian denim yang telah dibalik ke dalam air deterjen tadi. Selanjutnya, cukup diamkan selama sejam sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah itu, cukup digantung hingga kering.

6. Gunakan Sabun Yang Lembut

Warna pada jeans bisa luntur dan pudar jika dicuci menggunakan sabun yang formulanya keras. Jaga warna jeans dengan mencucinya menggunakan deterjen yang tepat. Sebaiknya kamu jangan memakai terlalu banyak deterjen dan pilih yang formulanya lembut. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan memakai deterjen khusus pakaian bayi dan anak

7. Balikkan Bagian Dalam Ke Luar

Cara merawat jeans selanjutnya masih berkaitan dengan metode pencucian. Jeans umumnya perlu dicuci setelah 10 kali pemakaian. Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, balikkan bagian dalam ke luar untuk mencegah warna jeans luntur terlalu berlebihan dan menjadi pudar.

8. Hindari Menggunakan Sikat

Saat mencuci celana jeans, jangan terlalu sering menggunakan sikat ya. Hal ini hanya akan merusak dan membuat celana jeans kamu jadi melar. Cukup dibilas saja, namun jika ada noda yang membandel kamu bisa menyikat di bagian yang terkena noda tersebut secara perlahan sampai nodanya hilang,

9. Jauhkan Dari Pemutih

Pemutih tidak hanya dapat memudarkan warna denim, tapi juga merusak bahan dan seratnya. Karena itu, jangan gunakan pemutih untuk menghilangkan noda. Cukup gosok perlahan bagian yang bernoda dengan sabun, lalu cuci seperti biasa.

Sekalipun denimnya berwarna putih, hindari dicuci menggunakan pemutih. Jika tidak, warna putih pada denim tersebut akan berubah menjadi kekuningan. Tidak akan sedap untuk dipandang lagi.

10. Hindari Menjemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari

Menjemur langsung di bawah sinar matahari hanya akan membuat celana jeans kamu jadi pudar dan teksturnya pun menjadi kasar. Cukup gantung celana jeans di teras atau balkon rumah kamu lalu jangan lupa untuk membalikkannya. Ini berfungsi untuk menghindari kerusakan pada bagian luarnya.

11. Hindari Terlalu Sering Menyetrika Jeans

Kamu harus tahu bahwa sebenarnya tidak perlu sering – sering menyetrika jeans, kecuali terlihat sangat kusut. Panas yang berlebihan bisa membuat warna jeans cepat pudar. Jika tetap ingin melakukannya karena kusut, maka cara merawat jeans selanjutnya adalah dengan menyetrika dalam kondisi celana terbalik bagian dalam dan luarnya.

Mulailah dengan menyetrika kantong terlebih dahulu, lalu bagian pinggang, dilanjutkan dengan bagian kaki. Tekan setiap bagian selama beberapa detik lalu gosokkan dengan gerakan perlahan sampai licin dan rapi. Dengan begitu, warna jeans tak akan pudar dan kainnya tak akan kasar.

12. Usahakan Menggantung Saat Menyimpannya

Hindari melipat celana jeans-mu saat disimpan. Hal ini dikarenakan material denim pada celana jeans sangat tebal, sehingga akan cepat lembab ketika disimpan secara terlipat. Selain itu, menyimpan jeans dengan cara dilipat selain bisa mengubah bentuk aslinya, juga akan terbentuk garis-garis putih yang tak diinginkan pada jeans.

Cara terbaik menyimpan celana jeans setelah dicuci atau setelah dipakai adalah dengan menggantungnya. Gunakan penggantung pakaian agar bentuk celana jeans aslinya terjaga dan terhindar dari bekas lipatan. Setelah dicuci dan disetrika, simpan jeans memakai hanger khusus celana.

Itu tadi adalah beberapa cara tepat merawat celana jeans yang bisa kamu terapkan. Nah, untuk kamu yang ingin memilih dan membeli koleksi jeans yang lengkap dan beragam, dan tentunya yang berkualitas, langsung saja kunjungi laman www.levi.co.id. Di sana kamu bisa memiliki beragam model jeans yang cocok untuk kamu gunakan. Tidak hanya itu, Levi’s juga menjual berbagai pakaian fashion yang tepat untukmu. Dan jika kamu ingin berbelanja di Levi’s, jangan lupa untuk menggunakan metode pembayaran dari Atome dan nikmati beragam kemudahan yang ditawarkan oleh Atome untuk pengguna setianya.