Blog

Buy Now Pay Later, Tren Pembayaran Masa Kini

Jul 30 2021

Pasti kamu sudah pernah mendengar istilah Buy Now, Pay Later ‘kan? Apakah kamu juga pengguna dari fitur yang sedang tren belakangan ini? Apa sih yang membuat kamu menikmati untuk menggunakannya?

Penyedia jasa Buy Now Pay Later saat ini memang sedang banyak-banyaknya terjadi. Layanan ini dinilai cukup menguntungkan untuk digunakan, sehingga tidak sedikit yang kemudian lantas menggunakan layanan ini. Mulai dari kalangan muda hingga yang tua pun banyak yang menggunakannya.

Apa Sih Layanan Buy Now Pay Later Itu?

Buy Now Pay Later adalah suatu metode pembayaran yang mana kamu dapat melakukan pembayarannya setelah beberapa lama kamu membeli barang. Sesuai dengan namanya,  kamu dapat membeli barang terlebih dahulu tanpa harus mengeluarkan uang saat itu juga, tetapi kamu dapat membayarnya di lain waktu.

Dari tahun ke tahun, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai terbiasa dengan aktivitas berbelanja menggunakan metode pembayaran seperti ini. Dengan hanya bermodalkan ponsel pintar, barang yang diinginkan bisa dimiliki secara langsung tanpa melakukan pembayaran secara tunai terlebih dulu.

Mengapa Layanan Buy Now Pay Later menjadi Tren?

Berdasarkan data yang ada, penggunaan layanan aplikasi Buy Now Pay Later atau sistem beli sekarang bayar nanti melonjak sebesar 162 persen dari 2018-2019. Di AS, sistem Buy Now Pay Later telah menyumbang US $ 24 miliar dalam pembelian tahun lalu. Ketika pandemi dimulai, pengguna kartu kredit tradisional menurun, sementara pengguna Buy Now Pay Later  terus meningkat seiring pertumbuhan e-commerce.

Dilansir dari kanal Entrepreneur, layanan Buy Now Pay Later diharapkan akan menjadi bentuk  transaksi digital dengan pertumbuhan tercepat dalam tahun-tahun mendatang di seluruh dunia pada tahun 2025.  Di negara berkembang sendiri seperti Indonesia, layanan Buy Now Pay Later mendapatkan antusias yang cukup besar. Buy Now Pay Later dinilai mampu mempermudah pedagang maupun pembeli tanpa kerumitan pengaturan perbankan tradisional, dan dapat menghasilkan efisiensi operasional juga bagi keduanya.

Hal ini pun didukung oleh banyaknya marketplace dan juga gerai-gerai toko yang menerima metode pembayaran Buy Now Pay Later. Perlu diingat, bahwa saat ini cara belanja masyarakat sudah banyak beralih, dari yang biasanya berbelanja secara langsung ke toko, menjadi belanja online. Perubahan cara belanja ini pun menjadi salah satu alasan mengapa  layanan beli sekarang bayar nanti marak digunakan, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Masa pandemi membuat orang takut untuk keluar rumah, termasuk enggan untuk melakukan transaksi secara langsung dengan yang lainnya. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan metode pembayaran Buy Now Pay Later.

Selain alasan di atas, beberapa poin yang perlu kamu tahu mengapa metode pembayaran Buy Now Pay Later banyak digunakan adalah sebagai berikut:

Siapapun Bisa Menggunakannya

Dalam proses pembuatannya, beberapa layanan keuangan biasanya memiliki pemberlakuan syarat khusus yang begitu banyak. Misalnya minimal gaji, jaminan barang ataupun jaminan sertifikat tertentu. Namun berbeda dengan layanan Buy Now Pay Later. Layanan Buy Now Pay Later biasanya hanya membutuhkan KTP sebagai syarat mendaftarkan diri.

Dengan kemudahan syarat itu, tentu saja kamu tidak perlu bingung mencari barang yang harus dijaminkan jika ingin menggunakan pembayaran ini. Fitur inilah salah satu alasan terbesar mengapa Buy Now Pay Later menjadi tren.

Dapat Berbelanja Di Banyak Tempat

Saat menggunakan metode pembayaran Buy Now Pay Later, kamu dapat melakukan pembayaran di banyak tempat yang bekerja sama dengan aplikasi metode pambayaran Buy Now Pay Later yang kamu pilih. Baik itu kamu berbelanja di secara online maupun belanja secara langsung di toko.

Aplikasi Buy Now Pay Later Terbaik Untuk Kamu

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa terdapat begitu banyak aplikasi yang menyediakan metode pembayaran Buy Now Pay Later, akan tetapi kamu wajib tahu aplikasi mana yang terbaik sehingga patut kamu gunakan. Aplikasi tersebut adalah Atome. Atome dapat kamu jadikan pilihan terbaik, sebab aplikasi ini menawarkan banyak kemudahan dan juga keuntungan.

Saat ini, Atome merupakan brand penyedia layanan beli sekarang, bayar nanti yang sangat terkemuka di Asia. Penyedia layanan ini diluncurkan pada Desember 2019 di Singapura dan kemudian masuk ke Indonesia pada pertengahan 2020. Di Singapura, Atome bermitra dengan lebih dari 1.500 retailer online dan offline terkemuka di bidang fashion, kecantikan, gaya hidup, kebugaran, dan peralatan rumah tangga. Di Indonesia sendiri Atome telah bekerja sama dengan ratusan merchant yang tersebar di berbagai penjuru negeri kita.

Atome patut untuk dijadikan pilihan terbaik sebagai metode pembayaran karena Atome adalah aplikasi pembayaran yang memberi kemudahan untuk berbelanja dengan cicilan tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Atome menyediakan dua pilihan pembayaran, yaitu 3 bulan cicilan dan 6 bulan cicilan. Kamu bisa menggunakan Atome untuk belanja di banyak merchant online maupun offline yang sudah bekerjasama dengan Atome.

Keuntungan lain jika kamu menggunakan aplikasi Buy Now Pay Later terbaik ini adalah kamu bisa melacak dan mengelola pengeluaran bulananmu dengan mudah melalui aplikasinya. Kamu tidak akan pernah terlambat membayar tagihan dengan Atome. Kamu bisa merasakan belanja online dan offline dengan cicilan mudah tanpa kartu kredit. Dengan cicilan dari Atome, kamu bisa menikmati tidak adanya biaya admin, tanpa DP, dan tanpa cicilan bunga. Cukup menarik bukan?

Buy Now Pay Later adalah metode pembayaran yang ditawarkan untuk memungkinkan konsumen membeli produk dengan segera mungkin tetapi dapat menunda pembayarannya. Dalam banyak kasus, konsumen juga dapat melunasi produk dengan mencicil selama beberapa pekan atau dalam jangka waktu yang telah disepakati. Pilihan durasi pembayaran ini pun sesuai dengan yang dipilih oleh konsumen.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengikuti tren Buy Now Pay Later? Yuk segera download aplikasi Atome dan rasakan manfaatnya untukmu!