Blog

6 Tips Belanja Produk Fashion Berkualitas Secara Online

Jul 13 2021

Saat ini belanja daring atau online menjadi cara paling mudah dan praktis bagi siapa saja untuk berbelanja. Baik itu berbelanja kebutuhan pokok, kebutuhan sekolah, aksesori, skin care dan make up hingga produk-produk fashion. Proses belanja daring ini terjadi karena memang berbelanja secara daring dapat memberikan kemudahan dan juga keamanan, khususnya di masa pandemi yang masih terjadi hingga saat ini.

Sayangnya, banyak orang tidak memahami bagaimana cara belanja online yang tepat dan aman. Dilihat dari banyaknya fenomena yang terjadi, begitu banyak pelanggan online yang terkena penipuan dari para penjual online, khususnya pada barang-barang fashion. Penipuan ini bisa berupa barang yang dibeli tidak sampai, barang tidak sesuai dengan pesanan, bahkan penjual yang secara tiba-tiba hilang entah ke mana.

Jika kamu mengalami penipuan seperti yang telah disebutkan, pastinya kamu sedih karena kamu merasa telah dirugikan, apalagi jika barang yang kamu beli adalah barang dengan harga yang tergolong tinggi. Nah, agar kamu terhindar dari penipuan saat membeli barang fashion, kamu sangat perlu nih untuk mengikuti 6 tips belanja produk fashion berkualitas secara online berikut ini.

1. Memilih Toko Terpercaya

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat berbelanja secara online adalah memilih toko-toko yang terpercaya. Bagaimana cara memilihnya? Pilihlah toko online pada platform kesayangan kamu yang bertanda star seller. Tidak sampai di situ saja, lihatlah ulasan toko tersebut dari para pelanggan yang sudah pernah berbelanja di sana. Jika ulasan yang diberikan bagus, maka toko tersebut berarti dapat dipercaya.

Cara lain memilih toko terpercaya yaitu memilih toko yang merupakan official store. Pada platform-platform penjualan online biasanya tertulis toko-toko mana saja yang merupakan toko resmi dari penjual produknya. Jika kamu memilih toko dengan tanda official store, dijamin deh kamu tidak akan mendapatkan penipuan atas barang yang dikirim.

Selain itu, kamu juga bisa berbelanja secara langsung pada website dari brand yang akan kamu pilih. Sebagai contoh, jika kamu ingin berbelanja produk tas dan sepatu dari brand Zara, kamu bisa langsung mengunjungi website Zara Indonesia Sale. Setelah itu kamu dapat memilih produk-produk apa saja yang akan kamu beli. Dijamin deh, berbelanja secara langsung melalui website dari brand produk yang kamu pilih dapat menghindarkan kamu dari penipuan.

2. Jangan Malas Membaca

Tips berbelanja selanjutnya adalah jangan malas membaca. Jika kamu berbelanja secara langsung di toko, kamu bisa melihat secara langsung pula secara fisik bagaimana produk fashion yang kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan pada pihak toko jika ada yang ingin kamu ketahui. 

Sebaliknya, saat kamu berbelanja online, kamu hanya dapat melihat foto produk dan membaca deskripsinya. Di sini, kamu harus membaca penjelasan produk dengan secara detail untuk meneliti barang yang kamu beli. Hal ini termasuk membaca ukuran barang secara detail. Sehingga kamu dapat memilih ukuran yang tepat untukmu.

Setelah membaca deskripsi produk, kamu juga perlu melihat komentar pembeli. Apakah banyak yang puas atau banyak yang kecewa dengan produk tersebut. Selain itu lihat pula gambar-gambar yang dikirim oleh pelanggan sebelumnya pada kolom komentar. Dengan begitu kamu dapat tahu lebih jelas produk pilihanmu. Jadi, jangan malas membaca ya!

3. Memeriksa Spesifikasi Barang

Tidak peduli seberapa bagus foto yang terpampang, pastikan untuk memeriksa bahan yang digunakan oleh produk yang akan kamu beli. Jika kamu tidak familiar dengan nama bahan yang digunakan, lakukan penelusuran di mesin pencari agar kamu dapat tahu lebih jelasnya.

Jangan terburu-buru membeli saat kamu menemukan barang yang kamu inginkan. Memeriksa terlebih dulu spesifikasi produk yang ingin kamu adalah cara yang paling aman agar kamu tidak kecewa nantinya. Situs belanja online biasanya menyediakan kolom yang menerangkan spesifikasi barang yang dijual. Baca baik-baik spesifikasi barang tersebut dengan cermat dan carilah barang yang memiliki spesifikasi bermutu.

Sebagai konsumen, kamu juga berhak mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi produk yang akan kamu beli agar kamu mendapatkan produk yang bagus dan berkualitas. Kamu juga bisa memanfaatkan kolom chat dengan penjual untuk menanyakan hal-hal yang belum kamu ketahui terkait dengan produk yang akan kamu beli. Jadi saat belanja daring, jangan asal klik dan bayar ya.

4. Mencari Barang-Barang Promo

Banyak platform online yang menyediakan promo untuk menarik pembeli. Kamu bisa mencari toko mana yang paling menggiurkan promonya. Sebagaimana dengan Zara, saat ini brand Zara sedang memiliki banyak diskon atas barang-barangnya. Yuk, berkunjung ke kanal Zara Indonesia Sale saat ini juga untuk mendapatkan promo-promo menariknya.

Mencari barang promo adalah salah satu kesan tersendiri saat berbelanja online. Tidak ada salahnya jika kamu mencari barang-barang  yang sedang promo. Barang promo ini akan lebih menghemat pengeluaran kamu, sekaligus juga memberikan kamu keuntungan yang lebih banyak. Rajin-rajin ya untuk mencari barang promo.

5. Memilih Metode Pembayaran Yang Aman

Tips aman saat berbelanja daring lainnya adalah memilih metode pembayaran yang aman. Hindari untuk membayar secara langsung ke rekening penjual karena bisa jadi hal ini dapat merugikan kamu. Kamu harus memilih metode-metode pembayaran yang telah berkerja sama dengan toko online pilihanmu karena hal ini akan lebih aman.

Salah satu pembayaran yang aman adalah membayar dengan menggunakan Atome. Atome pun telah bekerja sama dengan Zara Indonesia. Dengan begitu kamu bisa berbelanja secara aman, cepat, dan mudah.

6. Merekam Paket Saat Membukanya

Yang terakhir adalah merekam paket saat kamu sedang membukanya. Hal inilah yang mungkin sering kamu lewatkan. Padahal kebanyakan toko dan platform belanja daring meminta kamu untuk menyertakan video unboxing jika ingin mengajukan pengembalian atau mengadu bahwa barang yang diterima tidak sesuai.


Jadi, tak ada salahnya agar kamu selalu membuka paket dengan merekamnya agar tidak ada kesulitan jika perlu mengembalikan barang atau mengeluhkannya. Merekam video memang sangat penting, jadi jangan lupa untuk dilakukan ya.

Nah itu tadi adalah 6 tips belanja produk fashion berkualitas secara online agar kamu aman saat berbelanja online. Jangan lupa untuk mengikuti tipsnya ya. Semoga bermanfaat!