Blog

Begini Tips Jika Ingin Mendapatkan Headset Bagus Berkualitas

Aug 20 2021

Buat kamu yang memiliki hobi melakukan kegiatan di dalam rumah seperti nge-game, mendengarkan musik, atau menonton film, headset menjadi salah satu barang yang paling kamu butuhkan. Ketika kamu mendengarkan sebuah suara atau audio melalui headset, pasti kamu akan merasakan sensasi yang sangat berbeda. Pasti ada sensasi tersendiri yang tidak seperti biasanya saat kamu menggunakan headset ini.

Membicarakan soal headset rasanya akan kurang jika kamu tak mengetahui informasi mengenai headset dengan kualitas yang bagus. Pada dasarnya, headset yang bagus itu adalah headset yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Namun, ada beberapa headset yang memang sangat affordable dan hadir dengan kualitas terbaik.

Biar kamu tidak bingung bagaimana cara memilih headset, hari ini kita akan kupas tuntas tentang headset yang cocok untuk kamu miliki. Apa saja sih tips terbaiknya? Let’s check this out!

Tips Memilih Headset Berkualitas

1. Sesuaikan dengan budget

Membeli barang pasti kurang pas rasanya jika tidak mempertimbangkan budget. Perhatikan dulu keuangan kamu sebelum kamu memutuskan membeli headset yang kamu inginkan.

Sebelum membeli, kamu bisa melakukan searching harga headset di jejaring media sosial atau kamu juga bisa mengecek harganya di Google. Pastikan spesifikasi yang kamu inginkan sesuai dengan budget kamu ya.

2. Pilih bentuk dan style headset

Semakin berkembangnya zaman, pasti semakin banyak tersedia jenis dan style dari headset itu sendiri. Saat ini, tersedia dua jenis headset yang biasa sering dipakai, yaitu IEM dan earbud.

IEM atau kepanjangan dari In-Ear-Monitors, merupakan salah satu jenis headset yang langsung menutupi saluran telinga pengguna. Berbeda dengan IEM, earbud sendiri hanya menutupi bagian luar telinga saja. Keduanya memang sangat bagus ya, guys, namun, kamu harus menyesuaikannya dengan kenyamanan yang kamu rasakan.

3. Perhatikan sensitivitas suaranya

Kegunaaan headset memang untuk mendengarkan suara yang berasa dari ponsel. Makanya, sebelum membeli headset, kamu wajib mengecek sensitivitas suara dari headset tersebut. Dalam sebuah headset, biasanya memiliki sensitivitas dengan rentang berkisar antara 80-125 dB. Dengan sensitivitas suara tersebut, headset tersebut akan menghasilkan suara yang pas untuk kamu dengarkan.

4. Sesuaikan spesifikasi headset

Selain suara, kamu juga harus memperhatikan spesifikasi dari headset tersebut. Kebanyakan dari headset biasanya memiliki spesifikasi frekuensi suara mulai dari 20-20.000Hz. Semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan, maka semakin meningkat pula kualitas suaranya.

Kualitas suara yang bagus sebenarnya tidak hanya ditentukan dari frekuensi saja, namun ada pula beberapa spesifikasi lain yang bisa dipertimbangkan mulai dari berat, ukuran driver, serta impedansi dari headset tersebut.

5. Pilih jenis headset yang memiliki noise cancellation

Sebelum membeli, kamu harus membaca spesifikasi sebanyak mungkin. Selain itu kamu harus memperhatikan bagian tentang noise cancellation-nya. Apa sih itu noise cancellation? Noise cancellation merupakan teknologi yang bisa mencegah suara dari luar tidak masuk ke perangkat audio yang kamu miliki, dengan begitu suara tersebut tidak mengganggu kualitas yang dihasilkan oleh perangkat.

Saat ini, headset modern sudah memiliki teknologi yang satu ini lho. Ya memang, untuk harganya sendiri lebih mahal, namun kamu bakal bisa merasakan kualitas audio tersebut dengan baik.

6. Pilih yang bergaransi

Produk yang kamu beli harus memiliki garansi resmi ya. Garansi resmi ini didapat karena produk tersebut sudah melalui proses quality control atau bisa dibilang sebagai pengecekan kualitas sebelum produk tersebut dipasarkan.  Namun tak memungkiri, bahwa produk yang kamu pilih terkadang juga cacat dari pabrik. Makanya garansi sangat penting untuk membeli produk.

Beberapa garansi tersebut ada yang tersedia mulai dari 6 bulan hingga 1 tahun lho. Jadi kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Jadi, ketika barang yang kamu miliki rusak, maka produk tersebut akan diganti dengan yang baru.

7. Belilah di toko resmi

Hal paling akhir sebelum kamu membeli produk adalah membeli di toko resmi. Dengan membeli produk di toko yang asli, maka kamu akan mendapatkan barang yang asli dan bergaransi. Jika kamu salah membeli, bisa jadi barang yang kamu beli adalah barang black market. Memang barang tersebut dijual dengan harga yang murah, tapi belum tentu produk tersebut memiliki kualitas terjamin dan yang pasti tidak memiliki garansi. That’s why,  kamu harus memperhatikan dengan baik ya.

Membeli headset dengan kualitas andalan bisa kamu dapatkan hanya di Xiaomi Store. Xiaomi menjual produk headset dengan kualitas terbaik, seperti contohnya headset dengan  3 warna. Mungkin masih banyak yang belum paham, bahwa di dalam sebuah kabel terdapat 3 hingga 4 warna yang tersusun. Masing-masing dari warna tersebut memiliki fungsi masing-masing lho. Berdasarkan prinsip kerjanya, masing-masing kabel tersebut berfungsi untuk menyediakan mic, audio, dan earphone itu sendiri.

Yang jelas, semua produk yang dijual di store Xiaomi adalah produk orisinal dan punya kualitas andalan. Oh iya, membeli headset Xiaomi akan lebih menarik dan menguntungkan jika kamu membeli dengan Atome. Semua transaksi dengan Atome akan mendapatkan diskon melimpah lho. Apalagi di bulan Agustus ini, banyak banget diskon yang ditawarkan oleh Atome.

Di bulan Agustus ini, Atome mengadakan campaign ATOME PAHLAWAN, Promo Meriah Gak Ada Lawan, mulai dari tanggal 2 hingga 31 Agustus 2021. Setiap pembelian produk dengan Atome, pengguna baru akan mendapat diskon 50% up to Rp 75rb lho, dengan minimal transaksi Rp 100 ribu. Buat pengguna setia juga tidak ketinggalan, Atome memberikan diskon sebesar 17% . Wah, menarik banget ya! Yuk, buruan dapatkan headset terbaik Xiaomi dengan Atome!