Blog

7 resep masak sayur lezat agar disukai anak

Jul 26 2022

Sayur merupakan salah satu sumber makanan yang penting bagi tubuh karena mengandung banyak serat dan vitamin. Bahkan mengonsumsi sayuran sangat dianjurkan setiap hari, terutama bagi anak – anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung mineral dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, E untuk meningkatkan pertumbuhan sel. Sayuran juga bermanfaat untuk memelihara sistem pencernaan anak agar tetap sehat, meningkatkan asupan gizi anak, serta mencegah resiko obesitas.

Sayangnya, tak semua anak suka dan mau makan sayur – sayuran. Meskipun warna sayur terlihat segar dan kaya akan vitamin, banyak anak enggan memakannya karena rasanya hambar. Alhasil, anak – anak lebih suka makan makanan yang tak sehat dan menolak jika diminta makan sayur. Tentu kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Ibu perlu mengolah aneka sayur mayur dengan resep khusus agar anak tertarik dan mau memakannya. Seperti 7 resep sayur lezat dengan tampilan yang menarik berikut ini.

1. Dimsum Sayur

Mengolah sayur menjadi dimsum bisa menjadi ide yang menarik untuk mengundang perhatian anak. Jika biasanya membuat dimsum dari kulit pangsit dengan isian daging, sekarang coba ganti kulit dan isinya menggunakan sayur.

Sebagai referensi, coba buat kulitnya dari kubis atau sawi putih. Lalu untuk isinya gunakan parutan wortel, serta tahu putih dan jagung manis yang dihaluskan. Campurkan dengan bawang putih, lada, ketumbar, saus tiram, garam, dan daun bawang. Jika sudah, masukkan isi dimsum ke dalam kulit dari kubis atau sawi putih. Bungkus secara rapat dan kukus hingga matang sempurna. Sajikan dengan saus tomat untuk menambah selera.

2. Cah Bakso Jamur

Bakso bisa menjadi salah satu makanan kesukaan anak. Jika biasanya anak memakan bakso yang terbuat dari daging, sekarang coba buat bakso dari jamur. Lalu campurkan ke dalam cah sayur untuk membiasakan anak memakan sayuran. Cara memasaknya sangatlah mudah. Pertama, siapkan bakso jamurnya terlebih dahulu. Buat adonan bakso dari campuran tepung tapioka dan jamur yang telah dihaluskan.

Kemudian, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga wangi dan tambahkan air sampai mendidih. Masukkan wortel, jamur kuping, kembang kol, serta bakso jamur yang telah dibuat. Tambahkan juga daun bawang, larutan maizena, saus tiram, garam, dan penyedap rasa. Sajikan dengan nasi hangat agar semakin nikmat.

3. Omelet Sayur

Omelet juga menjadi menu favorit anak yang paling mudah dibuat. Jika biasanya membuat omelet dari campuran mi dan telur, sekarang ganti mi dengan aneka sayur untuk menambah gizinya. Mulai dari wortel, brokoli, irisan sawi, dan sayuran lainnya. Dengan begitu, lidah anak – anak akan lebih akrab dengan olahan sayur.

Cara membuatnya, kocok telur di dalam mangkuk. Lalu, campurkan dengan irisan wortel, brokoli, sawi, serta tambahan garam dan lada. Setelah itu, panaskan teflon dan tuang minyak goreng secukupnya. Masukkan irisan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai, lalu tumis sampai harum. Jika sudah, tinggal masukkan adonan telur dengan campuran sayuran tadi dan masak hingga matang.

4. Nugget Sayur

Nugget dari daging juga termasuk makanan kesukaan anak. Kali ini coba buat nugget dengan campuran sayur, seperti wortel dan bayam untuk membiasakan anak makan sayuran. Cara membuatnya, campur bahan utama yang terdiri dari daging ayam giling, parutan wortel, dan bayam yang telah dicincang halus. Campurkan dengan tepung maizena, tepug terigu, dan telur, serta beberapa bumbu, di antaranya: irisan bawang putih, bawang bombai, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir.

Masukkan adona utama ke dalam loyang, lalu ratakan, dan kukus hingga matang. Potong menjadi beberapa bagian, kemudian celupkan pada kocokan telur dan baluri dengan tepung roti. Jika sudah, diamkan sekitar 30 menit di kulkas, lalu goreng hingga matang.

5. Capcay

Olahan sayur yang satu ini bisa menjadi hidangan yang menarik, karena terbuat dari aneka sayur yang berwarna – warni. Mulai dari wortel, kembang kol, jamur tiram, dan sawi. Apalagi jika kamu tambahkan bakso daging, udang, dan cumi – cumi. Dijamin anak – anak pasti akan lebih tertarik memakannya.

Cara membuatnya, tumis cabai merah, serta bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan. Lalu masukkan bakso, udang, dan daging cumi – cumi yang telah dipotong. Aduk sampai berubah warna dan bumbu meresap sempurna. Kemudian, masukkan semua sayuran, dari irisan wortel, kembang kol, jamur tiram, dan sawi lalu masak hingga layu. Tambahkan juga saus tiram, garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Tuang air secukupnya dan tunggu sampai mendidih.

6. Sup Rolade Sayuran

Satu lagi resep sup lezat yang disukai anak. Kali ini padukan aneka sayur dengan rolade daging ayam kesukaan anak – anak. Resepnya sama dengan cara membuat sup pada umumnya. Tinggal tambahkan rolade di tahap terakhir.

Pertama, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, lalu sisihkan. Kemudian, didihkan air dan tambahkan garam, lada, gula, serta pala, dan kaldu bubuk. Tambahkan bumbu yang telah ditumis sebelumnya, kemudian masukkan wortel, kembang kol, jamur kuping. Masukkan juga kacang kapri, seledri, dan tomat. Lalu rebus hingga semuanya matang. Jika sudah, tambahkan potongan rolade ayam saat menyajikannya ke dalam mangkuk. Makan selagi hangat agar terasa lebih nikmat.

7. Creamy Broccoli & Chicken Pasta

Untuk membiasakan anak makan sayur brokoli, coba mengolahnya adalah dengan menjadikannya sebagai hidangan pasta yang menggugah selera. Cara membuatnya, rebus pasta dalam air mendidih yang telah diberi garam. Sambil menunggu pasta matang, buat bumbunya terlebih dahulu. Panaskan olive oil, lalu tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. Masukkan potongan ayam kecil – kecil dan tumis hingga matang. Setelah itu, tambahkan parutan brokoli dan aduk hingga merata.

Di samping itu, buat saus pasta dari campuran susu full cream dan tepung terigu. Panaskan adonan saus, lalu tambahkan garam dan lada. Campurkan saus ke dalam pasta yang direbus. Jika pasta sudah matang, tinggal campurkan dengan daging ayam dan parutan brokoli yang telah ditumis tadi. Tambahkan parutan keju untuk menggugah selera. Anak – anak pun pasti akan lebih semangat saat menyantapnya.

Ada banyak alternatif masakan sayur lezat yang bisa kamu coba agar anak – anak suka melahapnya. Seperti 7 inspirasi resep sayur di atas. Bahan – bahannya mudah ditemukan dan cara pembuatannya juga sangat mudah. Belanja sayur – mayur dan kebutuhan makanan lainnya di Ranch Market terdekat di kotamu.  Semua produknya lengkap dan terjamin kesegarannya. Kamu juga bisa berbelanja dengan metode pembayaran Atome untuk mendapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP atau biaya admin. Tak perlu keluar total belanja sekaligus, cukup pakai Atome dan bayar tagihannya dalam waktu 1 sampai 12 bulan. Menariknya lagi, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan yang bikin belanjamu semakin hemat. Makanya, download dan gunakan Atome sekarang juga! Ikuti semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru dari brand – brand favoritmu!

Main keywords of the article: