Blog

6 Alasan Mengapa Belajar Bahasa Cina Itu Penting

Jul 23 2021

Bagi kamu penutur asli bahasa Indonesia, tampaknya mempelajari bahasa Cina atau bahasa Mandarin menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Bahasa Mandarin terlihat rumit dan membingungkan. Mulai dari adanya perbedaan pelafalan, bunyi, sistem penulisan, hingga tata bahasanya.

Namun, tahukah kamu bahwa bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa dengan jumlah pemakai terbesar di dunia? Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal apa saja sih yang membuat bahasa Mandarin patut untuk dipelajari? Ini dia 6 alasannya.

1. Jumlah Penutur Bahasanya Banyak Dan Tersebar Di Dunia.  

Pada tahun 2010, pemakai bahasa Mandarin sudah mencapai 960 juta jiwa yang tersebar di banyak wilayah di dunia. Seiring dengan kemajuan Tiongkok dalam bidang ekonomi, bahasa Mandarin semakin diminati oleh banyak orang. Karena dengan mempelajari bahasa Mandarin, semua orang dapat dengan mudah menjalin relasi bisnis dan pendidikan dengan Tiongkok.

Hingga saat ini, fakta menunjukkan bahwa bahasa Mandarin hampir digunakan di seluruh belahan bumi. Jadi, tidak ada salahnya bukan jika kamu belajar bahasa Mandarin mulai dari sekarang? Karena mungkin beberapa tahun lagi, bisa saja beberapa orang di sekitar kamu juga menggunakan bahasa Mandarin.

Di masa yang akan datang, jumlah orang-orang di dunia yang menggunakan bahasa Mandarin akan terus meningkat dan kamu harus mempersiapkan diri untuk bisa berbahasa Mandarin, sehingga kamu dapat terus berkompetisi dan berkomunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia.

2. Semakin Banyak Peluang Pekerjaan

Siapa nih yang sedang berjuang mencari pekerjaan? Pernahkah kamu menemukan syarat yang mengharuskan pelamar bisa berbahasa Mandarin? Sangat banyak ‘kan? Nah, itulah sebabnya mengapa bisa berbahasa Mandarin dapat memperluas peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

Banyak perusahaan lebih suka memperkerjakan orang yang lancar berbahasa Mandarin. Hal ini karena bahasa Mandarin merupakan pra-syarat untuk banyak pekerjaan di Asia Tenggara dan juga organisasi multinasional di Eropa, Australia, dan Amerika yang ingin memperluas perusahaan mereka di Cina, atau area lainnya yang berbicara dalam bahasa Mandarin.

Dengan potensi pasar yang ada di mana saja, setiap perusahaan akan berusaha menemukan pelanggan mereka. Mengerti keinginan pelanggan-pelanggan, latar belakang mereka, dan kehidupan mereka sehari-hari sangat penting dalam menyesuaikan produk dengan mereka. Berbicara dalam bahasa Mandarin tidak hanya dapat membantu kamu bekerja sama dengan penyedia, produsen, distributor atau koneksi bisnis, hal ini juga dapat membantumu untuk berkomunikasi dengan pelangganmu. Belajar bahasa Mandarin juga dapat membuka lebih banyak pintu ke peluang karier yang lebih baik.

Tiongkok menjadi peringkat ketiga investor terbesar negara Indonesia dan banyak sekali pengusaha Cina yang sedang melakukan ekspansi besar-besaran ke negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Ini artinya, sumber daya manusia yang dapat berbahasa Mandarin ke depannya akan sangat dibutuhkan. Sebelum terlambat berkompetisi dengan yang lain, yuk mulailah untuk belajar bahasa Mandarin dari sekarang!

3. Komunikasi Saat Travelling Jadi Lebih Mudah

Tidak semua masyarakat Tiongkok bisa berbahasa Inggris. Dampaknya, hampir semua menu makanan yang ada di toko maupun restoran hanya ditulis menggunakan bahasa Mandarin. Jika kamu berlibur ke Tiongkok dan tidak memiliki kemampuan bahasa Mandarin, hal ini bisa menyusahkan kegiatanmu selama berlibur ke Tiongkok. Bahkan kamu bisa salah memilih restoran yang tidak halal untuk kamu makan. Apalagi mengingat bahwa kebanyakan masyarakat Tiongkok mengkonsumsi bahan makanan yang berbeda dengan kebiasaan makanan kamu.

Tentu saja dengan menguasai bahasa Mandarin, kamu akan lebih mudah untuk menikmati hidangan lezat yang ditawarkan di restoran dan menentukan pilihan yang terbaik. Memiliki kemampuan berbahasa Mandarin juga akan membantu kamu untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat dan melakukan tawar menawar saat membeli barang.

Bahasa Mandarin sendiri tidak hanya digunakan di Tiongkok loh. Negara Taiwan, Malaysia, Singapura juga merupakan negara yang sering menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa komunikasi mereka sehari-hari. Dengan menguasai Mandarin, kamu akan dapat travelling lebih mudah dong pastinya.

4. Lebih Mudah Memahami Budaya Tiongkok

Untuk kamu yang ingin mempelajari budaya dan sejarah Tiongkok secara mendalam, kamu harus mengerti bahasa Mandarin terlebih dahulu ya. Perlu kamu tahu nih, belajar dan mengenal budaya serta sejarah Tiongkok menjadi salah satu hal yang menyenangkan karena kamu akan menemukan banyak fakta – fakta menarik mengenai Tiongkok.

Mempelajari budaya dan sejarah tidak hanya dapat dilakukan dengan berkaitan dengan sejarah nasional Tiongkok, namun ada banyak fakta yang hanya ada di dalam budaya masyarakat Tiongkok dan tidak akan pernah bisa kamu terjemahkan ke dalam bahasa lain. Cukup menarik ‘kan?

5. Memperluas Dunia Bisnis

Ketahuilah fakta bahwa di Indonesia, komunitas Mandarin berdiri dan beranggotakan lebih dari 500.000 orang loh. Dan di dunia bisnis, Cina telah menjelma sebagai pemeran utama. Dengan bisa menggunakan bahasa Mandarin, kamu dapat membuka peluang lebih menjalin kerjasama dengan mereka. Dan tentu saja, kamu juga perlu melakukan sebuah perjalanan ke Cina untuk mendemonstrasikan keahlian yang kamu miliki agar peluang bisnismu semakin luas.

Menariknya, memang banyak orang yang berasal dari luar Tiongkok ikut tertarik untuk datang dan menjalin kerja sama dalam hal bisnis. Mereka datang ke Tiongkok dan mencari peluang usaha yang kira-kira menguntungkan, khususnya di bidang ekspor – impor. Ini akan menjadi sebuah peluang yang besar juga jika kamu bisa berbahasa Mandarin.

6. Menambah Relasi Pertemanan

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa bahasa Mandarin atau bahasa Cina ini memiliki jumlah penutur yang sangat banyak, maka, jangan heran kalau kamu bepergian ke luar negeri, akan banyak orang yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa sehari-hari mereka. Jadi, jika kamu bisa berbahasa Mandarin, kamu akan lebih mudah menambah teman.

Selain lebih mudah mendapatkan pertemanan, kamu juga akan mendapatkan koneksi yang akan sangat berguna bagi hidup kamu. Dengan bahasa, orang yang tadinya asing dan  tidak dekat sama sekali dengan kamu, bisa langsung akrab jika kamu menggunakan bahasa yang sama dengannya. Percaya deh! Apalagi jika kamu mempelajarinya sejak kecil.

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik untuk belajar bahasa Mandarin? Kamu bisa belajar bahasa Mandarin melalui berbagai cara. Mulai dari mengambil kursus bahasa di sekolah khusus, mengikuti kursus privat dengan guru bahasa Mandarin, mengunduh aplikasi bahasa Mandarin, belajar melalui web, mempunyai sahabat pena orang Cina, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk anak-anak, mereka bisa mempelajari bahasa Mandarin melalui LingoAce. LingoAce percaya bahwa menguasai suatu bahasa bisa menjadi kunci untuk mendapatkan berbagai pengalaman baru, khususnya Mandarin. Bahasa Mandarin bukanlah bahasa yang mudah untuk dikuasai, karena itu LingoAce berusaha untuk membantu anak-anak menguasai bahasa Mandarin yang autentik dengan cara yang menarik dan efektif.

LingoAce  memiliki visi untuk memberikan masa depan yang cerah bagi anak-anak di seluruh dunia melalui pembelajaran bahasa yang autentik. Cukup menarik ‘kan? Dan akan  lebih menguntungkan jika kamu menggunakan metode pembayaran di LingoAce tersebut dengan Atome. Karena dengan Atome kamu bisa mendapatkan pilihan pembayaran 3 atau 6 bulan sehingga pembayaranmu pun akan lebih ringan. Selamat belajar!