3 hal yang harus kamu tahu tentang Bill atau Tagihan Atome

Aug 02 2022

Sering mendengar istilah “Bill” pada aplikasi Atome, tapi masih bingung apa itu Bill sebenarnya? Biar kamu tidak merasa bingung lagi, baca artikel blog ini sampai selesai ya! Istilah “Bill” atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan “Tagihan” adalah merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari Atome. Untuk memahami apa itu Bill, kenali cara kerja Atome terlebih dahulu dan ketahui beberapa fitur menariknya berikut ini.

Apa Itu Bill Pada Aplikasi Atome?

Jadi, Atome merupakan aplikasi buy now pay later yang memungkinkan kamu untuk bisa belanja berbagai kebutuhan dengan fasilitas cicilan 0%. Kini kamu tak perlu menunda belanja hanya karena harganya terlalu mahal atau karena kamu belum mempunyai dana yang mencukupi. Karena dengan menggunakan Atome, kamu bisa belanja semua kebutuhan kamu sekarang juga, dan bayar nanti dengan sistem cicilan. Nah, ingat kata kuncinya baik – baik, yaitu “belanja sekarang” dan “bayar nanti”.

Artinya, setelah kamu berhasil belanja produk menggunakan Atome, maka kamu perlu membayarnya dengan sistem cicilan. Total transaksi yang belum terbayar itulah yang disebut Tagihan Atome. Besarnya tagihan tersebut bisa kamu cek dengan mudah melalui menu Bill yang ada di aplikasi Atome. Sama halnya dengan utang atau kredit, tagihan Atome wajib kamu bayar sesuai nominal, tenor, dan batas waktu yang telah ditetapkan. Pembayaran tagihannya juga bisa langsung diselesaikan di aplikasi Atome, bukan di merchant tempat kamu belanja tadi.

Sebagai contoh, kamu belanja baju dan sepatu senilai 1 juta rupiah di Matahari Department Store. Lalu saat ke kasir, kamu membayarnya menggunakan aplikasi Atome, sehingga tak perlu mengeluarkan uang belanja saat itu juga. Dari transaksi itu, kamu punya tagihan sebesar 1 juta rupiah yang harus kamu bayar ke depannya sesuai dengan tenor yang kamu pilih di aplikasi Atome. Cek detail tagihannya pada menu Bill yang ada di aplikasi Atome. Lalu bayar total tagihan itu sesuai ketentuan yang berlaku. Salah satunya, jangan sampai lewat dari tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Pembayarannya ini sendiri bisa langsung diselesaikan di aplikasi Atome. Jadi, kamu tak perlu datang ke Matahari Department Store lagi untuk menyelesaikan tagihan. Praktis sekali bukan?

Fitur – Fitur Menarik

Setelah mengetahui apa itu Bill, sekarang ketahui juga bagaimana tampilan menu Bill pada aplikasi Atome dan bagaimana cara membayarnya. Untuk menjawab pertanyaan ini, ketahui dulu beberapa fitur menarik yang berkaitan dengan Bill pada aplikasi Atome berikut ini.

1. Detail Perencanaan Cicilan

Menu Bill yang ada pada aplikasi Atome akan menunjukkan detail semua transaksi yang telah kamu lakukan menggunakan Atome. Jadi, setelah kamu puas belanja berbagai kebutuhan dari beragam merchant, total belanja yang kamu habiskan menggunakan Atome akan terdata secara lengkap di menu Bill. Mulai dari nama merchant, tanggal transaksi, serta total belanja yang kamu habiskan. Dalam menu ini juga tertera detail tagihan, meliputi jumlah cicilan yang harus dibayar beserta tanggal jatuh temponya.

Dengan begitu, kamu bisa memantau berapa banyak transaksi yang telah kamu lakukan dan mengetahui kapan waktu bayar beserta nominal cicilannya. Tak ada lagi ceritanya lupa punya tagihan berapa, karena datanya bisa langsung dicek dengan mudah melalui menu Bill. Total tagihan juga akan terkurangi secara otomatis setelah kamu berhasil membayar cicilan. Jadi, tak perlu susah payah menghitungnya secara manual lagi.

Kamu juga tak perlu takut lupa bayar cicilan, sehingga beresiko terkena denda. Selain mengecek menu Bill secara berkala, kamu juga akan mendapatkan reminder otomatis dari Atome setiap H-3 sebelum tanggal jatuh tempo. Pesan pengingat tersebut dikirimkanmelalui SMS dan notifikasi yang ada aplikasi Atome milikmu. Tentu kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan bisa langsung menyelesaikan cicilan sebelum tenggat waktu berakhir.

2. Pembayaran Dengan VA

Sebagian dari kamu mungkin bertanya – tanya, bagaimana cara bayar tagihan Atome? Kalau sudah cek total tagihan di menu Bill, lalu bagaimana cara membayar nominal cicilannya? Caranya sangatlah mudah. Bayar dengan menggunakan metode transfer dari rekening bank milikmu. Kamu juga dapat membayar cicilan atau keseluruhan tagihan di Atome menggunakan virtual account (VA). Saat ini Atome menerima pembayaran tagihan pengguna dari berbagai rekening bank ternama, seperti BRI, BCA, BNI, dan Mandiri.

Tentunya, langkah – langkahnya sendiri sangatlah mudah dan praktis, serta tidak ada tambahan pajak atau suku bunga yang membebani. Jika ingin membayar tagihan Atome, cek menu Bill pada aplikasi Atome, lalu pilih metode pembayaran VA dari rekening bank milikmu.  Tinggal akses rekening bank milikmu melalui ATM atau aplikasi mobile banking. Lalu pilih transfer melalui Virtual Account dan masukkan nomor VA yang ditampilkan pada aplikasi Atome. Total transfernya pun akan terisi secara otomatis dan kamu cukup konfirmasi dengan memasukkan nomor pin. Tunggu beberapa saat sampai transaksi berhasil dilakukan.

Setelah pembayaran melalui VA berhasil diterima, aplikasi Atome akan memperbarui tagihan milikmu secara otomatis. Total tagihannya akan terkurangi sesuai nominal cicilan yang telah kamu bayarkan. Sisa tagihan tersebut bisa kamu bayarkan kembali dengan cara yang sama, yaitu dengan menggunakan virtual account.

3. Histori Tagihan

Tidak hanya berisi detail tagihan yang masih berlangsung, aplikasi Atome juga menampilkan history transaksi dan tagihan lama. Dengan begitu, kamu bisa melacak semua transaksi yang pernah kamu lakukan menggunakan Atome. Misalnya, untuk mencari tahu merchant apa saja yang pernah kamu kunjungi, produk yang telah dibeli, serta total belanja dan tanggal transaksinya. Dari data itu kamu bisa melakukan analisa dan evaluasi keuangan selama ini, sebagai bahan pertimbangan dalam mengelola anggaran bulanan.

Dari data itu kamu pun tak perlu susah payah membuat laporan pengeluaran secara manual. Tinggal track data pengeluaranmu melalui aplikasi Atome dan lakukan analisa dari setiap transaksi yang pernah dilakukan. Ini menjadi salah satu fitur yang menarik untuk membantumu dalam mengatur keuangan sehari – hari. Karena itulah, Atome bukan sekadar alternatif metode pembayaran, tapi telah menjadi bagian dari kebutuhan gaya hidup modern.

Atome adalah aplikasi pay later yang memungkinkan penggunanya belanja berbagai kebutuhan sekarang dan bayar nanti dengan sistem cicilan. Besarnya cicilan itulah yang kemudian disebut bill atau tagihan. Cek total tagihan dan nominal cicilan bulanan yang harus kamu bayar melalui menu Bill pada aplikasi Atome. Bayar dengan metode pembayaran yang tersedia, termasuk virtual account dari rekening bank yang kamu punya. Pastikan menyelesaikan tagihan sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda atau resiko akun dibekukan. Dengan begitu, kamu tetap bisa memakai Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% saat bertransaksi di 6.500 lebih merchant yang bekerjasama. Nikmati juga kesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat dan menguntungkan. Segera download Atome sekarang dan dapatkan semua keuntungannya!

Main keywords of the article: