Blog

Alasan Kamu Harus Coba Metode Pembayaran Cicilan

Aug 27 2021

Metode pembayaran cicilan adalah bagian dari kekuatan finansial masyarakat. Metode ini memungkinkan kamu untuk meminjam uang dan membayarnya dalam angsuran. Terkadang banyak orang yang ragu dan takut dalam mencobanya. Tapi tenang saja, karena kini sudah banyak yang menawarkan metode cicilan dengan bunga 0 persen loh! Jadi tidak perlu khawatir dengan bunga tinggi yang harus dibayar ya. Ketika digunakan dengan benar, metode pembayaran ini dapat membantu kamu mempertahankan fleksibilitas keuangan dalam jangka panjang. Yuk, langsung kita simak apa saja alasan untuk mencoba metode pembayaran cicilan!

Mengelola Uang Dengan Cerdas

Jika kamu memiliki dana yang cukup, kamu selalu dapat membeli dan membayar penuh barang yang kamu mau. Tetapi sebenarnya kamu tidak ingin benar-benar menghabiskan semua uang yang ada sekarang bukan? Dengan memilih metode pembayaran cicilan, kamu akan memiliki fleksibilitas untuk melakukan pembelian tanpa harus mengeluarkan cadangan uang tunai kamu. Membayar secara berangsur-berangsur dengan jumlah kecil membuat kamu memiliki cadangan uang tunai untuk keadaan darurat dan kejadian yang tak terduga. Lebih baik daripada tiba-tiba kamu perlu uang saat itu juga dan harus meminjamnya dengan bunga tinggi bukan? Atau malah harus menahan malu meminjam pada keluarga dan teman, yang biasanya akan selalu jadi omongan loh.

Cocok Untuk Anggaran Ketat

Metode pembayaran cicilan memudahkan kamu untuk melakukan pembelian atau pembayaran walaupun kamu tidak memiliki anggaran full. Sangat penting terutama bagi mereka yang sudah berumah tangga dan memiliki anggaran yang ketat untuk diikuti. Dengan mengambil keuntungan dari skema pembayaran yang ditangguhkan, kamu memiliki lebih banyak kelonggaran untuk dibelanjakan tanpa takut mengalami kesulitan keuangan yang besar. Tidak perlu lagi gengsi dengan barang baru tetangga sebelah ya!

Melacak Keuangan Dengan Lebih Baik

Dengan pilihan jangka waktu pembayaran, kamu dapat membagi jumlah pembayaran dan mengelola berapa banyak yang harus dibayar setiap bulan. Dengan menambahkan ini ke pengeluaran sehari-hari, kamu akan memiliki gambaran yang jelas tentang pengeluaran kamu secara keseluruhan. Apakah kamu berada di dalam atau di luar alokasi bulanan dapat dilihat dengan melakukan metode pembayaran cicilan. Dengan demikian ini akan memudahkan kamu untuk mengontrol dan melacak keuangan kamu.

Mampu Membeli Tanpa Kompromi

Jika kamu baru memulai hidup atau dalam posisi di mana kamu tidak mampu membeli semua hal yang sebenarnya diinginkan, sangatlah masuk akal untuk menggunakan metode pembayaran cicilan.

Ada beberapa skenario di mana ini bisa terjadi. Melengkapi rumah adalah salah satu contoh yang baik. Saat kamu baru saja memulai rumah tangga dan membeli rumah baru pertamamu, pasti kamu ingin mengisinya dengan perabotan-perabotan yang paling cocok dengan desain rumah bukan? Tapi bahkan untuk rumah kecil pun, banyak sekali perabotan yang akan dibutuhkan saat kamu akan tinggal di sana. Karena memikirkan budget yang pas-pasan, tidak sedikit pasangan yang merelakan perabotan senada dengan desain rumah yang mereka sudah pilih. Rumah pertamamu pun tidak jadi rumah idaman lagi deh.

Dengan mencicil, kamu mampu membeli semua perabotan yang kamu sudah pilih karena kamu tidak perlu langsung membayar semuanya. Kamu memang harus membayarnya dalam jangka yang lebih panjang, tapi pada akhirnya yang kamu beli adalah apa yang sebenarnya kamu inginkan. Jadi kamu tidak akan terus menyesal dengan pilihanmu dan mungkin malah menyalahkan gaji pasanganmu yang tidak cukup tinggi. Nuansa rumah baru yang sesuai denganmu juga akan memperbaiki mood-mu setiap harinya. Kamu dan pasanganmu akan puas dengan apa yang kalian lihat dan pakai. Hubungan suami istri juga akan jadi lebih harmonis bukan?

Yang perlu dipertimbangkan juga adalah kemampuan untuk tidak kompromi dalam membeli. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa berkompromi di awal malah akan membuat boros nantinya. Coba saja pikir, sebenarnya kamu ingin meja kayu berkaca cantik untuk ruang tamu. Tapi karena harganya lebih mahal dari meja kayu biasa, kamu mungkin tidak bisa beli sofa jika kamu memilih meja kaca itu. Jadilah kamu berkompromi dan membeli meja kayu biasa. Tidaklah aneh untuk sering menikmati apa yang kamu lihat di rumah barumu. Kamu akan selalu terganggu saat melihat meja kayu yang terlalu polos untuk desain rumahmu, sehingga tidak memaksimalkan keindahan kediamanmu. Apalagi jika kamu pergi ke rumah temanmu atau mal di mana terletak meja kaca cantik. Akan terus ada dorongan kuat untuk memilikinya yang tidak tertahan dan pada akhirnya malah membelinya. Kalau begitu, bukankah lebih baik untuk membelinya di awal saja?

Meregangkan Biaya Pembelian

Metode pembayaran cicilan memungkinkan kamu membeli barang-barang yang seharusnya akan membuatmu kesulitan jika membayarnya secara penuh. Tergantung pada jangka waktu yang kamu pilih, kamu bisa secara teratur membayarnya dalam jumlah yang lebih kecil. Banyak masyarakat Indonesia yang berpikir bahwa metode pembayaran cicilan itu membuat boros, yang pada nantinya menjadi hutang bertumpuk jika tidak mampu membayarnya. Itu tidak benar loh. Alasannya? Karena tersedia cicilan dengan bunga 0 persen! Jadi kamu tidak perlu membayar lebih dari harga aslinya tapi kamu juga tidak perlu membayar full pada saat membeli.

Membuka Pintu Untuk Kemungkinan Keuangan Lainnya

Di zaman sekarang, investasi atau bermain saham bukanlah kegiatan untuk kalangan atas saja loh. Dengan banyak kemudahan yang ditawarkan, bahkan banyak anak muda yang mulai melakukannya. Kamu ingin mencobanya juga, tapi menyerah karena berpikir tidak punya uang yang cukup? Eits, tunggu dulu! Cobalah kamu pikirkan kebutuhan apa yang sebenarnya kamu bisa beli dengan metode pembayaran cicilan. Pilihlah cicilan dengan bunga 0 persen. Dengan begitu kamu sekarang jadi memiliki sisa uang yang lebih banyak dan dapat mencoba investasi di berbagai hal yang menurutmu akan menguntungkan pada nantinya. Ingat belajar untuk berinvestasi yang aman dan tepat juga ya!