Apa itu detoks wajah dan cara melakukannya dengan mudah

Jul 18 2022

Kamu pasti sering mendengar istilah detoks tubuh, yaitu proses mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Tujuannya yaitu membasmi radikal bebas dan meningkatkan penyerapan nutrisi agar tubuh tidak mudah sakit. Pengertian detoksifikasi wajah juga tidak berbeda jauh dengan itu. Bedanya, detoks wajah adalah proses detoksifikasi atau pembuangan racun yang berfokus pada daerah wajah. Apa saja manfaat dan cara melakukannya? Simak ulasan berikut beserta rekomendasi produk detoks wajah yang bisa kamu coba.

Manfaat Detoks Wajah

Detoks wajah atau detoksifikasi wajah adalah metode mengeluarkan racun dari dalam kulit wajah agar kulit tetap sehat dan bebas dari racun. Istilah racun ini sendiri sangatlah luas. Mulai dari polusi, efek radikal bebas, bahan pengawet pada makanan yang dikonsumsi, hingga kandungan kimia dari produk skincare atau kosmetik. Proses detoksifikasi wajah punya banyak manfaat, di antaranya:

  • Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dari berbagai kotoran yang dapat menyumbat pori – pori wajah.
  • Mengangkat sel – sel kulit mati dan membantu meregenerasi kulit baru yang lebih sehat.
  • Mencegah timbulnya komedo dan jerawat, karena proses detoksifikasi membantu mengontrol minyak berlebih dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat.
  • Mengatasi wajah kusam dan membantu mencerahkan wajah.
  • Mencegah tanda – tanda penuaan dini dengan cara melawan efek radikal bebas pada wajah.

Cara Detoksifikasi Wajah Sendiri Di Rumah

Detoksifikasi wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tinggal sesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanan. Yang perlu dipahami, detoksifikasi adalah proses berkelanjutan yang perlu dilakukan secara rutin dan berulang. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan memakai banyak produk makeup. Berikut langkah – langkah detoksifikasi wajah paling praktis yang bisa kamu coba di rumah.

1. Biasakan Pola Makan Sehat

Kesehatan kulit wajah juga tergantung pada berbagai makanan dan minuman yang kita masukkan ke dalam tubuh. Jadi, biasakan untuk mengonsumsi makanan – makanan sehat dan bergizi seimbang agar kulit wajah tetap sehat dan terbebas dari racun berbahaya. Biasakan memperbanyak makan sayur dan buah – buahan yang kaya akan vitamin. Hindari makan junk food, makanan berminyak, atau makanan yang terlalu asin.

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Mengonsumsi air secukupnya juga termasuk langkah yang efektif untuk detoksifikasi racun pada kulit wajah. Perbanyak asupan mineral dengan minum air putih minimal 2 liter per hari. Kurangi minum minuman berkafein, berkarbonasi, dan minuman yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

3. Puasa Makeup

Meskipun beberapa produk diklaim non-comedogenic, namun penggunaan makeup secara berlebihan setiap hari dapat menyumbat pori – pori wajah kamu. Kulit pun tidak dapat bernapas secara maksimal untuk menyerap oksigen. Karena itulah, coba sesekali puasa makeup agar kulit dapat bernafas dengan lega. Cara ini juga efektif untuk mengurangi noda hitam, kemerahan, serta iritasi wajah.

4. Eksfoliasi Wajah

Young cheerful woman applies natural scrub on face, touches cheeks, keeps eyes closed, wears towel, has beauty procedures after taking shower, models indoor. Female model with blue sea salt on skin

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan atau pengangkatan sel – sel kulit mati yang menempel pada wajah. Meskipun kamu sudah rajin mencuci wajah setiap hari, eksfoliasi tetap penting dilakukan untuk minimal 1-2 kali seminggu. Cukup gunakan produk eksfoliator sesuai kebutuhan dan jenis kulit untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan membantu meregenerasi kulit secara optimal.

5. Lakukan Steam Wajah

Tak harus facial ke salon untuk menikmati steam wajah. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara merendam handuk bersih ke dalam air hangat. Lalu tempelkan ke wajah selama 15-20 menit. Selain memberikan sensasi menenangkan, steam wajah juga bermanfaat membuka pori – pori kulit agar dapat menyerap kandungan skincare secara lebih sempurna.

Rekomendasi Produk Untuk Detoksifikasi Wajah

Kini banyak brand kecantikan yang menghadirkan produk detoksifikasi wajah. Jadi, formulanya dirancang khusus untuk membantu membuang racun pada kulit wajah. Cara menggunakannya juga sangatlah praktis. Tinggal aplikasikan ke wajah seperti memakai skincare pada umumnya. Berikut beberapa rekomendasi produk detoks wajah yang bisa kamu coba.

1. Pond’s D-TOXX Regime

Rangkaian produk detoks wajah dari Pond’s yang terdiri dari micellar water, facial foam, dan clay mask charcoal. Awali dengan menggunakan micellar water untuk membersihkan sisa makeup. Lalu lanjutkan dengan Pond’s Pure White Facial Foam yang mampu mengangkat kuman dan sel – sel kulit mati pada wajah. Kemudian, pakai clay mask charcoal yang punya tiga manfaat sekaligus, yaitu melembabkan, melembutkan, dan mencerahkan wajah.

2. The Skinfood Bitter Green Clay Shooting Mask

Produk dari Korea Selatan ini  terbuat dari clay dan sejumlah bahan – bahan alami dari sayuran untuk membantu detoksifikasi wajah secara maksimal. Mulai dari rumput gandum, kale, seledri, kubis, dan ekstrak brokoli yang bermanfaat membersihkan wajah. Gunakan masker wajah ini hingga 3-4 kali seminggu untuk mengatasi berbagai kotoran yang menempel pada wajah, termasuk paparan debu dan polusi jalanan. Kulit pun ternutrisi dengan baik, sehingga tampil lebih bersih dan sehat.

3. Nature Republic Fresh Green Tea Toner

Toner juga dapat bermanfaat untuk detoksifikasi wajah dari bakteri dan racun berbahaya. Seperti toner dari Nature Republic ini. Diformulasi dari green tea yang kaya antioksidan tinggi untuk mengatasi jerawat dan kemerahan pada kulit wajah. Teksturnya cair dan terasa ringan di wajah. Ketika diaplikasikan, formulanya juga cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket atau perih di wajah. Produknya pun cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat.

4. Klairs Black Sugar Charcoal Soap

Sabun batang ini bermanfaat untuk deep cleansing dan purifying yang mengontrol minyak berlebih pada wajah dan memurnikan kembali kesehatan wajah. Terbuat dari perpaduan charcoal dan black sugar yang mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih hingga pori – pori terdalam kulit wajah kamu. Sabun dari Klairs ini juga menghasilkan busa yang lembut dan tidak menjadikan wajah terasa kering. Gunakan 2 kali sehari untuk menghasilkan kulit wajah yang bersih dan lembab.

5. I’m from Mugwort Mask

Rekomendasi produk detoks selanjutnya berupa masker wajah yang terbuat dari 2,1% mugwort serta kombinasi vitamin, tanin, dan mineral. Mugwort terkenal sebagai ramuan alami Korea yang ampuh untuk detoksifikasi dan merawat kulit secara maksimal. Bahan ini menghasilkan efek menenangkan dan mendinginkan pada kulit, serta membantu mengatasi iritasi dan breakout di wajah.

Detoksifikasi wajah sangatlah penting untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Lakukan secara rutin untuk memaksimalkan penggunaan skincare sehari – hari. Gunakan juga produk khusus detoksifikasi wajah sesuai rekomendasi di atas. Beli semuanya di JD.ID yang koleksi produknya lengkap dan terjamin orisinal. Menariknya lagi, kamu juga bisa checkout menggunakan metode pembayaran Atome. Sehingga kamu dapat menikmati fasilitas cicilan 0% tanpa tambahan DP atau biaya admin. Jadi, tak perlu bayar total belanja sekarang juga. Pakai Atome dan bayar tagihan dengan tenor cicilan mulai 1 hingga 12 bulan. Menariknya lagi, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon eksklusif dan berbagai promo spesial lainnya yang menguntungkan. Dapatkan semua manfaatnya dengan download Atome sekarang juga!

Main keywords of the article: