Blog

Cara Jitu Memilih Ponsel Untuk Kaum Pelajar

Jul 14 2021

Situasi pandemik yang tak kunjung pulih membuat semua kegiatan belajar mengajar dilakukan hanya di dalam rumah. Agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar, tentunya kamu harus memilih ponsel untuk pelajar atau mahasiswa seperti apa sih yang pas dan tepat.

Yaps, ketika kamu melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, tentunya kamu harus menggunakan perangkat yang sangat mumpuni. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar kamu selama di rumah bisa terlaksana dengan baik.

Saking banyaknya jenis ponsel yang ada, pastinya kamu suka bingung dalam memilih ponsel mana sih yang kira-kira cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, biar kamu tak bingung dalam memilih ponsel yang tepat untuk pelajar atau mahasiswa, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

Tips Jitu Memilih Ponsel Terbaik Untuk Pelajar Atau Mahasiswa

1. Pilih ponsel dengan versi Android atau Windows terbaru

Dalam menggunakan sebuah ponsel, kamu harus memastikan jika kamu sudah menggunakan versi Android atau Windows terbaru. Dengan begitu kamu akan bisa leluasa melakukan seluruh kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Jika ponsel kamu sudah menggunakan versi terbaru, kamu bisa men-download seluruh aplikasi yang dibutuhkan. Jadi kamu tak perlu khawatir jika beberapa fitur tidak bisa digunakan dengan baik.

2. Pilih ukuran layar yang tepat

Dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring, kamu pasti akan menghabiskan waktu seharian di depan layar ponsel. Untuk itu kamu harus memilih ukuran layar yang nyaman dan enak untuk bisa menyimak seluruh pelajaran yang akan disampaikan oleh guru atau dosen kamu.

Selain itu, dengan layar yang nyaman kamu juga akan terhindar dari kelelahan mata saat mengikuti kegiatan belajar mengajar seharian. Dan tentunya kamu juga akan merasa nyaman saat melakukan kegiatan kuis, ujian, atau diskusi bersama teman-teman.

3. Pilih ponsel dengan daya tahan baterai lama

Saat menggunakan ponsel, hal utama yang harus diperhatikan adalah memastikan daya tahan baterai bisa lama. Ponsel yang terus digunakan dalam seharian biasanya akan menghabiskan banyak baterai.

Nah, agar kamu bisa menggunakannya dengan nyaman, maka daya tahan baterai harus diperhatikan dengan sangat baik. Jika kamu menggunakan ponsel yang tidak memiliki daya tahan baterai yang bagus, maka kamu akan mengalami hambatan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

4. Cek performa ponsel sebelum membeli

Kinerja dalam menggunakan ponsel harus disesuaikan juga dengan performa yang disuguhkan. Kamu harus memperhatikan performanya agar ponsel kamu tak lambat jika digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Pastikan jika ponsel tersebut menggunakan Octa Core karena prosesor ini akan menyuguhkan kecepatan yang baik bila digunakan untuk melakukan aktivitas kelas. Namun, jika kamu masih menggunakan prosesor Quad Core, maka ponsel yang kamu gunakan tidak akan secepat Octa Core dalam digunakan saat ada kuis dan kegiatan sehari-hari.

5. Pilih kapasitas memori yang digunakan

Saat menggunakan ponsel, kamu sebaiknya memperhatikan memori yang digunakan. Memori yang memiliki kapasitas yang besar, dijamin akan membuat kamu mampu menyimpan banyak dokumen dan data yang akan kamu gunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Faktor memori sangatlah penting untuk membantu kamu meningkatkan performa kamu dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tersebut. Biasanya kamu perlu membutuhkan RAM yang besar dan tentunya memori yang besar pula. Dengan begitu kamu bisa menyimpan berbagai macam tipe dokumen yang ada tersebut.

Semakin besar media penyimpanan yang digunakan, maka akan semakin banyak data yang akan kamu simpan. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar kamu bisa berjalan dengan sangat lancar.

6. Kamera yang digunakan

Tahukah kamu jika fasilitas kamera sangat penting untuk menunjang kualitas belajar mengajar? Dengan menggunakan kamera yang bagus, dijamin kamu akan lebih jelas mendokumentasikan dokumen atau tugas yang akan kamu kumpulkan.

Semakin berkembangnya teknologi, maka kamu akan dengan mudah melakukan segudang aktivitas yang kamu lakukan. Dengan menggunakan kamera yang mumpuni, maka bisa dipastikan jika kamu akan mudah dalam melakukan aktivitas di kelas, seperti halnya dengan melakukan rekaman video.

7. Menggunakan jaringan yang tepat

Yaps, bukan rahasia lagi jika dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, kamu harus menggunakan jaringan yang mumpuni. Jaringan yang baik akan membantu kamu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan baik.

Saat ini sudah banyak ponsel yang menyediakan data seluler dengan jaringan 4G LTE. Bahkan ada pula ponsel yang sudah menyediakan layanan 5G.

Selain itu, ponsel saat ini juga sudah menggunakan jaringan wifi, sehingga ketika melakukan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan aman.

8. Memiliki fitur tambahan

Nah, memilih ponsel terbaik untuk kamu juga bisa memanfaatkan fitur tambahan yang ditawarkan. Biasanya beberapa fitur tambahan yang disediakan pada ponsel saat ini adalah GPS, NFC, dan berbagai tawaran fitur lainnya. Yang mana sangat bermanfaat bagi kebutuhan semuanya.

9. Manfaatkan layanan cicilan

Di tengah masa pandemik seperti sekarang ini, untuk membeli ponsel secara cash atau tunai rasanya sangatlah sulit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan layanan cicilan yang terpercaya lho. Dengan menggunakan  layanan cicilan tersebut, kamu bisa menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Dengan begitu kamu bisa menggunakan ponsel tersebut dengan baik saat melakukan kegiatan belajar. Melakukan cicilan, dinilai akan memudahkan kamu dalam membeli sebuah ponsel. Tabungan kamu tak akan terkuras habis jika melakukan cicilan untuk membayar ponsel.

Nah, untuk memudahkan para pelajar dalam melakukan cicilan, Atome menyediakan layanan cicilan yang murah dan mudah lho. Jadi buat kamu para pelajar bisa melakukan cicilan sebanyak 3 atau 6 bulan. Dengan begitu kamu bisa segera mendapatkan ponsel yang kamu inginkan. Yuk buruan, tunggu apalagi. Segera lakukan pembayaran dan transaksi untuk mendapatkan ponsel terbaikmu.