6 ski resorts di Asia dan perlengkapan yang harus kamu bawa

Nov 22 2022

Asia merupakan benua terbesar di dunia yang menawarkan beragam destinasi wisata terbaik. Salah satunya adalah lereng bersalju di medan pegunungan yang tersebar di Jepang, Korea, Cina, dan India. Tak hanya panorama yang memukau, destinasi tersebut juga menjadi jujukan para pecinta olahraga ski. Fasilitas resort di dalamnya juga lengkap, tidak kalah keren dari Uludag Ski Resort dan Erciyes Ski Resort yang ada di Turki. Tertarik mengunjunginya saat musim dingin nanti? Berikut rekomendasi ski resort mewah di Asia beserta perlengkapan ski yang harus kamu bawa.

Rekomendasi Ski Resorts Di Asia

Alam menawarkan hamparan salju yang sempurna untuk menghabiskan musim dingin nanti dengan bermain ski. Kini tak perlu jauh – jauh ke Eropa untuk berburu salju. Karena di beberapa negara Asia juga punya destinasi ski resort yang recommended untuk bermain ski dengan nyaman, di antaranya adalah:

1. Ski Resort Korea Intercontinental Alpensia, Korea Selatan

Lokasinya berada di pegunungan Taebaek di Pyeongchang yang menyediakan dua lereng lompat ski spektakuler. Di sana juga terdapat taman air Ocean 700, lapangan golf, dan tentunya kamar mewah, dan suite modern hingga 238 buah. Resort ini semakin memukau dengan pemandangan Danau Alpensia dan Gunung Balwang, serta restoran makan yang menawarkan berbagai hidangan lezat.

2. The Vale Niseko, Jepang

Resort yang di terletak di pinggiran atas desa Hirafu, Jepang, ini merupakan salah satu ski resort terbaik di Asia. Memiliki lereng bersalju yang cukup luas dengan pemandangan gunung Yotei yang terkenal. Di sana terdapat 49 apartemen dan 2 penthouse mewah dengan layanan terbaik. Fasilitasnya juga lengkap, termasuk adanya kolam renang outdoor berpemanas dan kakenagashi tradisional.

3. Appi Kogen, Jepang

Satu lagi resor ski Jepang yang begitu populer di kalangan pecinta olahraga ski dan snowboarding. Memiliki  trek yang dilapisi dengan butiran salju terbaik dan segar, serta dikelilingi pemandangan dataran tinggi Appi Kogen nan cantik. Resor ini memberikan pengalaman gastronomi Jepang otentik, mulai dari makanan dari bahan lokal terbaik, hingga bar dengan anggur berkualitas premium. Ada juga pemandian air panas Appi dengan sumber air panas alami yang kaya akan mineral.

4. Park Hyatt Changbaishan, Cina

Bergeser ke Cina, ada Park Hyatt Changbaishan yang memiliki lereng bersalju dengan indahnya pemandangan taman dan pegunungan. Resor bintang lima ini menyediakan 163 kamar, termasuk 10 vila dan 36 suite mewah. Fasilitasnya pun lengkap. Mulai dari restoran dengan dapur bergaya terbuka, kolam renang indoor berpemanas hingga kolam mineral panas outdoor yang bernuansa alam.   

5. Solang Valley Resort, India

Terletak di tepi sungai Beas di Kullu Valley dengan pemandangan Himachal Pradesh yang memesona. Resor ini menjadi salah satu tujuan ski paling terkenal di India yang juga menawarkan destinasi petualangan seru, seperti trekking dan camping. Di sana menawarkan 70 kamar mewah, serta fasilitas bar dan restoran yang menyajikan cita rasa otentik dari masakan Himachali di Dhaam.

6. The Khyber Himalayan Resort & Spa, India

Masih dari India, tapi kali ini berlokasi di Forest Block, Jammu dan Kashmir. Resor ini dikelilingi hutan konifer dan menawarkan pemandangan mengagumkan dari pegunungan Pir Panjal di Himalaya. Memiliki 85 kamar dengan arsitektur bergaya tradisional, tap dengan fasilitas mewah yang cukup lengkap. Salah satunya adalah fasilitas spa dan kolam renang berpemanas.

Tertarik berlibur ke daerah dingin? Cek perlengkapan yang harus dibawa saat liburan musim dingin di sini.

Tips Bermain Ski Untuk Pemula

Ragu bermain ski karena masih belum berpengalaman? Atau bahkan hanya tau soal ski lewat permainan My City Ski Resort di smartphone? Tak perlu takut untuk memulai belajar, karena semua pemain ski handal juga berawal dari seorang pemula. Ikuti kursus olahraga ski bersama instruktur profesional dan terus berlatih meningkatkan kemampuan. Berikut beberapa tips dasar bermain ski yang perlu kamu perhatikan.

  • Gunakan pakaian dan peralatan khusus ski. Mulai dari jaket yang tebal, sarung tangan, sepatu ski, papan ski, dan tongkat ski.
  • Pelajari teknik – teknik dasar bermain ski, yaitu membentuk kaki seperti huruf V yang memudahkan kamu meluncur atau berhenti. Pastikan juga kedua kaki kuat dalam menopang tubuh, sehingga tidak mudah terjatuh.
  • Bersikap tenang dan jaga pandangan fokus ke depan untuk menjaga keseimbangan dan mencegah resiko kecelakaan selama berseluncur.
  • Isi tenaga kembali usai bermain ski. Salah satunya dengan makan makanan hangat, seperti sup, serta minum minuman hangat, seperti cokelat panas.

Perlengkapan Ski Yang Harus Disiapkan

Olahraga ski tak hanya membutuhkan kondisi fisik yang prima. Tapi juga perlengkapan yang memadai untuk menjaga diri tetap aman selama bermain. Jadi, jangan lupa memakai pakaian yang tepat dan membawa daftar perlengkapan ski sesuai standar berikut ini.

1. Sky Wear

Pakaian ski terdiri dari long john atau pakaian dalam yang hangat, kemudian dilapisi jaket anti air. Semantara untuk bawahannya memakai celana yang juga tahan air. Fitur waterproof sangatlah penting untuk memastikan tubuh pemain tetap kering, meskipun sering terjatuh di hamparan es.

2. Helm

Tak hanya pengendara motor yang wajib memakai helm. Pemain ski juga harus memakai helm khusus olahraga ski untuk melindungi kepala dari benturan es ketika terjatuh.

3. Sepatu Ski

Alas kaki khusus ski yaitu berupa sepatu boots yang membebat kaki hingga menutupi betis dan tulang kering. Sepatunya juga lumayan berat, kaku, dan ketat, sehingga menyulitkanmu bergerak. Namun, hal itu justru penting sebagai pelindung kaki agar serpihan es tidak masuk ke dalam sepatu.

4. Papan Ski

Papan ski berguna untuk memudahkan pemain saat meluncur menyusuri salju. Jangan pilih papan ski sembarangan. Pilih ukuran papan ski menyesuaikan tinggi dan berat badan. Papan ini dipakai setelah menggunakan sepatu ski. Jadi, di ujung sepatu terdapat semacam kait yang berpasangan dengan ujung papan. Nanti kamu bisa memasukkan ujung tersebut ke papan, lalu injak bagian belakang untuk menguncinya..

5. Tongkat Ski

Sebenarnya kegunaan tongkat ski ini bersifat opsional. Namun, sejumlah instruktur profesional justru melarang pemula menggunakan tongkat ini. Karena tongkat tersebut justru dapat mengganggu koordinasi dan menyulitkan pemain untuk belajar.

6. Sarung Tangan

Gunakan sarung tangan khusus olahraga ski, bukan sarung tangan biasa yang diapakai saat mengendarai motor ya! Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi telapak tangan dari kedinginan, terutama ketika bersentuhan langsung dengan es.

7. Kacamata

Lapisan salju yang berwarna putih adalah material terbaik untuk memantulkan cahaya matahari, sehingga rentan menimbulkan mata silau. Untuk mencegah hal itu, pakailah kacamata yang dilengkapi anti sinar UV. Biasanya ada yang menjualnya sekaligus dengan helm ski, tapi ada juga yang dijual secara terpisah.

Dapatkan Semua Perlengkapan Ski Di JD.ID

Tak perlu bingung di mana tempat membeli semua perlengkapan ski di atas. Sekarang kamu bisa membeli semuanya secara online melalui JD.ID, e-commerce terpercaya yang menjamin semua produknya original. Koleksi produknya lengkap, termasuk kebutuhan dasar bermain ski. Cukup belanja dari smartphone dan pesananmu pun akan langsung diantar sampai ke rumah. JD.ID juga sering memberikan voucher diskon, cashback, dan berbagai promo spesial lainnya yang bisa membuat belanjamu jadi lebih hemat. Apalagi, sekarang JD.ID telah bekerja sama dengan Atome. Jadi kamu bisa memanfaatkanlayanan buy now pay later yang memudahkan transaksi.

Gunakan Atome Untuk Belanja Semua Kebutuhanmu Di JD.ID

Belanja perlengkapan ski dan berbagai kebutuhan lainnya di JD.ID. Selain banyak pilihan produk, belanja di JD.ID juga bisa menggunakan metode pembayaran cicilan dari Atome. Tak seperti layanan kredit lainnya, pengajuan cicilan dari Atome sangatlah mudah tanpa adanya syarat berbelit. Cukup daftar menggunakan KTP dan nomor HP, kamu pun bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa bunga sama sekali. Tenor cicilannya juga fleksibel, yaitu mulai 1 hingga 12 bulan. Jadi tunggu apa lagi? Download Atome sekarang juga dan gunakan transaksi di lebih dari 7.700 toko di seluruh Indonesia.

Main keywords of the article: