Apa itu paylater? Dan menengok keuntungan Atome paylater

Feb 04 2022

Istilah paylater kini kian populer di tengah masyarakat yang suka melakukan proses belanja online. Dinilai sangat menguntungkan dan lebih praktis, paylater adalah fasilitas yang kini perlahan mulai menggantikan posisi kartu kredit di mata para penggunanya. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu banyak mengenai sistem dan cara kerja fasilitas yang satu ini. Tertarik mengetahui ulasan lengkap mengenai paylater? Yuk, disimak artikel berikut ini!

Apakah Paylater Itu?

Paylater sebenarnya adalah sebuah metode untuk menunda atau mencicil pembayaran ketika membeli sesuatu barang atau apapun melalui sebuah platform tertentu. Biasanya paylater banyak ditawarkan oleh perusahaan – perusahaan digital serta start-up sebagai salah satu alternatif pembayaran masa kini.

Melihat dari pengertian paylater, secara umum sebenarnya fungsi fitur yang satu ini kurang lebih bisa dikatakan sama dengan kartu kredit. Tetapi penggunaannya memang sangat jauh lebih praktis dan mudah tentunya.

Secara singkat, prinsip dari paylater itu sendiri adalah pinjaman yang diberikan oleh suatu perusahaan yang kemudian perlu untuk dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan yang diambil oleh para penggunanya.

Meskipun terdengar penuh keuntungan dan sedikit menggiurkan, perlu diingat bahwa fitur paylater sendiri sebenarnya adalah untuk memudahkan konsumen dalam membeli kebutuhan di saat yang mendesak.

Keuntungan Dan Kerugian Dari Paylater

Setiap produk pasti memiliki factor kelebihan dan kekurangan, atau yang lazim kita sebut untung dan rugi, begitu juga dengan fitur paylater ini. Beberapa poin di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda apakah layanan ini tepat atau tidak untuk Anda gunakan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dan kerugian dari mempergunakan paylater:

  • Keuntungan Paylater

Proses Mudah

Dimulai dari proses mendaftar hingga proses mengajukan pinjaman, fitur paylater dinilai cukup mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Seluruh rangkaian proses tersebut bisa Anda lakukan secara online pada platform yang Anda pilih.

Tenggat Waktu Fleksibel Tanpa Bunga

Keuntungan lain dari paylater adalah tenggat waktu (tenor) yang fleksibel dan sesuai untuk Anda pilih. Bisa dikatakan setiap platform menawarkan berbagai tenor yang berbeda. Dan umumnya masa tenor yang ditawarkan adalah mulai dari 3 sampai 12 bulan. Beberapa platform juga menawarkan pinjaman tanpa bunga dalam tenggat waktu tersebut.

Kapan Dan Di Mana Saja

Karena seluruh prosesnya bisa dilakukan secara online, Anda bisa mempergunakan layanan ini kapan dan di mana saja. Sehingga ketika suatu saat Anda membutuhkan pinjaman di saat yang sangat mendesak, fitur ini bisa dengan mudah Anda pergunakan.

  • Kerugian Paylater

Konsumtif

Kerugian pertama yang dirasakan dari layanan paylater ini adalah bisa menyebabkan Anda menjadi konsumtif. Karena siapa yang tak tertarik untuk memiliki produk sesuai dengan keinginan dalam waktu yang cepat dengan pembayaran yang bisa dimodifikasi? Anda harus berhati – hati dengan pola pikir ini.

Tawaran bunga yang rendah bahkan nol persen, serta beragam tawaran menarik lainnya bisa menyebabkan Anda jadi lepas kontrol untuk membeli barang – barang yang Anda inginkan begitu saja. Sekali lagi yang harus diingat, paylater adalah layanan yang mempermudah Anda jika memiliki kebutuhan yang sangat mendesak, yang membuat Anda harus mengajukan pinjaman.

Pembengkakan Tagihan

Selain menyebabkan sifat konsumtif menjadi semakin tinggi, kelemahan berikutnya dari menggunakan paylater adalah dapat menimbulkan pembengkakan tagihan di rekening Anda. Sebaiknya pilahlah dengan baik kebutuhan apa yang  harus Anda penuhi saat mengajukan pinjaman melalui aplikasi paylater tersebut.

Keamanan

Kerugian yang selanjutnya dari paylater adalah berkaitan dengan masalah keamanan. Jika dibandingkan dengan keamanan kartu kredit bank, keamanan dari paylater dikatakan masih tergolong agak rendah. Banyak platform di luar sana yang menyediakan layanan paylater dengan berbagai tawaran yang sangat menarik, namun tidak terjamin keamanannya. Pastikan untuk memilih platform paylater yang telah memenuhi syarat keamanan yang Anda telah periksa dan teliti sebelumnya.

Jika Anda tertarik untuk mempergunakan paylater, PT Atome Finance Indonesia, sebagai PT yang menaungi Atome Indonesia bisa dikatakan merupakan sebuah pilihan yang tepat. Mengapa?

1. Proses Pengajuan Mudah Dan Cepat

Proses pengajuan paylater berbeda dengan pengajuan kartu kredit, karena semua bisa dilakukan hanya dengan aplikasi. Seperti pada Atome, yang bisa Anda download langsung di Apple AppStore atau Google PlayStore. Syarat registrasinya juga hanya membutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai salah satu identitas yang wajib untuk Anda tunjukkan. Setelah itu, dalam hitungan menit Anda sudah bisa menikmati layanan cicilan yang disediakan.

2. Cicilan Tanpa Kartu

Berbeda dengan kartu kredit yang memiliki bentuk fisik dan proses pengajuan yang lebih panjang, di Atome semua bisa dilakukan dengan cepat hanya dengan satu aplikasi saja. Proses pembayarannya pun cepat, hanya dengan mengunakan aplikasi, dan bisa memilih cicilan 3 atau 6 bulan.

3. Banyak Promonya

Semakin menariknya menggunakan Atome adalah ditambah dengan banyaknya promo, baik voucher potongan pada merchant tertentu ataupun promo menarik lainnya. Promo yang diberikan di luar promo yang ada pada store atau merchant, sehingga potongan yang Anda dapatkan bisa berlipat ganda dan lebih menguntungkan.

4. Bisa Untuk Belanja Offline Atau Online

Karena Atome telah bekerjasama dengan banyak merchant, maka pengguna Atome bisa lebih leluasa dalam berbelanja, baik di toko offline maupun online. Semejak pandemi beberapa tahun belakangan juga semakin ramai orang yang melakukan transaksi melalui online, maka aplikasi Atome akan sangat membantu proses transaksi pada aplikasi online, namun tidak menutup kemungkinan tetap bisa dipergunakan untuk customer yang lebih suka berbelanja pada toko offline.

5. Jadi Ada Uang Lebih

Terkadang Anda memiliki keinginan untuk membeli sesuatu barang namun kurang uang, khususnya di akhir bulan. Atome bisa menjadi uang lebih Anda, khususnya di akhir bulan, jadi Anda tetap bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan lebih cepat dan pembayarannya bisa dilakukan dengan cicilan 3 atau 6 bulan.

Produk – produk online seperti paylater ini memang bisa memberikan kemudahan dan lebih praktis. Namun tetap ingat, jangan kesampingkan risiko yang bisa Anda hadapi selama memanfaatkannya. Pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari penggunaan aplikasi paylater, sehingga bisa membuat Anda akan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Untuk men-download aplikasi Atome, silakan klik link berikut.

Materi ini dibuat atau dikeluarkan oleh PT AFI

Main keywords of the article: