Blog

21 rekomendasi earphone, headphone, dan headset terbaik

Aug 22 2022

Ada beberapa jenis perangkat audio untuk mendengarkan musik, menerima sambungan telepon, atau sekadar merekam suara. Mulai dari earphone, headphone, dan headphone. Apakah kamu tahu perbedaan dari masing – masing perangkat tersebut? Meskipun sama – sama penunjang audio, ketiga alat tersebut punya bentuk, fitur, dan fungsi yang berbeda. Karena itulah, kamu sebaiknya jangan asal pilih saja. Ketahui perbedaannya dan pilih berdasarkan kebutuhan yang kamu perlukan.

Perbedaan Earphone, Headphone, Dan Headset

Perbedaan utama earphone, headphone, dan headset terletak pada bentuk dan fitur – fiturnya. Masing – masing peralatan elektronik ini memiliki kelebihan tersendiri menyesuaikan kebutuhan aktivitasmu.

1. Earphone

Bentuknya lebih kecil daripada headphone atau headset dan mudah dibawa kemana – mana. Fungsinya untuk mendengarkan audio dan dilengkapi mic untuk berkomunikasi dua arah. Cara menggunakannya dengan memasangkan kabel pada gadget, lalu pasangkan earphone secara langsung ke lubang telinga. Tapi sekarang juga ada inovasi earphone nirkabel, seperti earphone bluetooth atau rekomendasi TWS (True Wireless Stereo).

2. Headphone

Bentuknya lebih besar dari earphone dan terdapat bando yang menghubungkan dua speaker kanan dan kiri. Kualitas speaker-nya juga lebih bagus, sehingga memungkinkan pengguna mendengar rentang frekuensi audio terbaik. Di dalamnya juga tersemat peredam suara agar pengguna tidak terganggu suara dari luar.

3. Headset

Dari segi fisik mirip dengan headphone. Kualitas audionya juga bagus dan dilengkapi peredam. Yang membedakan, headphone hanya untuk mendengarkan. Sedangkan headset dilengkapi mikrofon yang memungkinkan pengguna menerima telepon. Sehingga lebih sering difungsikan untuk melakukan teleconference.

Rekomendasi Earphone Terbaik

1. Elibuds Sabia V6: Earphone Murah Terbaik Karya Anak Bangsa

Produk earphone buatan Indonesia yang menghasilkan karakter suara dinamis dengan dengan treble dan mid berkualitas. Suara bass-nya juga terdengar cukup dominan. Dilengkapi mikrofon dan remote untuk telepon.

2. Sony MDR-XB55AP: Kualitasnya Tak Kalah Dari Headphone

Earphone dengan teknologi powered bass duct++ yang menghadirkan suara bass responsif dan mendalam. Hasil suaranya juga penuh tenaga tanpa distorsi dengan sensitivitas 112 dB/mW. Perangkat ini juga dilengkapi remote in-line dan mikrofon.

3. VE Monk Plus: Seru Buat Karaokean

Memiliki rentang frekuensi suara yang lebar dan mengutamakan kejernihan suara hingga terdengar natural, termasuk perpaduan mid dan bass. Dilengkapi bantalan karet, busa yang empuk, serta kualitas mic terbaik untuk mendukung karaoke.

4. Xiaomi 1More Voice Edition Piston: Cocok Untuk Mendengarkan Musik Akustik

Menggunakan kombinasi bahan silikon dan metal yang lembut. Mampu menghasilkan denting gitar akustik, piano, hingga suara desahan penyanyi terdengar lebih jelas. Earbuds-nya juga lembut dan terasa nyaman di telinga, bahkan saat dipakai untuk waktu yang relatif lama.

5. Dacom P10: Earphone Wireless Untuk Olahraga

Terbuat dari bahan silikon yang lembut, anti debu, dan tahan terhadap keringat. Cocok dipakai mendengarkan musik sambil jogging atau bahkan saat berenang. Daya tahan baterainya mencapai 6 jam untuk pemakaian normal.

6. Razer Hammerhead Pro V2: Merek Earphone Terbaik Untuk Gaming

Earphone khusus gaming dengan driver dinamis berukuran ekstra besar untuk mengoptimalkan suara akustik dan performa bass lebih jernih. Suara mikrofonnya juga jernih tanpa delay, sehingga komunikasi bisa berjalan lancar saat bermain game.

7. Vyatta Airboom Pro: Earphone TWS Terbaik 2022 Paling Terjangkau

Jika kamu mencari earphone TWS murah terbaik, produk dari Vyatta ini bisa menjadi pilihan terbaik. Menggunakan software EQ tuning yang menghasilkan suara bass terbaik dan dilengkapi dengan fitur noise cancelling untuk meredam suara sekitar.

Rekomendasi Headphone Terbaik

1.  AKG K240 MKII: Desain Ergonomis Dengan Kualitas Suara Terbaik

Dilengkapi fitur semi-open back untuk tracking dan mixing. Frekuensinya mencapai 25.000 hz dengan tingkat impedansi hingga 55 ohm. Kualitasnya suaranya super halus dan seimbang. Desainnya pun ergonomis, dengan ear cups bulat yang pas di telinga.

2. Sony MDR-ZX110: Cocok Untuk Penggemar RnB

Bagian earcup-nya terbuat dari bantalan yang lembut dan terasa nyaman dipakai. Dilengkapi driver dinamis yang ringan, serta menghasilkan suara yang jernih dan ritmis, termasuk jenis suara bass. Cocok untuk kamu yang suka mendengarkan musik techno dan RnB.

3. Pioneer HDJ C70: Hampir Setara Headphone DJ

Memiliki desain ear cups yang dapat diputar 90 derajat. Dilengkapi driver berdiameter 40 mm dan menghasilkan kualitas suara hingga 200 dB dan frekuensi tingkat 1-32.000 hz. Kualitasnya layak diperhitungkan dengan headphone DJ profesional.

4. Shure SRH1840: Kualitas Bagus Dan Tahan Lama 

Dilengkapi fitur pen-black untuk mengoreksi keluar masuknya gelombang suara. Mampu menghasilkan suara akustik, audio natural dan wide, dan bass yang akurat. Terbuat dari stainless steel yang memberikan ketahanan ekstra.

5. Sennheiser HD 4.50 BTNC: Merek Headphone Terbaik Dengan Stereo Jack

Menggunakan teknologi noisegard yang menghasilkan suara mengesankan dan bebas gangguan suara sekitar. Dilengkapi dengan noise cancellation, wireless bluetooth, dan 3,5 mm stereo jack yang mudah disambungkan ke berbagai perangkat universal lainnya.

6. JBL T450 BT: Headphone Praktis Yang Bisa Dilipat

Memiliki kualitas bass murni yang deep dan powerful. Dilengkapi driver berukuran 32 mm dan bahan ear pad yang nyaman dan  terasa lembut di telinga. Desainnya flat-foldable, sehingga dapat dilipat, bisa lebih praktis saat disimpan ke dalam tas kamu.

7. Beats Solo 2 Wireless: Headphone Modis Dan Fleksibel

Dilengkapi headband yang fleksibel dan bentuknya melengkung sempurna. Mampu menghasilkan dentuman suara bass yang fantastis. Desainnya futuristik dan berukuran lebih kecil, sehingga terkesan mewah dan tampak lebih modis.

Rekomendasi Headset Terbaik

1. Sony MDR-CD900ST: Rekomendasi Headset Terbaik Sony

Menghasilkan kualitas audio terbaik dan super tajam. Suara vokalnya intim, bass sampai treble-nya luas. Meskipun keluaran lama, tapi punya ketahanan yang kuat.

2. Audio-Technica ATH-M50X: Headset Yang Bagus Untuk DJ

Menghasilkan suara yang energik dan sedikit bassy. Sehingga terdengar lebih jelas dan hidup. Desainnya juga terlihat stylish dan modern. Banyak digunakan para DJ saat memainkan musik.

3. Logitech H150: Headset Murah Terbaik Dengan Fitur Lengkap

Harganya hanya ratusan ribu, tapi fitur – fiturnya sangat lengkap. Mulai dari fitur noise-cancelling untuk meredam kebisingan di sekitar, suara full-stereo, hingga mikrofon yang bisa diputar. Desainnya minimalis dan mudah disimpan.

4. Takstar HD5500: Kualitas Audio Terbaik Dan Terasa Nyaman

Menggunakan driver 50 mm dengan kemampuan memblokir suara bising di sekitar. Dilengkapi juga dengan ear cup yang terasa nyaman dan menutupi seluruh bagian telinga.

5. Yoga X-02: Headset Bass Terbaik Untuk Gaming Dan Mendengarkan Musik

Memiliki frekuensi respon 10 Hz – 24 kHz dan menyediakan kabel hingga 1,3 meter. Mampu menghasilkan suara super jernih, termasuk kualitas suara bass yang pas. Kompatibel untuk bermain game atau sekadar mendengarkan musik.

6. Fostex T50RP MK3N: Headset Bagus Untuk Rekaman Profesional

Sering direkomendasikan untuk proses perekaman profesional. Karena menghasilkan treble dan efek bass yang tajam. Frekuensi responnya 15 Hz – 35 kHz dan menjadi headset andalan saat mastering.

7. AKG Y50: Merek Headset Terbaik Yang Stylish

Dentuman bass-nya terdengar jelas tanpa ada suara di sekitar yang ikut terbawa. Desainnya stylish dengan pilihan warna yang colorful. Tapi jika ingin yang berwarna netral juga ada.

Jadi, mau pilih earphone, headphone, atau headset? Yang pasti, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu sehari – hari. Belanja perangkat audio favoritmu di JD.ID yang punya koleksi produk terlengkap dan terjamin orisinal. Menariknya lagi, kamu juga bisa checkout menggunakan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0%. Cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi tanpa tambahan DP atau biaya admin dengan tenor 1 hingga 12 bulan. Dapatkan juga kesempatan menikmati voucher diskon eksklusif yang bisa bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, download Atome sekarang juga!

Promo menarik buat kamu dari Atome, yaitu MAP Extra Deals! Dapatkan potongan langsung Rp50.000 + free MAP e-voucher, untuk pengguna setia Atome dari tanggal 15 sampai dengan 29 Agustus 2022 ini.

Dan ada juga promo yang tak kalah menariknya dari Sociolla! Kamu berkesempatan mendapatkan potongan up to Rp300.000, berlaku untuk pengguna setia Atome, dari tanggal 1 hingga 31 Agustus 2022.

Promo – promo menarik di atas tentunya sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku ya! Jangan sampai ketinggalan, buruan!

Main keywords of the article: