Blog

Bahaya Kosmetik Abal-Abal Yang Harus Kamu Ketahui

Sep 02 2021

Semakin ke sini, semakin tinggi angka permintaan terhadap produk-produk kosmetik. Baik itu bedak, foundation, eye shadow, blush-on, dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyaknya permintaan ini sesuai dengan keinginan gaya hidup masyarakat untuk tampil cantik dan mempesona, sehingga pasar kosmetik pun semakin meningkat.

Tapi, tahukah kamu karena banyaknya minat terhadap kosmetik itu membuat banyak orang tak bertanggung jawab justru mencari keuntungan dari sana? Yap, keuntungan yang dimaksud dalam hal ini adalah membuat kosmetik dari bahan-bahan yang tidak aman serta tidak teruji secara klinis. Pembuatan kosmetik palsu atau abal-abal ini sangat merugikan banyak konsumen, terutama para wanita. Lantas, apa saja sih bahaya yang kamu dapatkan jika menggunakan kosmetik abal-abal ini?  Berikut penjelasannya.

1. Kulit Merah atau Timbul Ruam

Hal pertama yang terjadi jika kamu menggunakan kosmetik yang tidak aman adalah kulit wajahmu bisa merah dan timbul ruam. Akan timbul bintik-bintik merah pada kulit yang kamu kenai kosmetik. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kondisi kulitmu semakin parah.

2. Kulit Terasa Panas dan Perih

Kosmetik palsu akan membuat kulitmu terasa perih saat kamu menggunakannya dalam jangka lama. Selain perih, kamu juga akan merasakan efek samping terasa panas, dan gatal. Hal ini terjadi karena kosmetik abal-abal atau kosmetik palsu menggunakan bahan yang keras dan berbahaya pada komposisinya.

3. Merah Saat Terkena Matahari

Jika setelah digunakan, kulit menjadi merah saat terkena matahari, itu tandanya ada bagian kulitmu yang rusak. Karena kulit punya perlindungan alami yang melindungi kulit sehingga tidak gampang iritasi. Jika setelah pemakaian produk ternyata kulit kamu menjadi merah saat kamu berada di bawah sinar matahari, bisa jadi itu produk dengan bahan yang berbahaya.

4. Kulit Menjadi Tidak Sehat

Beberapa sumber mengatakan bahwa banyak produk kosmetik palsu mengandung hingga 19 kali batas legal timah hitam atau timbal di dalamnya. Timbal dapat menumpuk di tubuh manusia selama berbulan-bulan yang menyebabkan keracunan timbal. Pada orang dewasa, keracunan timbal dapat menyebabkan hilangnya ingatan, nyeri sendi dan juga nyeri otot, serta sakit kepala. Sedangkan pada wanita hamil yang menggunakan produk kosmetik palsu berisiko keguguran atau kelahiran prematur. Cukup mengerikan bukan?

5. Membahayakan Organ Dalam Tubuh

Merkuri yang terkandung dalam produk kosmetik palsu dapat membahayakan kesehatan seperti jantung, ginjal, sistem kekebalan tubuh, paru-paru, dan otak. Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri juga dapat menyebabkan ruam kulit, otot melemah, sakit kepala, dan insomnia.

Beberapa produk kosmetik palsu juga mengandung aluminium yang tinggi. Penggunaan produk kosmetik yang mengandung aluminium ini dapat menyebabkan penyakit tulang, kelelahan, kehilangan ingatan, demensia, dan banyak masalah kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan aluminium dapat menumpuk di otak, yang menyebabkan banyak orang menghilangkan atau tidak menggunakan produk aluminium apapun dalam kehidupan sehari-harinya.

6. Muncul Jerawat

Jerawat merupakan salah satu dampak yang paling sering muncul dari pemakaian kosmetik palsu. Jika kamu baru saja membeli dan menggunakan kosmetik tertentu dan mulai muncul jerawat, kamu perlu berhati-hati. Cobalah untuk menghentikan pemakaian dan cek kondisi kulit kamu. Jika jerawat berhenti muncul setelah kamu tidak lagi menggunakan produk tersebut, kemungkinan kosmetik tersebut tidak cocok dengan kulit kamu atau produk tersebut palsu. Agar efeknya tidak berkepanjangan, hentikanlah pemakaian kosmetik tersebut ya!

7. Alergi

Kosmetik abal-abal seringkali dibuat tanpa takaran bahan kimia yang jelas. Tidak seperti pabrik dan produsen resmi, para pembuat kosmetik, mereka dapat memakai bahan yang bukan diperuntukkan untuk kulit manusia. Selama bentuk dan fungsi produknya mirip dan harganya murah, bahan apa pun bisa digunakan.

Akibat kandungan bahan kimia berbahaya pada kosmetik palsu, hal ini bisa membuat kamu mengalami alergi. Jika kamu terus-menerus menggunakan kosmetik imitasi tersebut, efeknya bahkan bisa permanen. Oleh karena itu, tak ada salahnya menabung untuk mendapatkan kosmetik asli, meski harganya lebih tinggi, daripada tergiur dengan kosmetik murah tapi palsu.

8. Infeksi Area Mata

Produk kosmetik mata merupakan salah satu jenis kosmetik yang sering dipalsukan. Warna-warna eyeshadow yang cantik dengan harga miring kerap menjadi incaran pecinta kosmetik murah. Padahal, kosmetik berbahaya ini akan diaplikasikan di sekitar mata yang merupakan organ yang cukup sensitif.

Sebuah kasus pemakaian eyeshadow palsu yang pernah terjadi, seorang perempuan yang menggunakan eyeshadow imitasi dari merek ternama mengalami bengkak di sekitar mata dan pandangannya menjadi kabur. Jangan sampai hal ini terjadi pada kamu ya! Cermatilah harga, kemasan, keterangan produk, dan ulasan pengguna untuk membedakan kosmetik asli dan palsu.

9. Kanker Kulit

Memakai kosmetik palsu dalam jangka waktu lama bisa membuat kulit kamu menyerap kandungan berbahaya di dalamnya. Bahan kimia berbahaya yang menumpuk pada jaringan kulit dapat memicu kanker kulit. Tak hanya itu, bahan berbahaya yang terserap ini bisa terbawa ke jaringan tubuh lain dan memiliki efek merusak. Dampak negatif ini tentu tak sebanding dengan harga murah yang ditawarkan produk kosmetik imitasi.

Itu tadi adalah dampak yang akan kamu dapatkan jika menggunakan kosmetik palsu. Tips agar kamu tidak mendapatkan barang palsu adalah memeriksa nomor BPOM-nya. Sebuah produk dapat dinyatakan aman apabila telah memiliki izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jangan menggunakan sebuah produk apabila tidak mencantumkan nomor BPOM, dan tetap teliti mengecek kembali nomor BPOM melalui website resmi BPOM.

Untuk mendapatkan kosmetik yang asli, kamu juga bisa membeli  produk dari All Young. Dengan memilih All Young sebagai kosmetik kamu, kamu bisa mendapatkan produk kosmetik terbaik dari para dermatologis yang dibuat mengunakan bahan alami yang bebas alkohol, paraben, dan juga parfum. Kamu bisa menggunjungi kanal resmi All Young untuk mendapatkan produknya ya.

Kamu bisa mendapatkan 0% cicilan jika berbelanja produk di All Young menggunakan metode pembayaran dari Atome. Atome telah bekerjasama dengan banyak produk skincare dan juga beragam brand sehingga transaksi belanjamu jadi lebih mudah. Yuk, belaja di All Young menggunakan Atome. Dijamin deh, pasti menguntungkan!