8 koleksi sepatu Dr Martens paling best seller

Dec 05 2022

Dr Martens adalah brand sepatu klasik asal Inggris yang berdiri sejak akhir tahun 1960an. Dr Martens juga sering dikenal dengan sebutan Doctor Martens, Doc Martens, Docmart, Docs dan DMs. Makanya, kalau ada yang menyebut Docmart, berarti yang dimaksud adalah sepatu Dr Martens ini. Kini Dr Martens menjadi salah satu merek sepatu klasik paling ikonik, terutama koleksi Dr Martens Boots. Bagaimana cerita menarik di balik sejarah dan perkembangannya? Simak ulasan beserta rekomendasi produk sepatu terbaiknya di bawah ini.

Sekilas Tentang Dr Martens

Merek sepatu Dr Martens didirikan oleh Dr. Klaus Maertens, seorang dokter tentara Jerman selama Perang Dunia II yang mengalami cedera parah setelah bermain ski. Karena kejadian itu, Dr Martens merasa sepatu boot-nya sangat tidak nyaman, sehingga ia pun membuat sepatu boot-nya sendiri. Ia merancang sepatu dari kulit – kulit binatang yang lebih lembut dan sol sepatu yang terbuat dari ban kendaraan agar terasa empuk.

Kemudian sepatu itu mulai dijual, tapi belum terlalu sukses. Di tahun 1947, Dr Martens berkolaborasi dengan Dr Herbert Funck untuk menciptakan sepatu terbaru yang lebih nyaman dan tahan lama. Tak membutuhkan waktu lama, desain sepatu terbarunya itu pun digemari banyak orang, terutama kalangan pekerja, tentara, dan wanita usia 40 tahun ke atas. Banyak juga para musisi yang ikut mempopulerkan sepatu Dr Martens, sehingga banyak anak muda yang kini menyukai sepatu klasik tersebut.

Seiring berkembangnya bisnis, koleksi sepatu Dr Martens kini semakin beragam. Baik untuk pria, wanita, dan anak – anak. Mulai dari berbagai jenis boots, seperti ankle boots, casual boots, chelsea boots, heeled boots, dan winter boots. Ada juga koleksi sepatu formal, seperti oxfords, loafers, dan mary janes, serta koleksi Dr Martens Sandals, seperti sandal gladiator.

Mengapa Sepatu Dr Martens Terasa Tidak Nyaman?

Sepatu Dr Martens senantiasa menjaga kualitas produknya dengan mengutamakan material kulit asli yang lebih halus, lentur, dan tahan lama. Tampilannya juga terlihat berkilau dan memberi kesan mewah bagi orang yang memakainya. Namun, merek sepatu ini sempat viral pada bulan Mei 2022 lalu di Twitter Indonesia. Karena ada pengguna yang menyebut sepatu Dr Martens tidak nyaman.

Dalam cuitannya, pemilik akun Twitter @mlkyIatte itu mengatakan kakinya menderita saat memakai sepatu Docmart. Ia juga berharap agar orang – orang berhenti berbohong dengan menyebut sepatu Dr Martens terasa nyaman. Cuitan itu pun ditanggapi dengan beragam pro kontra. Ada yang setuju, ada pula yang tidak setuju.

Di sisi lain, pihak Dr Martens sendiri ternyata menyadari bahwa produknya memang membutuhkan waktu cukup lama pada saat proses pemakaian. Artinya, butuh adaptasi sejenak agar sepatu Dr Martens terasa nyaman dipakai. Jadi, bukan berarti sepatunya tidak nyaman ya! Ada beberapa trik yang bisa kamu coba agar sepatu Dr Martens milikmu bisa cepat terasa nyaman, di antaranya:

  • Pijat atau tekuk sepatu secara perlahan sebelum memakainya, sehingga kulitnya terasa lebih elastis.
  • Sikat sepatu dengan balsam khusus yang disediakan Dr Martens, lalu angin – anginkan sebentar.
  • Pakai kaus kaki dobel atau dua pasang untuk mencegah jari lecet. Karena biasanya sepatu Docmart baru terasa sedikit sempit di bagian ujung.
  • Pakai untuk jalan – jalan di dalam rumah sampai kaki merasa nyaman dan terbiasa. Jadi, jangan langsung dipakai jalan – jalan jauh ke luar rumah.
  • Lakukan stretching dengan menggunakan botol sebelum dipakai ke luar rumah.  Caranya, masukkan botol kaca ke dalam sepatu selama semalaman agar bagian depan sepatu bisa sedikit longgar dan elastis.

Rekomendasi Sepatu Dr Martens Terpopuler

Dr Martens terkenal dengan koleksi sepatu boot-nya yang berkualitas tinggi. Baik untuk pria maupun wanita. Selain itu, ada juga koleksi sepatu loafers dan sepatu formal lainnya yang best seller. Seperti beberapa rekomendasi di bawah ini.

1. Dr Martens Jadon Boot Smooth Leather Platforms

Sepatu boot yang terbuat dari 100% kulit asli, sehingga hasilnya lebih halus dan tahan lama. Dilengkapi sentuhan jahitan welt kuning dan ditandai dengan loop tumit AirWair yang ikonik. Desainnya klasik dengan siluet 8 mata yang berpadu dengan polished smooth DM dan ditumpuk di atas sol luar PVC. Ditambah dengan sol platform yang terlihat kokoh dan berani. Harga: Rp3.085.600.

2. Dr Martens 1460 Crazy Horse Leather Lace Up Boots

Terbuat dari kulit asli dengan finishing minyak alami yang menghadirkan kesan usang nan unik. Semuanya dibuat dengan DNA Doc klasik, termasuk sisi beralur, lingkaran tumit, dan jahitan kuningnya yang khas. Sepatunya dibangun di atas sol bantalan udara yang tahan minyak dan tahan abrasi.  Harga: Rp2.622.760.

3. Dr Martens Vegan 1460 Lace Up Boots

Bahannya terbuat dari 100% vegan dengan cherry red oxford rub off, bahan sintetis berwarna lembut dan halus. Menggunakan siluet 8 mata dengan sisi berlekuk, loop tumit dan jahitan kuning yang membuatnya semakin chic. Solnya terasa empuk dan nyaman dipakai seharian. Harga: Rp2.622.760.

4. Dr Martens 2976 Women’s Faux Fur Lined Chelsea Boots

Sepatu ini juga terbuat dari kulit asli dengan aksen bulu di bagian atasnya yang dapat menambah kehangatan. Dilengkapi fitur butiran halus dan permukaan yang terlihat berminyak untuk memberikan kesan mengilap yang mewah. Desainnya menggabungkan elemen gaya androgini dengan siluet ramping dan feminin. Harga: Rp2.777.040.

5. Dr Martens Devon Heart Leather Platform Boots

Sepatu ini dibangun di atas sol platform yang menjulang tinggi dengan jahitan bilur kuning khas Doc Mart. Terbuat dari milled nappa, yaitu kulit berkerikil tahan pakai yang terasa lembut dan lentur. Lalu ada hiasan dua tali anyaman dan gesper berbentuk hati yang menambah kesan feminin. Dilengkapi juga dengan lidah empuk untuk memberikan kenyamanan tambahan. Harga: Rp2.777.040.

6. Dr Martens 1461 Smooth Leather Oxford

Koleksi sepatu ini menggunakan siluet 3 mata yang serbaguna. Bahannya terbuat dari kulit halus tradisional yang berpadu dengan sol bantalan udara klasik dan jahitan kuning yang mengitari sepatu. Dilengkapi tali yang fleksibel dan mudah diatur. Tampilannya halus dan berkilau, namun strukturnya tetap tangguh dan tahan lama. Harga: Rp2.005.640.

7. Dr Martens Adrian Smooth Leather Tassel Loafers

Jenis sepatu loafers bergaya klasik  yang menggunakan bahan kulit asli. Desainnya simpel dengan permukaan yang halus dan tampak berkilau. Strukturnya juga terkenal tangguh dan tahan lama. Kali ini tampilannya terlihat polos tanpa jahitan kuning. Terdapat aksen rumbai di atasnya untuk menambah daya tarik. Harga: Rp2.159.920.

8. Dr Martens Bethan Polished Smooth Leather Platform Shoes

Jika mencari sepatu pantofel dengan strap gesper yang mudah dilepas, pilih varian yang satu ini. Bahannya terbuat dari kulit asli dengan footbed yang lebih ramping dan terlihat meruncing. Dilengkapi fitur Tbar bethan yang ditanam di atas sol tapak dan toe-cap yang tajam untuk memecah garis sapuan. Harga: Rp2.468.480.

Cari tahu juga rekomendasi sepatu wanita kantoran modis dan elegan di sini.

Lokasi Gerai Dr Martens Indonesia

Dapatkan koleksi sepatu dan produk menarik lainnya dari Dr Martens dengan mengunjungi gerainya secara langsung. Saat ini gerai Dr Martens tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, antara lain:

  • Jakarta: Grand Indonesia Shopping Town, Kota Kasablanka Mall, Pondok Indah Mall, Senayan City.
  • Tangerang: AEON Mall BSD.
  • Bandung: Paris Van Java.
  • Surabaya: Galaxy Mall.

Gunakan Atome Untuk Belanja Produk Terbaik Dr Martens

Sekarang kamu bisa berbelanja semua produk terbaik Dr Martens dengan menggunakan metode pembayaran Atome. Jadi, tak perlu menyiapkan total belanja sekaligus. Nikmati fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan biaya dengan tenor fleksibel mulai 1 hingga 12 bulan. Untungnya lagi, kamu berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif yang bikin belanjamu semakin hemat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download dan gunakan Atome sekarang juga untuk transaksi di lebih dari 7.700 toko yang bekerja sama.

Main keywords of the article: