Blog

7 tips belanja online aman dan bebas penipuan

Jul 28 2022

Belanja online telah menjadi gaya hidup modern yang kini menjadi pilihan banyak orang. Dibandingkan dengan belanja secara konvensional, belanja online memang dirasakan telah membawa banyak manfaat. Mulai dari kemudahan akses, pilihan toko yang beragam, hingga kepraktisan pembayaran dan pengangkutan barang. Meski begitu, belanja online juga beresiko tidak aman karena terkadang disalahgunakan oleh oknum penjual tak bertanggung jawab. Jangan sampai kamu menjadi korbannya. Niat belanja produk yang harganya lebih miring di online, ternyata malah kena tipu produk palsu. Atau sudah transfer tagihan belanja seluruhnya, ternyata barang tak dikirim – kirim dan nomor penjualnya pun tiba – tiba tak bisa dihubungi.

Modus penipuan seperti itu tentu meresahkan, dan jangan sampai kamu menjadi korbannya. Meskipun telah terbiasa belanja online, kamu tetap perlu untuk selalu berhati – hati dan waspada. Evaluasi kembali kebiasaan belanja online-mu selama ini, apakah telah aman atau belum. Agar ke depannya lebih aman, ikuti tips belanja online aman dan bebas penipuan berikut ini.

1. Utamakan Belanja Di Marketplace

Saluran belanja online sangatlah beragam. Mulai dari yang menjual secara manual di WhatsApp atau Telegram. Atau menawarkan produk di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Ada pula yang membuat website e-commerce sendiri atau mendaftarkan tokonya di situs marketplace online, seperti JD.ID.

Dari berbagai jenis saluran penjualan online tersebut, belanja di marketplace adalah pilihan yang paling aman. Sebab, transaksi antara penjual dan pembeli diperantarai oleh pihak ketiga, yaitu marketplace yang bersangkutan. Jika pembeli telah mentransfer sejumlah uang untuk membeli produk tertentu, dananya tidak akan langsung diterima penjual, tapi melalui marketplace terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari modus penipuan penjual yang meminta transfer tapi malah tidak kirim produknya.

2. Pilih Toko Resmi Atau Yang Telah Terverifikasi

Tidak cukup hanya dengan belanja di marketplace tepercaya. Teliti juga dalam memilih toko di marketplace tersebut. Jangan hanya berfokus mencari toko dengan harga produk termurah atau lokasi terdekat. Pastikan juga toko tersebut benar – benar tepercaya dan kalau bisa merupakan tangan pertama (bukan reseller atau dropshipper).

Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya belanja produk dari toko resmi brand atau produk bersangkutan. Biasanya brand – brand ternama punya official store tersendiri di beberapa marketplace. Atau jika tidak ada official store dari brand, usahakan memilih toko yang telah terverifikasi sesuai kebijakan marketplace. Selain lebih aman, kamu juga berpeluang mendapatkan harga terbaik dari toko tersebut.

3. Pastikan Foto Produk Terlihat Jelas Dan Bagus

Setelah berfokus pada profil toko, jangan lupa juga untuk lebih teliti dalam memeriksa etalase produk. Cek unggahan foto produk yang ditampilkan secara mendalam. Pastikan foto produknya bagus dan terlihat jelas. Umumnya, official store atau toko yang telah terverifikasi akan menampilkan foto – foto produk terbaik. Mulai dari yang resolusinya tinggi, tersedia dalam beberapa angle foto, serta tampilan variasi produk untuk memudahkan pembeli saat memilih varian.

Sebaliknya, toko dari tangan kedua, ketiga, keempat, atau bahkan yang menjual produk – produk KW tidak terlalu detail dalam menampilkan foto produknya. Biasanya mereka hanya mengunggah foto produk ala kadarnya, seperti hasil tangkapan layar, foto tidak jelas, angle foto terbatas, dan sejenisnya. Sebaiknya hindari membeli produk dari toko yang foto – foto produknya kurang meyakinkan seperti ini.

4. Baca Deskripsi Produk Dengan Teliti

Jangan pernah remehkan deskripsi produk yang ada di toko online. Penjual online tepercaya pasti menuliskan detail produknya secara lengkap. Dari mulai spesifikasi, pilihan varian, hingga keterangan produk orisinal dan lamanya waktu pemrosesan. Umumnya, mereka juga akan menanggapi pesan calon pembeli secara cepat dan terbuka, tanpa ada informasi penting yang ditutup – tutupi.

Untuk itu, baca deskripsi produk yang dijual online secara teliti. Pastikan produk yang kamu beli orisinal dari brand atau produsen bersangkutan. Waspada beberapa penjual produk palsu tidak menuliskan keterangan secara eksplisit bahwa produk – produknya palsu. Biasanya mereka menggunakan istilah – istilah seperti produk mirror, repro, tiruan, replika, KW Grade Ori, KW Super, KW 1-2-3, dan lain lainnya.

5. Jangan Tergiur Dengan Harga Yang Terlalu Murah

Toko online memang sarangnya produk – produk murah yang jauh lebih terjangkau dari membeli langsung ke toko offline. Apalagi, toko online juga kerap diskon atau promo spesial yang menjadikan harga produk jauh lebih murah. Berburu harga produk termurah di toko online boleh saja. Tapi pastikan kamu akan mendapatkan produk orisinal yang terjamin kualitasnya. Jangan hanya mengejar murahnya saja. Waspadai produk yang dijual dengan harga terlalu murah. Misalnya, produk yang dijual hingga setengah harga dari kisaran harga normal di pasaran tanpa menyertakan diskon atau keterangan promo khusus.

6. Cek Rating Dan Testimoni Pembeli

Untuk memastikan kamu tidak salah pilih toko, cek rating penjualan di toko tersebut untuk mengetahui bagaimana apresiasi pembelinya selama ini. Pilih toko dengan rating terbaik. Tidak harus yang berbintang lima sempurna. Setidaknya bintang 4 atau 4,5. Hindari membeli produk dari toko yang mendapat rating di bawah bintang 3.

Cek juga bagaimana ulasan atau testimoni pembeli di toko tersebut. Baca satu per satu komentar teratas untuk mengetahui bagaimana pengalaman belanja para pembeli toko tersebut. Lihat juga foto kiriman foto pembeli untuk mengetahui real picture dari produk bersangkutan. Hal ini mungkin memakan lebih banyak waktu. Tapi it’s okay demi mendapatkan produk terbaik dan terjamin orisinal.

7. Jangan Mau Bayar DP Atau Melakukan Transaksi Di Luar Marketplace

Salah satu kunci aman belanja online yaitu dengan menghindari segala bentuk pembayaran di muka. Namun, tak dipungkiri juga bahwa sistem pembayaran transaksi online memang mengharuskan pembeli transfer terlebih dahulu, baru pesanan bisa diproses. Karena itulah, lebih aman jika berbelanja melalui marketplace.

Meski begitu, ada pula penjual tak bertanggungjawab yang justru menyalahgunakan marketplace. Salah satu modusnya yaitu dengan meminta pembeli bertransaksi di luar marketplace. Biasanya dengan alasan biar transaksi lebih cepat, keterangan stok produk di etalase belum di-update, dan yang lainnya.Jika kamu menemukan penjual seperti ini, sebaiknya tolak mentah – mentah permintaan transaksi di luar marketplace dan cari toko lainnya.

Meskipun telah terbiasa belanja online, tetaplah berhati – hati dan waspada saat ingin membeli berbagai kebutuhan secara online. Ikuti tips di atas, terutama dalam mengutamakan belanja di marketplace tepercaya. JD.ID adalah salah satu rekomendasi marketplace online tepercaya yang menyediakan beragam kebutuhan. Semua produknya lengkap dan terjamin orisinal. Menariknya lagi, sekarang JD.ID telah bekerjasama dengan Atome, sehingga kamu bisa menikmati layanan buy now pay later dengan banyak kemudahan.

Belanja kebutuhan apapun di JD.ID tak perlu mengkhawatirkan biaya lagi. Checkout dengan metode pembayaran Atome dan dapatkan fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP atau biaya admin lainnya. Nantinya, kamu cukup bayar tagihan sesuai nominal transaksi dengan tenor yang cukup fleksibel, yaitu selama 1 hingga 12 bulan. Kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanja jadi lebih hemat. Dapatkan semua keuntungan itu dengan men-download dan menggunakan Atome sekarang juga! Ikuti juga semua media sosial Atome untuk update info promo terbaru.

Main keywords of the article: