Blog

6 tips liburan hemat dan menyenangkan

Aug 05 2022

Setiap hari berkutat dengan pekerjaan bisa membuat seseorang rentan mengalami stres, terutama jika pekerjaan tersebut menguras banyak tenaga, waktu, dan pikiran. Butuh istirahat sejenak untuk refreshing otak dan menghilangkan kejenuhan. Liburan adalah salah satu aktivitas refreshing paling jitu yang dapat menghilangkan penat dan mengembalikan mood agar lebih semangat bekerja. Apalagi jika berlibur ke tempat – tempat yang telah lama diimpikan bersama keluarga atau orang terdekat. Tentu rasa senangnya semakin berlipat, karena dapat menikmati quality time bersama orang – orang tersayang.

Sayangnya, banyak orang berpikir jika pergi berlibur membutuhkan dana yang besar. Mulai dari biaya transportasi, akomodasi, tiket masuk tempat wisata, hingga anggaran untuk membeli buah tangan. Harganya pun semakin melambung tinggi ketika akhir pekan atau momen hari libur. Alhasil, beberapa orang terpaksa menunda keinginan berlibur karena masalah keuangan. Padahal, salah satu tujuan liburan adalah me-refresh otak agar bisa lebih produktif lagi dalam bekerja. Tentu hal ini menjadi salah satu kebutuhan penting yang tak boleh dilewatkan. Lagi pula, saat ini ada banyak alternatif liburan seru tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Bagaimana caranya? Ikuti tips liburan hemat dan menyenangkan berikut ini.

1. Buat Perencanaan Dari Jauh Hari

Jika ingin berlibur lebih hemat, jangan pernah pergi liburan mendadak. Rencanakan waktu liburan jauh – jauh hari agar semua persiapan matang dan tidak asal – asalan. Hal ini sangatlah penting, terutama untuk booking tiket transportasi dan akomodasi paling hemat. Jika pergi mendadak, bisa jadi harga tiket termurah sudah habis dan hanya tersisa harga tiket yang mahal.

Usahakan untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan secara detail agar memudahkan eksekusinya nanti. Tentukan destinasi tempat berlibur yang akan kamu kunjungi dan cari tahu jenis transportasi apa saja yang dibutuhkan. Cari tahu juga berapa anggaran yang diperlukan untuk setiap kebutuhan tersebut. Lebih baik diskusikan bersama partner liburanmu nanti, sehingga tidak ada clash di tengah jalan.

2. Survei Destinasi Liburan

Untuk memaksimalkan pembuatan itinerary, lakukan juga survei lokasi tempat liburan yang menjadi tujuan. Sehingga kamu punya bekal pengetahuan yang cukup saat nanti tiba di lokasi berlibur. Yang paling utama berkaitan dengan keamanan, akses transportasi, kebijakan setempat, hingga rekomendasi akomodasi, tempat wisata, dan rumah makan terdekat. Dari survei tersebut kamu juga bisa menyesuaikan destinasi liburan dengan anggaran yang kamu miliki.

Perlu diperhatikan, survei di sini bukan berarti harus datang langsung ke tempat lokasi dan melakukan sejumlah observasi. Cukup lakukan survei secara online dengan mencari tahu informasi di internet. Cari tahu rekomendasi terbaik dari para traveller yang mengulas di situs – situs review atau sejenisnya. Cari tahu juga bagaimana gambaran lokasinya dengan memperhatikan dengan detail foto – foto tempat bersangkutan, cara pemesanan, syarat khusus yang berlaku, dan lain lainnya yang sekiranya kamu perlukan. Dengan memperdalam riset, mungkin nantinya kamu tak akan mendapat banyak kejutan saat tiba di lokasi. Dan hal itu lebih baik demi keamanan dan persiapan liburan yang matang.

3. Berlibur Sesuai Rencana

Setelah merencanakan semuanya dengan baik, pastikan kamu berangkat liburan sesuai rencana. Jika sudah menjadwalkan liburan minggu depan, membeli tiket transportasi dan booking penginapan, maka jangan sampai menundanya. Karena itulah, ingat baik – baik rencana liburan yang kamu buat. Pastikan kamu tengah libur, cuti, atau mengosongkan semua agenda kerja pada jadwal libur yang telah kamu tentukan.

Jika sampai membatalkan rencana, maka kamu pun terpaksa refund tiket dan bookout tempat penginapan dengan risiko kerugian sekian persen. Jika harus merencanakan waktu liburan pengganti tentu lebih repot lagi, karena harus mengurus semuanya dari awal. Belum lagi jika harus berebut harga tiket murah yang seringkali tidak bisa dipesan secara mendadak. Alhasil, pengeluaranmu pun semakin membengkak.

4. Utamakan Kenyamanan Daripada Kemewahan

Ingat tujuan utama berlibur adalah menghilangkan penat dan mengembalikan mood agar lebih bersemangat. Jadi, utamakan destinasi liburan yang membuatmu nyaman, bukan tempat liburan untuk menjadi ajang pamer. Karena itulah, kamu tidak harus bepergian ke tempat – tempat mewah yang harganya selangit.

Cukup ke tempat – tempat yang membuatmu merasa refresh, misalnya ke tempat wisata bernuansa alam, wisata budaya, atau tempat lainnya sesuai preferensimu. Prinsip memilih yang nyaman daripada yang mewah juga berlaku saat memilih penginapan maupun tempat makan. Pastikan memilih kedua tersebut dengan menyesuaikan anggaran. Jangan terlena dengan prestise, apalagi jika hanya ingin ‘terlihat wah’ di media sosial.

5. Gunakan Promo Liburan

Ini adalah tips wajib yang tak boleh kamu lewatkan jika ingin liburan hemat dan bahkan murah meriah. Saat ini ada banyak provider atau penyedia jasa yang menawarkan promo spesial untuk para traveller. Salah satunya adalah aplikasi pemesanan tiket transportasi dan akomodasi. Cari promo paling menguntungkan, seperti diskon biaya hotel atau sejenisnya. Mendapatkan diskon sekian persen tentu jauh lebih hemat daripada membayar dengan harga normal. Karena itulah, sangat penting untuk riset aplikasi pemesanan yang paling menguntungkan. 

6. Liburan Sekarang Bayar Nanti!

Selain aktif mencari promo liburan hemat dari berbagai provider, kamu juga bisa memanfaatkan layanan buy now pay later dari Atome. Jadi, kamu bisa menikmati “Liburan Sekarang dan Bayar Nanti” dengan fasilitas cicilan di merchant yang bekerjasama. Cara transaksi seperti ini tentu lebih praktis dan membuat cashflow-mu tetap terjaga dengan baik. Karena dana liburan tak perlu mengganggu anggaran pengeluaran bulanan yang sudah terencana sebelumnya. Apalagi, ada promo spesial dari salah satu merchant Atome yang membuat momen liburanmu terasa lebih menyenangkan.

Serunya Liburan Pakai Promo Atome x Ascott

Selain menikmati “Liburan Sekarang dan Bayar Nanti”, kamu juga bisa mendapatkan promo spesial dari Ascott saat membayar pakai Atome.

  • Dapatkan diskon 10% hingga Rp 300.000 di semua jaringan Hotels dan Serviced Residences Ascott dengan bertransaksi menggunakan Atome sampai periode waktu tertentu.
  • Promo ini berlaku untuk pemesanan kamar di jaringan Hotels dan Serviced Residences The Ascott Limited – Indonesia yang tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Tak perlu tunggu nanti untuk mewujudkan liburan impianmu. Segera tentukan tujuan liburanmu dan ikuti tips liburan hemat di atas. Gunakan Atome untuk mendapatkan banyak kemudahan saat pemesanan tiket dan akomodasi di merchant yang bekerjasama. Dapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP dan biaya admin yang bisa kamu cicil mulai 1 hingga 12 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik, seperti diskon spesial dari hotel Ascott hingga akhir Agustus 2022 nanti. Jangan lewatkan kesempatan emas ini. Download dan gunakan Atome sekarang juga untuk memenuhi segala kebutuhan dan barang impian, termasuk liburan. Ikuti juga semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru dari brand – brand kesayanganmu!

Main keywords of the article: