Blog

Cara Baru Membayar Cicilan Yang Patut Kamu Coba

Jul 30 2021

Berbicara masalah cicilan biasanya akan identik dengan penggunaan kartu kredit. Tapi, siapa bilang? Di zaman yang terus berkembang ini ternyata muncul cara baru untuk membayar cicilan yang cukup mudah dan mengesankan. Penasaran apa itu? Yuk, simak penjelasannya.

Cara Baru Membayar Cicilan

Apakah kamu pernah mendengar layanan buy now pay later? Yaps, itu adalah cara baru membayar cicilan yang patut kamu coba. Mengapa demikian? Karena layanan buy now pay later ini memberikan lebih banyak kelebihan yang dapat kamu nikmati dibandingkan kekurangannya.

Cara kerja dari layanan cicilan tanpa kartu kredit ini adalah dengan kamu mengunduh aplikasinya secara gratis. Lakukan registrasi sesuai dengan petunjuk, dan kamu pun dapat langsung menggunakannya di toko yang bekerja sama dengan aplikasi tersebut. Cukup mudah bukan?

Nah, untuk sistem pembayaran yang digunakan, yaitu barang yang kamu beli dibayar terlebih dulu oleh layanan cicilan tanpa kartu kredit yang kamu pilih. Sementara setelah terbayarkan, pada bulan berikutnya kamu harus membayarkannya kepada jasa penyedia tersebut. Sesuai dengan tagline-nya, yaitu buy now pay later.

Setelah mengetahui cara baru ini, kamu juga perlu tahu nih apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan layanan cara baru membayar cicilan ini.

Keuntungan Dari Penggunaan Buy Now Pay Later

Prosesnya Cepat Dan Praktis

Berbeda dengan membuat kartu kredit di bank, proses pendaftaran buy now pay later jauh lebih mudah dan cepat. Sebagaimana diketahui, bahwa proses pengajuan kartu kredit memerlukan banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti dokumen, jaminan, dan lain sebagainya yang lebih detail dibandingkan dengan syarat pengajuan buy now pay later.

Ditambah lagi, proses pengajuan kartu kredit hingga persetujuannya pun bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu. Dibandingkan dengan kartu kredit, layanan cara baru bayar cicilan ini bisa menjadi sebuah alternatif menarik untuk bertransaksi sekaligus memperoleh dana pinjaman yang lebih cepat, serta hanya dengan memanfaatkan kecanggihan zaman, layanan ini bisa kamu dapatkan cukup berbekal ponsel. Kepraktisan inilah yang menjadi kelebihan utama dari layanan ini.

Pengguna Tidak Perlu Top-Up

Kelebihan cara baru membayar cicilan ini adalah kamu tidak lagi memerlukan top-up seperti dompet digital pada umumnya. Karena layanan buy now pay later tidak menyimpan saldo pada akun penggunanya. Akan tetapi kamu hanya perlu mengajukan pada aplikasi tersebut saat melakukan pembayaran.

Data Pribadimu Aman Terlindungi

Kamu tidak perlu takut data pribadimu tersebar ke mana-mana jika menggunakan aplikasi cicilan online, karena aplikasi cicilan online tidak akan menyebarkan data pribadimu. Yang perlu kamu ingat adalah pilihlah layanan cicilan online yang legal atau sudah terdaftar di OJK. Karena jika kamu memilih pinjaman online yang ilegal dan tidak jelas asal usulnya, hal ini dapat membahayakan data pribadi kamu.

Pilihan Cicilanmu Bervariasi

Pilihan cicilan yang tersedia pada aplikasi cicilan online cukup bervariasi. Dengan demikian, kamu pun bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansialmu. Pada umumnya fasilitas cicilan online menyediakan pembayaran cicilan mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun. Sehingga kamu bisa terlebih dahulu melakukan kalkulasi jumlah cicilan sesuai harga barang dan kemampuan bayar.

Banyak Promo Menarik Yang Bisa Kamu Dapatkan

Untuk menarik banyak orang menggunakan fasilitas penyedia kredit tanpa kartu kredit ini, biasanya perusahaan penyedia tidak segan – segan untuk memberikan promo berupa potongan harga spesial yang sangat menarik bagi penggunanya. Siapa yang tidak tergiur untuk menggunakan aplikasi cicilan online jika banyak promo atau potongan-potongan harga yang menarik tersebut.

Kekurangan Dari Penggunaan Buy Now Pay Later

Terjadi Pemborosan Jika Tidak Dikontrol dengan Baik

Tidak ada yang sempurna di muka bumi ini, termasuk saat kamu menggunakan fitur cicilan tanpa kartu kredit. Jika kamu menggunakan cicilan tanpa kartu kredit dengan tidak bijak, maka penggunaannya pun tidak terkontrol dengan baik.

Salah satu risiko yang paling umum adalah ketidakmampuan kamu dalam membayar tagihan buy now pay later. Mengingat sebagian milenial masa kini tampak sulit mengatur keuangan sendiri dan lebih terkesan konsumtif dalam berbelanja.

Menambah Utang

Hal yang paling berbahaya adalah ketika utang menjadi menumpuk. Ini sesuatu yang negatif bagi keuangan kamu jika kamu tidak dapat mengendalikannya. Agar terhindar dari utang yang menumpuk, alangkah lebih baik sesuaikan jangka waktu dalam membayar. Perhatikan dengan cermat sebelum kamu mengambil keputusan ya.

Berikut adalah cara baru, kelebihan serta kekurangan yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan cara baru Buy Now Pay Later dalam melakukan cicilan pembayaran tanpa kartu kredit. Cukup menarik ‘kan? Kamu juga harus menggunakannya secara tepat agar semua pembayaran cicilanmu dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Menggunakan cicilan tanpa kartu kredit memang dirasa lebih banyak mendapatkan keuntungannya dibandingkan dengan kerugiannya. Kerugian ini sendiri pun akan hadir jika kamu sendiri tidak dapat menggunakannya dengan bijak.

Atome sebagai salah satu metode pembayaran model baru ini menyediakan dua pilihan pembayaran, yaitu 3 bulan cicilan dan 6 bulan cicilan. Dengan menggunakan aplikasi Atome, kamu bisa merasakan belanja online dan offline dengan cicilan mudah tanpa kartu kredit. Dengan cicilan dari Atome, kamu bisa menikmati tanpa biaya admin, tanpa DP, dan tanpa cicilan bunga. Jadi, kamu bisa memilih aplikasi Atome untuk transaksi belanjamu karena memiliki banyak keuntungan.

Keuntungan akan lebih banyak kamu dapatkan jika kamu memilih Atome sebagai aplikasi cicilan tanpa kartu kredit untuk kamu gunakan. Atome mampu memeberikan penawaran terbaik dengan berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan. Banyak merchant yang telah bekerja sama dengan Atome, seperti Zalora, JD.ID, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi pilihlah Atome sebagai cara baru membayar cicilanmu ya!