Blog

Yuk, Kenali Varian Mesin Kopi Espreso

Jul 13 2021

Berbicara soal kopi memang tidak akan ada habisnya. Kopi menjadi salah satu minuman yang memiliki begitu banyak peminat. Tidak hanya kaum pria, bahkan banyak kaum wanita yang juga tertarik untuk mengonsumsi minuman yang satu ini.

Saat ini kopi banyak dijual dengan campuran bahan-bahan lainnya seperti susu, coklat, dan masih banyak lagi. Meskipun banyak kopi dijual dengan bahan-bahan campuran, kopi murni tanpa campuran tetap menjadi idola. Kopi ini disebut dengan espreso.

Espreso merupakan kopi murni tanpa campuran yang mana di dalamnya terkandung ekstrak kopi sehingga rasanya begitu kuat. Espreso diseduh dengan cara menyemburkan air panas bertekanan tinggi ke bubuk kopi. Espreso ini disajikan hanya secangkir kecil yang berisi sekitar 30 sampai 45 ml dengan ciri khas crema pada permukaannya.

Nah, tahukah kamu kalau espreso ini tidak bisa dibuat dengan cara yang sembarangan? Terdapat alat tersendiri yang digunakan untuk membuat espreso, yaitu bernama mesin espreso. Mesin espreso adalah mesin pembuat atau penghasil ekstraksi kopi (espresso). Mesin pembuat espreso ini pun cukup beragam. Mulai dari yang komersial hingga yang paling canggih. Jika kamu belum tahu jenis-jenis mesin espreso, yuk simak penjelasan berikut.

1. Mesin Espreso Komersial atau Profesional

Mesin espreso bertipe komersial atau profesional merupakan mesin yang berukuran besar sehingga terlihat tangguh. Mesin jenis ini ibarat monsternya mesin kopi, karena ukurannya yang begitu besar. Sesuai dengan namanya, mesin komersial ini ditujukan untuk penggunaan yang lebih kompleks. Biasanya para barista mengidamkan mesin espreso jenis ini.

Mesin tipe ini memiliki group head lebih dari satu yang bertujuan untuk  menunjang kecepatan produksi dan memiliki ketahanan yang sangat kuat. Mesin tipe komersial pada umumnya menarik daya listrik sekitar 40-50 amps dalam kapasitas yang mencapai 220 volts.

Dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, mesin jenis ini cenderung digunakan oleh barista profesional, karena cara penggunaannya lebih rumit dan lebih teknikal. Segmentasi pengguna dari mesin espreso jenis ini pun kafe-kafe besar yang berfokus pada kualitas kopi yang akan disajikan.

2. Mesin Espreso Manual

Desain mesin espreso manual menawarkan kendali penuh kepada penggunanya dalam membuat kopi. Mesin jenis ini mengharuskan penggunanya untuk menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu, tekanan, dan juga mengatur lamanya ekstraksi. Mesin tipe ini pada umumnya memiliki fitur fungsional yang lebih lengkap seperti boiler, steam pressure gauge, portafilter dan manual lever.

Mesin ini cocok kamu gunakan jika kamu ingin belajar menjadi barista sendiri di rumah.  Selain itu, mesin espreso manual ini juga cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal yang klasik dan suka dengan konsep vintage. Desain vintage dari mesin espreso manual memberikan kesan elegan sekaligus klasik pada saat yang bersamaan.

3. Mesin Espreso Semi Otomatis

Selain mesin espreso manual, mesin espreso jenis ini juga menjadi salah satu jenis mesin yang banyak digunakan untuk komersil ataupun untuk orang-orang yang ingin menjadi barista sendiri di rumah.

Dengan menggunakan mesin ini, kamu dapat menakar kopi yang ingin kamu buat dalam takaran yang tepat. Untuk menghasilkan ekstraksi, mesin jenis semi-automatic ini memiliki beberapa fitur, di antaranya boiler, portafilter dan sebuah lever. Mesin espreso semi otomatis biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu: manual control dan programmable doses.

Manual control yaitu kamu bisa memberhentikan sendiri secara langsung kopi yang kamu olah sesuai dengan kebutuhanmu. Sedangkan tipe programmable doses membuat kamu bisa menentukan seberapa banyak kopi yang kamu mau dan mesin akan berhenti sendiri begitu kopi sudah mencapai jumlah sesuai yang kamu inginkan. Jadi kamu bisa memilih mesin espreso semi otomatis tipe mana yang akan kamu gunakan di rumahmu ya.

4. Mesin Espreso Otomatis

Mesin espreso otomatis memiliki desain yang keren dan bergaya modern. Banyak orang menggemari mesin tipe ini karena penggunaannya yang cukup praktis, tanpa harus banyak belajar. Dengan mesin ini kamu hanya perlu menggunakan satu kapsul kopi sehingga sesuai dengan keperluanmu. 

Banyak orang menyebut mesin ini dengan istilah mesin pod coffee. Salah satu cirinya karena mesin ini hanya memerlukan penggunaan kapsul untuk membuat kopi. Selain penggunaannya yang cukup praktis, keunggulan mesin jenis ini adalah desainnya yang cenderung keren-keren dan bergaya futuristik.

5. Mesin Espreso Super Otomatis

Kamu tidak ingin repot-repot saat membuat kopi? Atau kamu menginginkan espreso yang enak tapi tidak ingin pergi ke coffee shop? Maka mesin espreso super otomatis adalah solusi yang tepat untuk kamu.

Mesin ini adalah sebuah mesin kopi yang mana kamu hanya perlu menekan tombol tanpa harus melewati ritual para barista untuk menghasilkan espreso yang enak. Seperti namanya, mesin super-automatic dapat menggiling, memadatkan, dan memanaskan kopi sekaligus.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup menekan satu tombol, dan mesin espreso ini akan segera membuat kopi sesuai dengan menu yang kamu pilih. Mesin jenis ini bisa dikatakan mengambil alih semua tugas yang dilakukan barista dalam membuat espreso karena memang mesin ini sangat canggih. Gimana, berminat untuk memilikinya?

Mesin espreso memang memiliki banyak bagian yang sangat penting untuk menghasilkan espreso maupun sajian lain yang berbasis espreso. Bagian-bagian tersebut meliputi group head, group handle, steam wand, steam nozze, on-off control, shower, seal, filter basket, driptray, cup warmer, boiler, dan masih lain sebagainya.

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula ditawarkan alat-alat pembuat espreso. Mesin-mesin ini juga ikut berkembang sesuai dengan kebutuhan. Mesin-mesin espreso banyak dijual di pasaran dengan rentang harga yang cukup beragam.

Jika kamu ingin membeli mesin espreso dengan banyak keuntungan, kamu dapat membeli mesin ini dengan metode pembayaran dari Atome. Kamu bisa mencari toko-toko yang berkerja sama dengan Atome. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi khawatir akan masalah pembayaran. Kamu pun bisa memilih rentang waktu pembayaran 3 atau 6 bulan, sesuai yang kamu inginkan.

Harga mesin espreso memang tidak murah. Hal ini sebanding dengan manfaat dan keunikan yang disuguhkan. Meskipun demikian, kamu tetap bisa memilikinya loh jika kamu berbelanja menggunakan Atome. Cukup menarik kan? Yuk, beli mesin espreso menggunakan Atome!