Blog

7 Tips Hilangkan Bau Tak Sedap Di Sepatu

Sepatu adalah salah satu jenis fashion yang digunakan sebagai pelindung kaki. Namun siapa sangka, fungsi sepatu sebagai pelindung kaki ini terkadang menimbulkan bau tak sedap jika tidak pernah dibersihkan. Bau tak sedap itu akan muncul karena sepatu dipakai di berbagai situasi dan kondisi untuk melindungi kaki. Terlebih bagi kamu yang kakinya sering berkeringat, sepatu kerap kali menjadi sangat bau hingga tidak terkontrol.

Jika tetap dibiarkan bau dan tidak ditangani, maka bisa jadi menjadi sarang penyakit. Tak cuma itu, sepatu yang bau juga bisa mengurangi rasa percaya diri dari seseorang. Ya jelas dong, kalau kamu lepas sepatu, pasti seluruh ruangan akan mencari sumber bau tersebut.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menghilangkannya dengan berbagai cara yang sangat efektif. Mulai dari dicuci hingga proses yang tak membutuhkan cuci sepatu untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut. Bagaimana sih cara yang tepat untuk menghilangkan bau tersebut? Penasaran ya? Yuk simak uraian berikut ini.

Cara Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Sepatu

1. Menggunakan Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan yang memiliki aroma sangat kuat. Aroma inilah yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau sepatu yang sangat kuat juga. Dalam menghilangkan bau sepatu, kamu bisa menggunakan bubuk kopi.

Caranya gampang banget. Kamu cukup membersihkan sepatu dalam kondisi kering dan dan bersih. Setelah itu kamu bisa memasukkan bubuk kopi yang telah dibungkus dengan tisu atau kaos kaki bekas. Kemudian biarkan semalaman agar bisa mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

2. Dengan Baking Soda

Selain kopi, ada pula baking soda yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau sepatu tanpa harus dicuci. Tidak banyak yang tahu, bahan campuran kue ini ternyata juga sangat ampuh untuk menyerap bau yang tidak sedap di sepatu kamu lho.

Cara penggunaannya sangat mudah sekali lho. Kamu cukup menabur baking soda ini ke dalam sepatu. Setelah itu, diamkan semalaman. Di pagi harinya kamu bisa membersihkannya dan menyikat sepatu tersebut hingga bersih. Setelah itu, kamu bisa menggunakan sepatu tersebut di kegiatan sehari-hari. Jadi tidak bau lagi deh sepatu kamu.

3.  Menggunakan Teh Hitam

Teh hitam ternyata juga menjadi salah satu yang ampuh untuk  menghilangkan bau tak sedap di sepatu. Teh hitam bisa dibilang sebagai salah satu  komponen utama yang dapat menghilangkan bau secara cepat dan tepat.

Untuk menggunakannya, kamu cukup menaruh kantong teh di dalam air mendidih selama 2-3 menit. Setelah 2-3 menit, kamu bisa meniriskannya. Setelah itu biarkan kantung teh tersebut dingin. Lalu simpang kantong teh di dalam sepatu hingga satu jam. Jika sudah satu jam berlalu, kamu bisa bersihkan sisa cairan teh sampai kering dan bersihkan.

4. Menggunakan Garam

Bumbu dapur yang memiliki rasa cukup asin ini ternyata sangat ampuh juga lho untuk mengatasi bau sepatu tak sedap. Fungsi garam yang sangat ampuh untuk mengurangi kelembaban ini bisa menghilangkan bau dengan cepat. Selain itu, garam juga bisa mengurangi bau tak sedap yang ada di kaki. Sehingga jika menggunakan garam dijamin kamu bisa membunuh bakteri penyebab bau pada kaki.

Untuk menggunakannya kamu bisa mencampurkan garam tersebut di dalam baskom berisi air hangat. Setelah itu kamu bisa merendam kaki selama beberapa menit. Setelah dirasa siap, kamu bisa membilas kakimu dengan bersih.

5. Menggunakan Minyak Atsiri

Belum banyak yang tahu, minyak atsiri merupakan essential oil yang ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan bau. Jenis minyak yang satu ini sangat mudah sekali ditemukan di pasaran lho. Jadi kamu bisa menemukannya dengan sangat mudah di tempat tinggalmu.

Cara menggunakannya juga sangat gampang lho. Kamu cukup meneteskan minyak atsiri tersebut secukupnya pada sepatu. Setelah itu kamu bisa membiarkannya semalaman dengan menambahkan kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengeluarkan kertas tersebut di keesokan harinya.

6. Menggunakan Koran Bekas

Siapa bilang koran bekas tidak bermanfaat? Koran-koran bekas ini ternyata ampuh juga lho untuk menghilangkan bau sepatu. Selain mudah sekali ditemukan, koran bekas juga memiliki berbagai macam fungsi.

Untuk menghilangkan bau ini, koran bekas tersebut bisa dibungkuskan ke dalam sepatu hingga mulut atau lubang sepatu tersebut tertutup rapat. Setelah itu, simpan sepatu semalaman agar bau bisa terserap oleh kertas dengan sempurna. Udah deh, setelah itu sepatu kamu bisa terbebas dari bau tak sedap.

7. Memanfaatkan Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan kadar asam yang sangat tinggi. Cuka ini bisa membunuh kuman penyebab bau yang ada pada kaki. Dengan menggunakan cuka, kamu bisa membunuh kuman yang bisa menyebabkan bau tak sedap pada kaki.

Untuk menghilangkannya, kamu bisa mencampurkan 1 gelas cuka dengan 1 baskom air. Setelah itu, kamu bisa merendam kaki kamu selama 15 menit. Dengan merendam kaki selama 15 menit di cairan cuka, dijamin kamu akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Oh iya, pastikan kakimu tak ada yang terluka ya sebelum merendamkan kaki tersebut.

7 hal di atas adalah cara ampuh yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Selain bahannya sangat mudah dicari, kamu juga bisa menggunakannya secara rutin agar terhindar dari bau tak sedap ini.

Bau tak sedap tak hanya didapatkan dari merek sepatu yang murah saja, namun sepatu mahal, baik produksi dalam negeri dan luar negeri juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Nah, tinggal kamu saja bagaimana cara mengatasinya dengan baik.

Untuk urusan membeli sepatu dengan kualitas premium, kamu bisa membelinya dengan menggunakan Atome. Atome akan memudahkan kamu dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa harus ribet. So, tunggu apa lagi. Buruan pakai Atome!