Blog

7 Corak Batik Yang Tepat Jadi Item Fashion Terbaikmu

Aug 03 2021

Batik merupakan salah satu kain tradisional yang sudah melekat dan menjadi warisan bangsa di Indonesia. Ragam batik yang berkemban di Indonesia rupanya memiliki makna tersendiri lho. Setiap coretan motif tersebut mewakili filosofi makna tertentu.

Pola atau corak batik inilah yang menjadi kerangka pembeda antara motif batik yang satu dengan yang lainnya. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki varian motif lho. Mulai dari motif hewan, manusia, geometris, hingga motif lainnya.

Tak hanya itu saja, motif batik biasanya juga menunjukkan strata seseorang lho. Jadi setiap motif tersebut bisa menunjukkan perbedaan yang ada.

Perlu kamu tahu nih, perbedaan motif batik tersebut disebabkan karena adanya faktor geografis yang ada di Indonesia. Coba deh kamu lihat. Di daerah pesisir saja misalnya, di daerah ini menghasilkan batik dengan motif yang berhubungan dengan ombak, laut, dan isinya. Sedangkan daerah yang berada di wilayah pegunungan akan lebih dekat dengan keadaan alam sekitar lho. Jadi motif tersebut akan lebih menggambarkan tentang flora, fauna, hingga tata cara penghidupan lainnya.

7 Corak Batik Yang Tepat Jadi Item Fashionmu

1. Motif Batik Parang Kusumo

Siapa yang tak kenal dengan motif batik ini. Motif batik ini merupakan motif yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Motif batik ini menyerupai bentuk lautan yang menghantam tebing.

Di sini bisa dianalogikan bahwa motif Batik Parang Kusumo memiliki makna bahwa seluruh perjuangan dan usaha dalam hidup harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Perjuangan tersebut akan mencapai suatu kesuksesan dalam lahir dan batin, yang mana sesuai dengan norma dan tata aturan yang berlaku.

2. Motif Batik Mega Mendung

Motif Batik Mega Mendung merupakan salah satu jenis batik yang sangat populer di wilayah Cirebon. Motif batik yang satu ini ternyata tak hanya bergambar awan saja lho. Namun juga memiliki filosofi yang sangat mendalam. Motif batik ini juga dilengkapi dengan gradasi warna yang sangat cantik lho. Jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai item fashion terbaikmu.

Oh iya, dalam motif ini memiliki makna langit atau awan yang akan turun hujan. Nah, gradasi yang dihadirkan pada motif ini mengandung makna bahwa setiap kegiatan dalam kehidupan manusia harus dilakukan dengan sabar dan tidak mudah marah.

3. Motif Batik Sido Mukti

Jenis motif yang satu ini lebih erat dengan keraton Solo, yang terbuat dari zat pewarna soga alam. Motif ini memiliki ciri khas yang asli dan kuno, sehingga bisa dipakai sangat terlihat klasik dan cantik. Makna Sido Mukti sendiri diambil dari dua kata yaitu sido dan mukti. Sido memiliki makna jadi atau menjadi terus menerus. Sedangkan mukti  memiliki makna mulia dan sejahtera.

Batik yang satu ini biasanya digunakan untuk suatu acara pernikahan mulai dari siraman, ijab, hingga panggih manten. Nah, buat kamu yang akan menikah, motif batik yang satu ini bisa jadi pilihan terbaikmu.

4. Motif Batik Tujuh Rupa

Salah satu motif yang cocok untuk kamu gunakan adalah motif yang satu ini nih. Motif ini merupakan salah satu jenis batik yang berasal dari kota Pekalongan. Ciri khas motif batik yang satu ini sangat khas, sehingga kaya akan warna yang didominasi dengan motif tumbuh – tumbuhan dan hewan. Motif bunga yang sangat cerah dan dilengkapi garis ini juga menggambarkan ciri khas kehidupan masyarakat pesisir yang sangat mudah beradaptasi. Oh ya, motif ini ternyata menjadi salah satu bentuk akulturasi dengan budaya Tiongkok lho.

5. Motif Batik Lasem

Hampir sama dengan Batik Tujuh Rupa, Batik Lasem ini juga diyakini merupakan batik yang diakulturasikan dengan budaya Tionghoa yang masuk di Nusantara pada waktu kekuasaan Laksamana Cheng Ho.

Batik yang berasal dari kota Rembang ini memiliki motif yang sangat mencolok dengan perpaduan selaras antara budaya Cina dan Jawa. Maka tak heran, batik yang satu ini memiliki warna merah cerah dengan nuansa khas Tionghoa.

6. Motif Batik Sido Luhur

Buat kamu yang mau menikah, batik yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan. Batik motif ini biasanya dipakai oleh pengantin di malam hari. Batik ini memiliki makna sebuah penghormatan dan martabat. Yang mana merupakan suatu bentuk doa kepada Tuhan agar sang pemakai batik ini diberikan kesehatan jasmani dan rohani.

7. Motif Batik Kawung

Hayo, siapa yang tak kenal dengan motif batik ini? Motif batik ini merupakan salah satu motif paling tua yang ada di tanah Jawa. Motif yang satu ini sudah ada sejak abad ke-9 lho. Udah lama banget ya!

Nah, motif ini sendiri memiliki makna sebuah pengendalian diri yang sempurna dan hati yang bersih. Jadi, dengan menggunakan batik ini diharapkan kamu akan menjadi diri yang lebih sempurna, bersih, dan utuh.

Batik memang sangat indah. Keindahan dari batik memang tak bisa dipungkiri lagi. Untuk itu, buat kamu yang ingin menggunakannya, dijamin pasti akan terlihat lebih sempurna, terlebih jika kamu menggunakannya sesuai dengan makna yang ada di dalamnya.

Memilih baju batik yang cantik dan menarik jangan sembarangan ya. Kamu harus memilih batik yang memiliki kualitas terbaik. Sekarang ini kamu jangan bingung ya. Batik cantik dan menarik bisa banget kamu dapatkan di Batik Adikusuma. Batik yang dijual di store ini merupakan produk terbaik dengan kualitas super lho.

Nah, menariknya lagi, kamu bisa membeli produk di Batik Adikusuma dengan cicilan sebanyak 3 atau 6 kali dengan bunga nol persen. Wow! Sangat mudah bukan? Nah, pembayaran dengan segudang kemudahan ini bisa kamu dapatkan hanya dengan Atome. Yuk, buruan shopping!