Blog

Apa itu Atome dan bagaimana cara menggunakannya

Aug 02 2022

Atome atau yang dikenal dengan cara pengucapan “A-to-me” (available to me) adalah aplikasi pay later terkemuka di Asia. Aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli berbagai kebutuhan sekarang dan membayarnya kemudian ini diluncurkan sejak Desember 2019 di Singapura. Setahun kemudian, yaitu pada Agustus 2020, Atome mulai masuk dan aktif di Indonesia. Kini Atome telah digunakan di 9 negara di Asia Tenggara dan Cina. Mulai dari Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Taiwan, Hong Kong, dan Tiongkok.

Ini menunjukkan Atome menjadi pilihan pembayaran banyak orang di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, aplikasi Atome telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dari Google Store dan App Store. Pencapaian ini tidak terlepas dari banyaknya kelebihan Atome. Baik dari segi layanan, fitur – fitur yang dihadirkan, serta penggunaan yang mudah. Baca ulasan berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Keunggulan Aplikasi Atome  

Atome menawarkan banyak kemudahan belanja bagi para penggunanya melalui beberapa keunggulan berikut:

  • Cara pendaftaran mudah. Cukup daftar secara online menggunakan nomor HP dan email aktif serta KTP asli untuk verifikasi data. Tidak perlu melampirkan slip gaji atau sejenisnya.
  • Fasilitas cicilan 0% (tanpa bunga) dan tanpa DP, serta biaya admin lainnya. Sehingga pengguna cukup membayar tagihan sesuai nominal transaksi yang dihabiskan.
  • Tenor cicilan fleksibel, di mana pengguna bisa menyelesaikan tagihan dalam waktu 1 hingga 12 bulan. Jika nominal tagihan kamu kecil, kamu bisa memilih tenor yang singkat, sementara jika nominal tagihannya besar, kamu bisa memilih tenor cicilan lama.
  • Bekerja sama dengan 500 brand ternama dari berbagai kategoridengan 6.500 lebih store. Baik itu store – store online maupun offline di seluruh Indonesia.
  • Banyak promo menarik yang membuat belanjamu semakin hemat. Mulai dari welcoming voucher, diskon spesial, promo cashback, dan beragam lainnya.

Fitur – Fitur Atome

Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses dan menggunakan layanan, aplikasi Atome dilengkapi berbagai fitur menarik dengan desain yang intuitif, di antaranya:

1. Hanya Perlu Scan Kode QR

Sebagai aplikasi yang mendukung generasi tech-savvy, tentunya Atome dibekali teknologi canggih yang memudahkan para penggunanya saat melakukan transaksi. Salah satunya adalah cara pembayaran digital menggunakan kode QR. Kini tak perlu repot membawa banyak uang atau kartu lagi. Cukup bawa smartphone dan gunakan aplikasi Atome untuk membayar total belanja. Jika bertransaksi secara langsung ke merchant Atome, kamu tinggal untuk scan kode QR yang diberikan kasir. Lalu pilih tenor cicilan, yaitu antara 1, 2, 6, dan 12 bulan. Tak sampai 5 menit, transaksimu pun berhasil dan kamu bisa membawa pulang produk yang telah kamu ambil.

2. Ragam Kategori Merchant

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Atome telah bekerja sama dengan banyak brand dari berbagai kategori. Nah, untuk memudahkanmu mengecek daftar merchant satu per satu, maka aplikasi Atome dilengkapi menu kategori merchant, di antaranya:

  • Women.Berisi daftar brand dan store yang menyediakan produk – produk khusus wanita, seperti kebutuhan fashion dan perhiasan.
  • Men.Berisi daftar brand dan store yang menyediakan produk-produk khusus pria, seperti pakaian, sepatu, tas, dan lain lainnya.
  • Beauty.Berisi daftar brand atau store yang menyediakan produk kecantikan, seperti skincare, hair care, body care, kosmetik. Ada juga beberapa layanan kecantikan, seperti salon dan klinik estetik.
  • Home. Berisi brand atau store yang menyediakan perlengkapan rumah, seperti furnitur, perabotan rumah tangga, dekorasi, dan yang lainnya.
  • Baby & Kids.Berisi brand atau store produk – produk kebutuhan bayi dan anak – anak. Mulai dari pakaian, mainan, susu, diaper, dan keperluan lainnya.
  • Health.Berisi brand atau store yang menyediakan produk dan layanan kesehatan. Mulai dari penyedia obat atau suplemen kesehatan, perawatan gigi, dan beragam brand di bidang kesehatan yang kamu perlukan.
  • Electronics.Berisi brand atau store yang menyediakan produk – produk elektronik, seperti HP, laptop, TV, AC, magic com, mesin cuci, dan beraneka ragam lainnya.
  • Food & Drinks.Berisi brand atau store yang menyediakan produk – produk makanan dan minuman, seperti supermarket, restoran, kafe, brand minuman kekinian, dan yang lainnya.
  • Sport & Outdoor. Berisi brand yang menyediakan layanan olahraga, seperti tempat gym. Atau brand dan store yang menyediakan perlengkapan olahraga dan kegiatan outdoor, seperti sportswear, peralatan camping, hiking, dan aneka keperluan lainnya.
  • Lifestyle.Berisi brand atau store yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk menunjang produktivitas, hobi, dan gaya hidup lainnya.
  • Travel. Berisi brand yang menyediakan layanan perjalanan, seperti aplikasi pemesanan tiket dan penyedia akomodasi.

Kamu juga bisa memastikan suatu brand sudah bekerja sama dengan Atome atau belum hanya dengan mengetik namanya di kolom pencarian. Mudah banget bukan?

3. Banner Promo Dan Deals

Atome sering menawarkan promo spesial yang bekerja sama dengan berbagai brand. Agar kamu tidak ketinggalan promo terbaru, tinggal cek informasinya melalui banner promo dan deals yang ada di aplikasi Atome. Cek di bagian Home, terdapat dua menu promo yang bisa kamu cek, yaitu “Yang Baru dan Menarik” dan “Penawaran”. Atome selalu memperbarui informasi promo secara berkala, jadi bisa dipastikan semua info promo yang ditampilkan masih berlaku. Tinggal klik salah satu promo, lalu cek detail promonya, meliputi syarat, ketentuan, dan masa berlaku promo bersangkutan.

4. Bill Dan Saya

Desain interface aplikasi Atome dibuat super simpel agar lebih praktis dan user friendly. Hanya ada tiga button di bagian bawah, yaitu menu Home, Bill dan Saya. Pada bagian “Home” berisi kategori merchant dan banner promo seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan pada menu “Bill”, kamu bisa mengecek daftar transaksi yang telah kamu lakukan menggunakan Atome. Jangan lupa untuk membayar semua tagihan di menu Bill sesuai tenor sebelum tanggal jatuh tempo berakhir. Yang terakhir, ada menu “Saya”, di mana kamu bisa melakukan pengaturan akun, seperti verifikasi data diri, ganti kata sandi, dan lainnya.

Cara Daftar Dan Menggunakan Atome

Tak perlu bingung jika kamu berencana mendaftar dan menggunakan Atome. Karena langkah – langkah pendaftaran dan menggunakannya sangatlah mudah, yaitu:

  • Download aplikasi Atome melalui Google Store atau App Store di smartphone milikmu.
  • Daftar akun Atome dengan menggunakan nomor HP dan alamat email aktif.
  • Verifikasi data dengan mengunggah foto KTP asli dan selfie.
  • Mulai transaksi di merchant favoritmu, baik secara offline atau online.
  • Jika transaksi offline, pindai kode QR Atome saat membayar ke kasir.
  • Jika transaksi online,pilih metode pembayaran Atome saat checkout di website resmi merchant bersangkutan.
  • Cek menu Bill pada aplikasi Atome untuk melihat total tagihan yang harus dibayar.
  • Bayar tagihan dengan sistem cicilan sesuai tenor sebelum tanggal jatuh tempo.

Singkatnya, Atome adalah layanan buy now pay later berbasis aplikasi mobile yang bisa memberi kamu banyak kemudahan belanja. Dengan mendaftar akun Atome, kamu bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% saat bertransaksi di 6.500 lebih merchant yang bekerja sama. Tak perlu bayar DP atau biaya admin, cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi yang kamu habiskan. Tenor cicilannya juga cukup fleksibel, yaitu mulai 1 hingga 12 bulan. Untungnya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, download Atome sekarang dan rasakan pengalaman belanja masa kini. Jangan lupa untuk mengikuti juga semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru!

Main keywords of the article: