5 tips kelola finansial secara optimal

Orang yang sukses dalam finansial bukanlah orang yang memiliki penghasilan besar. Sebesar apa pun penghasilan yang didapat, jika tidak dikelola dan diatur dengan baik pasti akan habis. Karena itu, tips kelola finansial merupakan hal penting yang harus didapatkan etiap orang agar memiliki tabungan yang cukup untuk menghadapi kondisi ekonomi yang dinamis.

Kebiasaan konsumtif dengan menggunakan kartu kredit secara berlebihan, kerap menimbulkan masalah di kemudian hari. Kesulitan membayar tagihan, membuat bunga dan denda yang harus dibayar terus bertambah, sehingga muncullah utang.

Baca juga: 5 tanda wanita mandiri secara finansial: kamu juga bisa!

Tata kelola finansial yang tidak maksimal dapat membuat utang menumpuk. Hal tersebut yang mengakibatkan rasio utang dan penghasilan tidak stabil. Pada akhirnya, kebutuhan primer tidak dapat terpenuhi karena penghasilan yang didapat hanya digunakan untuk membayar cicilan utang.

Untuk itu, kita semua harus memiliki pengelolaan finansial yang baik dan disesuaikan, untuk menghindari bad debt expense, serta menjaga agar rasio utang dan penghasilan tetap stabil. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kestabilan finansial, dan berikut ini adalah lima tips untuk mengelola finansial secara optimal.

Berhenti Langganan Layanan yang Kurang Digunakan

Banyaknya layanan digital dengan berbagai penawaran hiburan, disertai berbagai promosi membuat kita tergiur untuk mencoba. Pada akhirnya, kita terjebak dalam langganan produk yang sebetulnya kurang bermanfaat dan tidak terlalu sering digunakan.

Langganan layanan yang kurang produktif tersebut berpotensi untuk mengganggu kondisi finansial. Coba cek aplikasi di HP kamu sekarang, ada berapa langganan VOD atau streaming audio yang ter-install dan masuk dalam daftar langganan kamu.

Nah, coba dipertimbangkan lagi layanan mana yang kamu gunakan secara reguler dan hentikan langganan yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu masih bisa menambah tabungan atau budget-nya bisa dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat atau bersifat produktif.

Mempertimbangkan Kembali Penggunaan Kartu Kredit

Tidak diragukan lagi kalau kartu kredit bisa disebut sebagai “Life Savior” pada saat mendesak, apalagi saat tanggal tua datang. Cara pakai yang mudah, “tinggal gesek”, menjadi sebuah kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Namun, potensi masalah datang ketika kita lupa penggunaan kartu kredit sehingga terjadi “over limit” atau kehabisan dana saat tagihan datang.

Baca juga: 7 tips rencana keuangan cerdas ala Atome

Karena itu, perencanaan finansial yang matang dibutuhkan agar kita tidak berlebihan dalam menggunakan kartu kredit. Kita harus me-review kembali penggunaan kartu kredit dan merencanakan pengeluaran apa saja yang bisa dicover oleh kartu kredit. Sehingga, perencanaan finansial kita lebih terukur dan teratur.

Prioritaskan Pelunasan Utang

Utang adalah hal yang tidak boleh dilupakan dalam struktur finansial. Sebagai generasi yang melek soal finansial, utang menjadi hal yang biasa untuk membantu memenuhi kebutuhan.

Tetapi, kita harus selalu ingat kalau utang harus dibayar. Sekecil apa pun utang, tidak mungkin tanpa risiko. Hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus memiliki alokasi dana untuk membayar utang, agar tidak menjadi beban finansial pada masa mendatang. Semakin panjang periode pembayaran dapat memengaruhi besar utang yang harus kita bayarkan. 

Alasan tersebut membuat pelunasan utang harus diprioritaskan agar tidak menjadi masalah terhadap finansial kita.

Otomatisasi Tabungan

Menabung menjadi hal yang biasa sejak masa lampau. Bahkan, ada ungkapan yang mengatakan “Menabung pangkal Kaya”. Tentu saja, kaya merupakan tujuan orang yang bekerja dan mencari pendapatan.

Namun, ada beberapa hal yang membuat menabung itu menjadi hal yang sulit dilakukan. Perilaku yang terlalu konsumtif, terkadang membuat kita lupa untuk menyisihkan uang yang didapat untuk menabung.

Beruntungnya, dengan kemajuan layanan perbankan, kita bisa menabung secara otomatis. Nasabah bisa mengatur dan memberikan otorisasi kepada pihak bank, untuk menyisahkan sejumlah uang pada waktu tertentu dan periode tertentu.

Layanan tersebut akan sangat membantu kita untuk mengatur struktur finansial agar lebih stabil dan menyisihkan dana cadangan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Optimasi Atome

Kehadiran Atome pada era digital tentu untuk memudahkan kita dalam mengatur struktur finansial. Sebagai penyedia layanan finansial, Atome dapat membantu kamu untuk mendapatkan kebutuhan yang mendesak dengan pilihan perencanaan pembayaran yang variatif.

Atome akan memberikan pilihan pay later yang bisa kamu pilih, sesuai dengan kemampuan membayarmu, sehingga tidak mengganggu struktur finansial kamu. Selain itu, dengan adanya simulasi perencanaan pembayaran dari Atome, kamu juga bisa mempertimbangkan ulang mengenai waktu yang tepat untuk mendapatkan kebutuhan.

Mulai pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhanmu dengan Atome, agar struktur finansial kamu lebih stabil dan tidak ada pengeluaran yang berlebih. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan promo-promo menarik dari brand, partner, atau outlet yang bekerjasama dengan Atome.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0%, tanpa bunga, fasilitas cicilan Atome juga bebas dari DP, serta biaya admin. Tak seperti layanan kredit pada umumnya, pengajuan cicilan Atome sangatlah mudah dan praktis. Cukup download aplikasi Atome, lalu daftar menggunakan KTP dan nomor HP. Nantinya kamu bisa langsung gunakan transaksi di 7.700 lebih toko online dan offline. Tunggu apalagi, yuk segera dekorasi rumahmu untuk perayaan tahun baru Imlek tahun ini! 

Diskon hingga 10% untuk transaksi pertama
Copyright 2023 Atome. All rights reserved.
PT Atome Finance Indonesia
Treasury Tower Lantai 16 Unit J
Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53
Lot 28, Senayan, Kebayoran Baru,
Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI
Jakarta, 12190
PT Atome Finance Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Atome Finance Indonesia
Email: support@atome.id
Atome paylater: (021) 50251717
Atome card: (021) 50711722

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010