Blog

Berkenalan dengan jenis celana panjang untuk pria

Jun 24 2022

Berbicara soal gaya berpakaian yang bisa menambah kamu keren sehari – hari tentunya bukan sekedar hanya soal baju dan outerwear saja. Celana panjang yang kamu kenakan juga menjadi salah satu bagian dari gaya berpakaian yang sebenarnya perlu juga untuk diperhatikan.

Siapa di sini yang sehari – hari hanya memakai celana panjang jeans saja atau celana panjang formal pas jalan – jalan dan pergi ke kantor? Karena sebenarnya jenis celana panjang pria itu ada banyak. Dan hasilnya, pemilihan model celana panjang pria yang disesuaikan dengan aktivitas dan gaya berpakaian akan membuat kamu terlihat semakin keren.

Buat kamu yang sedang mengalami kebingungan dengan jenis celana panjang pria yang pas untuk kamu pakai, kamu bisa menyimak artikel yang telah kami siapkan untuk kamu kali ini.

Jenis Celana Panjang Pria Berdasarkan Bentuk Kaki

Yang pertama yang akan kita bicarakan adalah jenis celana panjang pria berdasarkan bentuk kaki celananya. Selain straight cut, pada dasarnya tiap jenis celana panjang hanya dipakai untuk bentuk kaki tertentu, ataupun untuk menciptakan kesan gaya tertentu.

1. Celana Panjang Reguler Atau Straight cut

Ini adalah model celana Panjang pria yang mungkin yang paling sering kamu lihat, dan mungkin dipakai sehari – hari oleh kebanyakan pria di luaran sana. Ciri khas utamanya adalah lebar celana Panjang ini sama mulai dari bagian paha hingga ke bagian kaki, tidak menyempit maupun melebar. Model celana ini cocok digunakan buat kamu yang tidak menonjolkan bentuk tubuh.

Kalau kamu adalah tipe yang tidak berani untuk bereksperimen dengan model celana panjang pria yang lain, maka disarankan untuk membeli celana regular fit ini, karena hampir semua bentuk tubuh dan kaki cocok menggunakan celana ini.

Khusus untuk kamu yang sedikit berisi di bagian pinggul, tetapi bagian kaki tidak terlalu besar, kamu lebih baik menggunakan celana slim fit saja agar tidak membuat kaki kamu menjadi terlihat lebih besar.

2. Celana Panjang Skinny Fit

Celana yang satu ini biasa juga disebut sebagai celana pensil. Model celana yang satu ini memiliki ukuran yang ketat pada bagian kaki kamu, sehingga hanya cocok digunakan kalau kaki kamu kurus.

Jenis celana ini agak kurang cocok digunakan bila tubuh atas kamu kurang berisi. Kamu tentunya tidak ingin terlihat sangat kurus bukan? Secara umum bentuk celana panjang pria yang satu ini digunakan oleh pria yang badannya biasa saja tapi mempunyai kaki yang sedikit kurus.

Kelemahan model celana panjang model skinny ini adalah kurangnya sirkulasi udara, terutama untuk di daerah selangkangan, yang mana hal ini dapat menurunkan kesehatan kulit dan area reproduksi kamu. Sebaiknya kamu tidak menggunakan celana model ini setiap harinya.

3. Celana Panjang Boot Cut

Model celana yang satu ini dikenal juga sebagai celana cutbray. Tipe celana panjang ini cukup unik, karena celana ini biasanya didesain sedikit ketat pada bagian paha, namun melebar pada bagian bawah kakinya sehingga menciptakan kesan ‘kelonggaran’. Model celana cutbray pria ini dulunya populer digunakan oleh artis – artis zaman dulu seperti Arnold Schwarzenegger.

Celana panjang model cutbray ini kini tidak terlalu banyak terlihat digunakan, kecuali kamu memang ingin pergi ke acara yang punya tema classy atau retro. Oh ya, celana panjang model cutbray ini cocok digunakan oleh pria berbadan normal maupun gemuk.

4. Celana Panjang Slim Fit

Ada yang tahu bedanya celana panjang model slim fit dan celana skinny? Kalau celana panjang skinny biasanya menempel ketat di kaki kamu, maka celana model slim fit masih memberikan sedikit ruang di antara kaki dan celana.

Bentuk celana ini juga mengikuti bentuk kaki secara umum, yaitu sedikit lebih besar pada bagian paha dan menyempit sedikit di bagian bawah. Hal ini mampu memberikan impresi bentuk kaki yang ideal atau normal, sehingga jenis celana panjang model ini cocok digunakan apapun bentuk tubuh kamu

5. Celana Panjang Joger

Ciri khas celana panjang Joger ada bagian bawah kakinya yang memakai karet, sehingga mampu menciptakan kesan skinny. Walaupun begitu, model celana yang satu ini tidak ketat di bagian pinggul dan pahanya, sehingga terasa tetap nyaman dipakai sehari – hari oleh para penggunanya.

Oh ya, tips penting saat mempergunakan celana model Joger ini adalah kamu harus memperhatikan sepatu yang kamu kenakan agar bisa matching dengan celana Joger yang kamu pakai. Karena model celana Joger membuat perhatian orang akan lebih tertuju pada bagian sepatu kamu, jadi gunakan sepatu yang keren dan matching agar penampilan kamu jadi makin maksimal dan keren.

Jenis Celana Panjang Pria Berdasarkan Bahan Atau Tampilan

Selain bentuk kaki celana, satu lagi kategori umum untuk model celana panjang pria adalah berdasarkan bahan dan tampilannya. Biasanya yang kamu ketahui dan sering dipakai paling hanya sebatas celana panjang jeans, celana panjang chino, dan celana panjang jenis formal. Padahal sebenarnya masih ada jenis celana panjang yang lainnya. Yuk kita cek satu – satu di bawah ini.

1. Celana Formal

Bagi kamu yang kantornya mempunyai dress code business atau formal, maka celana panjang yang digunakan hampir pasti adalah jenis celana ini. Biasanya kita di Indonesia menyebutnya sebagai celana panjang bahan. Padahal ada berbagai nama untuk bahan – bahannya, yaitu wol, sutera, atau satin.

Sedikit informasi tambahan, celana panjang formal ini biasanya dibagi dua, yaitu pleated dan plain. Celana panjang formal pleated memiliki ‘lipatan’ pada kain yang berfungsi untuk menambah lebar celana saat duduk atau strecthing. Hal ini berguna untuk kamu yang memiliki paha besar. Tampilan lipatan pada celana formal juga berfungsi menambah gaya, jadi tidak harus hanya dipakai oleh kamu yang yang pahanya besar saja.

Sementara celana panjang formal plain tidak mempunyai ‘lipatan’, jadi fungsinya memang untuk kamu yang ingin bergaya ‘clean’ rapi dan memiliki kaki yang normal ukurannya.

2. Celana Panjang Jeans

Celana yang satu ini sudah terlalu dikenal oleh banyak orang. Celana panjang pria ini memiliki bahan yang kita kenal juga dengan nama denim. Belakangan, celana panjang jeans mempunyai dua jenis model yang populer di kalangan milenial, yaitu ripped jeans atau celana jeans sobek, dan normal jeans. Untuk celana jeans sobek biasanya hanya digunakan untuk gaya kasual dan pergi ke acara – acara kasual dan kurang tepat untuk dipakai mendatangi acara formal.

Sementara celana panjang jeans normal bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam gaya, mulai dari untuk gaya semi formal hingga kasual.

3. Celana Panjang Chino

Tahukah kamu kalau nama ‘chino’ diambil dari tempat pembuatannya pertama kali, yaitu di Cina atau Tiongkok? Chino sendiri rupanya merupakan bahasa Spanyol untuk Cina. Celana panjang chino ini memiliki bahan yang disebut twill. Kemudian karakteristik utama dari celana chino adalah bahan yang terasa lebih sintetis dan ringan, apalagi kalau dibandingkan dengan jeans.

Celana panjang chino pria berwarna gelap dan coklat bisa kamu gunakan untuk pergi ke kantor dalam dress code formal atau business. Kamu bisa menggunakan blazer agar kesan formalnya bertambah.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan celana panjang chino dalam aktivitas yang lebih kasual, penggunaan kaos dan outerwear, apalagi jaket denim, akan mampu membuat gaya kamu jadi tambah keren maksimal.

4. Celana Panjang Kargo

Celana panjang kargo (cargo) merupakan celana berdesain agak longgar dengan bahan kuat yang memiliki banyak kantong. Biasanya kantong – kantong ini terletak di bagian paha, pinggul, dan kadang belakang celana.

Celana ini dulunya biasa digunakan oleh para anggota militer, namun sekarang sudah merambah juga digunakan oleh khalayak umum. Kamu bisa menggunakan celana panjang kargo untuk menambah kesan outdoor adventurous atau active. Gaya berpakaian yang cocok dengan celana panjang yang satu ini tentunya adalah gaya kasual.

5. Celana Panjang Corduroy

Kalau celana yang satu ini mungkin jarang kamu lihat dipakai oleh banyak orang di Indonesia, jadi buat kamu yang ingin tampil berbeda, kamu bisa mencoba memakai celana jenis ini.

Celana panjang corduroy dibuat dari bahan kain corduroy, yaitu kain yang dibuat dari kapas tebal yang halus yang lalu dibuat menjadi serat yang dipuntir. Kalau kamu pegang celananya, pasti akan terasa serat – serat halusnya yang mirip dengan bahan wol.

Celana panjang corduroy cocok digunakan untuk penampilan smart casual atau semi-formal. Kamu bisa menggunakan kaos polo berkerah serta sepatu kulit, atau menggunakan atasan sweater. Kemeja berbahan denim juga cocok digunakan bersama celana panjang corduroy ini.

6. Celana Panjang Drawstring

Sesuai namanya, celana panjang drawstring memiliki karet elastis di bagian pinggang yang lalu diikat dengan tali di depannya. Celana ini bisa dilonggarkan dan diatur dengan mudah sesuai dengan kencangnya tali pengikat tersebut.

Celana panjang model drawstring ini biasanya digunakan untuk tidur sebagai celana piyama, olahraga, ataupun sekedar untuk jalan – jalan santai, dan tidak disarankan untuk kamu pakai ke acara resmi apapun.

Nah, itulah beberapa jenis celana panjang pria beserta panduan penggunaannya untuk bisa membuat tampilan kamu jadi makin keren sepanjang hari. Buat kamu yang ingin mencari celana panjang pria yang berkualitas, celana panjang chino pria, celana panjang pria modis, celana panjang pria gaul, celana panjang pria keren, dan lain – lainnya, kamu bisa mendapatkan semuanya di SONDERLAB, dan tinggal cek link berikut. Tentunya kamu bisa mempergunakan Atome sebagai metode pembayaran yang diterima di SONDERLAB. Download Atome di sini!

Main keywords of the article: