Blog

8 Manfaat Menulis Yang Tak Banyak Diketahui

Meski banyak yang tak tahu, stres kerap kali membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan membuat emosi jadi berlebih. Banyak banget sebenarnya cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi stres tersebut, misalnya saja seperti menulis.

Yaps, menulis ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk menghilangkan penat secara berlebihan. Dengan menulis, tidak hanya bisa mengembangkan keterampilan saja, namun juga sangat membantu kesehatan bagi mereka yang melakukannya.

Bahkan banyak sekali para ahli yang sering memanfaatkan menulis ini untuk membantu menyembuhkan luka batin yang biasa menghantui kehidupan mereka. Biar lebih jelas nih, kira-kira manfaat menulis untuk kesehatan ini apa saja sih? Yuk, guys, kita simak bareng-bareng.

8 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan

Beberapa hal yang bisa kamu dapatkan saat menulis adalah sebagai berikut:

1. Meredakan Rasa Stres

Stres akibat pekerjaan sehari-hari dan masalah yang datang bertubi – tubi biasanya kerap bikin seseorang sedih berkepanjangan. Inilah yang kerap kali bikin aura negatif terus menghampiri keseharianmu.

Nah, agar kamu terhindar dari masalah seperti ini, kamu bisa menyalurkan melalui proses menulis untuk menghilangkan rasa stres ini. Jadi kamu bakal merasa lebih tenang dan nyaman dari stres berlebih ini.

2. Memecahkan Masalah Dengan Baik

Memecahkan masalah bisa mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Kemampuan kreativitas dan intuisi menulis bisa meningkatkan cara berpikir seseorang dalam mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Meskipun masalah tersebut tampak sangat sulit untuk diselesaikan, namun dengan membuka masalah melalui menulis, bisa sangat meringankan bebanmu dalam menjalani hidup ini.  

3. Menuangkan Perasaan Yang Terpendam

Dengan menulis, kamu juga bisa menuangkan perasaan yang terpendam. Caranya mudah aja kok, kamu bisa mencurahkan seluruh perasaan yang kamu rasakan melalui tulisan.

Meskipun terlihat sangat konvensional, namun menulis di sebuah jurnal bisa membantu kamu terbebas dari seluruh permasalahan yang ada. Menulis di buku tak ada salahnya lho, daripada kamu harus bercerita kepada seseorang yang tidak bisa menjaga rahasia. Menulis bisa membantumu terhindar dari permasalahan tersebut.

4. Memperbaiki Suasana Di Dalam Hati

Mood yang jelek bikin seseorang sering uring-uringan tak karuan. Makanya kalau merasa suasana hati kurang bagus, kamu bisa mengalihkannya dengan menulis. Salah satunya dengan menulis setiap hari tentang mood yang kamu rasakan.

Mencatat suasana hati bisa mengurangi mood yang jelek lho. Namun dengan syarat kamu harus bisa jujur kepada dirimu sendiri tentang apa yang kamu rasakan. Dengan mencatat seluruh perasaan tersebut, kamu bisa mengontrol perasaan kamu dengan baik. Jadi, kamu enggak bakalan merasa sedih dan terus menerus merasa bad mood yang tidak berujung.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Menulis ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Stres yang bisa tersalurkan dengan baik akan membantumu untuk bisa membentuk daya pikir dan daya ingat yang baik. Energi positif ini akan mengubah seluruh daya pikir yang kamu miliki dengan sangat baik.

Selain itu dengan menulis kamu juga bisa mengolah beberapa pemikiran dan ilmu yang sudah kamu dapatkan. Dengan begitu kamu akan jauh lebih paham dan mengerti tentang ilmu-ilmu baru yang sudah kamu dapatkan.

6. Dapat Menuangkan Kreativitas

Ketika menulis, jangan pernah pikirkan tentang benar atau salah. Namun dengan menulis kamu harus mencoba untuk membiarkan kata-kata mengalir bebas sesuai dengan apa yang kamu pikirkan. Jangan sampai kamu merasa khawatir atau takut salah ejaan ya.

Bersikaplah secara tenang dan rasakan apa yang kamu rasa melalui bentuk tulisan. Dengan demikian seluruh permasalahan yang kamu miliki akan tersampaikan dengan baik melalui tulisan.

7. Mencurahkan Apa Yang Dirasa Setiap Hari

Menulis setiap hari rupanya bisa mengurangi rasa kecewa dan sedih kamu lho. Upayakan menulis setiap hari untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Selain itu, mencurahkan perasaan yang kamu rasakan di sepanjang hari juga bakal membawa kamu ke dalam hal yang lebih tenang dalam berpikir. Seluruh permasalahan yang kamu hadapi akan jauh lebih bisa diselesaikan dengan hanya menulis.

8. Memperkuat Daya Ingat

Biasanya seseorang semakin tua akan semakin sering mengalami penurunan daya ingat. Jika penurunan daya ingat ini berlanjut dibiarkan begitu saja, maka akan membahayakan kesehatan dari seseorang. Nah, mumpung masih muda, kamu harus bisa mengantisipasinya dengan baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menulis.

Menulis bisa membantu mempertajam kemampuan berpikir kamu dalam keseharian. Jangan sampai kemampuan mengingat kamu jadi menurun karena kamu enggan untuk memanfaatkan menulis ini.

Menulis memang kegiatan yang banyak dikira orang sangat membosankan dan kuno. Namun, jangan salah lho, menulis bisa membantu kamu untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada. Dengan melakukan kegiatan menulis, kamu bisa menggali manfaat yang berlimpah, seperti mempertajam daya ingat, meningkatkan kreativitas, memperbaiki suasana hati, hingga menghilangkan seluruh masalah yang ada.

Untuk itu, kamu bisa memulai melakukan kegiatan menulis mulai sekarang. Salah satunya dengan menggunakan buku jurnal. Kamu nggak perlu untuk menulis sesuatu yang berat kok, tapi kamu bisa memulainya dengan menulis tentang keseharianmu.

Jadi, guys, manfaat menulis ini memang benar-benar sangat bisa dirasakan ya. Makanya kamu harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin. Buat kamu yang ingin membeli buku jurnal lucu dan kualitas andalan, kamu bisa membelinya di Typo Indonesia. Typo Indonesia menyediakan berbagai macam pilihan buku jurnal dan stationery lain yang cocok untuk kamu miliki.

Tunggu apalagi? Yuk segera pilih produk terbaikmu di Typo. Oh iya, untuk bertransaksi dengan mudah, kamu juga bisa memanfaatkan Atome lho. Jadi kamu bakal dengan mudah melakukan pembayaran dengan cepat dan tentunya banyak diskonnya. Grab it fast!